Beli Rumah Cash atau KPR? Cek Kelebihan dan Kekurangannya!

Beli Rumah Cash atau KPR? Cek Kelebihan dan Kekurangannya Dulu!

Dalam membeli rumah, ada dua pilihan pembayaran yaitu cash atau KPR. Kedua jenis pembayaran ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Pada artikel berikut akan diuraikan kelebihan dan kekurangannya sebagai bahan pertimbangan untuk beli rumah cash atau KPR.

Lebih Baik Beli Rumah Cash atau KPR?

Berikut ini beberapa pertimbangan yang bisa Anda gunakan saat menentukan untuk beli rumah dengan sistem KPR atau cash:

Beli Cash

Cash merupakan sistem pembelian di mana Anda membayar secara lunas dalam pembelian rumah tersebut. Adapun kelebihan dan kekurangan dari sistem pembayaran ini yaitu:

a. Kelebihan Cash

Adapun kelebihan dari membeli rumah dengan metode cash yaitu:

  1. Harga lebih murah: Anda tidak akan dikenakan bunga seperti saat membayar dengan cicilan.
  2. Terbebas dari hutang: Anda hanya membayar rumah tanpa ada cicilan atau utang dari pembelian tersebut. 
  3. Memiliki aset berharga: Rumah merupakan salah satu aset berharga yang akan terus naik dari tahun ke tahun. Selain itu, Anda juga bisa menyewakan rumah tersebut untuk mendapatkan penghasilan tambahan.
  4. Lebih aman: Metode cash membuat Anda akan secara langsung menjadi pemilik dari rumah tersebut secara utuh. Anda tidak perlu takut juga jika rumah disita karena tidak sanggup membayar cicilannya. 
  5. Proses lebih mudah: Anda tidak perlu lagi harus membayar kredit yang memerlukan pihak ketiga seperti KPR dalam proses pembeliannya.
  6. Bebas dari aturan: Anda tidak perlu terikat dengan aturan tertentu seperti pembelian dengan cicilan. 
  7. Kelengkapan rumah seperti sertifikat rumah dan tanah bisa langsung Anda miliki.

b. Kekurangan Cash

Sedangkan kekurangan dari pembelian dengan metode cash yaitu:

  1. Butuh banyak dana: Rumah yang Anda beli dengan metode cash mengharuskan Anda untuk membayar tanpa ada cicilan. Sehingga, Anda harus membayar sesuai dengan harga sebenarnya secara langsung. 
  2. Risiko masalah saat pembelian: Saat ini, banyak sekali penawaran rumah menarik dengan iming-iming harga murah namun merupakan penipuan. Untuk itulah, Anda perlu berhati-hati saat memilih metode pembayaran ini.

Baca Selengkapnya: Panduan Lengkap Cara Beli Rumah Cash dari Developer

Beli KPR

KPR atau singkatan dari Kredit Pemilik Rumah merupakan metode pembayaran dengan sistem pembayaran secara berkala atau cicilan. Ada beberapa kelebihan dan kekurangan dari sistem pembayaran ini yaitu:

a. Kelebihan KPR

Berikut adalah beberapa kelebihan dari sistem beli rumah dengan metode KPR daripada metode tunai atau cash:

  1. Masih bisa menabung: Sistem pembayaran dengan metode cicilan membuat Anda bisa sedikit menabung untuk kebutuhan lainya di masa depan. 
  2. Ada asuransi: Beberapa metode pembayaran dengan sistem KPR  biasanya dilengkapi dengan asuransi jiwa dan kebakaran yang bisa membebaskan Anda dari resiko tidak terduga ketika melakukan pencicilan rumah.

b. Kekurangan KPR

Adapun beberapa kekurangan dari sistem pembayaran ini antara lain:

  1. Suku bunga fluktuatif: Bunga dari KPR biasanya dapat bertambah setiap tahunnya mengikuti suku bunga yang berlaku. Kondisi ini tentunya akan menimbulkan kerugian bagi pembeli karena akan menambah biaya pembayaran rumah yang mereka lakukan.
  2. Total harga rumah lebih mahal: Semakin Anda mengambil tenor jangka lama dalam proses pembayaran ini, semakin besar harga yang harus Anda bayarkan. 
  3. Surat berharga ditahan bank: Surat berharga Anda akan digunakan sebagai jaminan dalam proses pembelian rumah. Ini tentunya akan sangat merugikan Anda terutama jika ingin melakukan pinjaman dengan surat yang sama. 
  4. Ada penalti, terutama jika Anda tidak melakukan pembayaran. Bahkan ketika ingin melakukan pembayaran lebih cepat, Anda bisa mendapatkan penalti.

Baca selengkapnya: Begini Cara Hitung KPR yang Mudah dan Sederhana

Menurut Anda, Lebih Baik Beli Rumah Cash atau KPR?

Itulah beberapa informasi yang bisa Anda jadikan pertimbangan untuk beli rumah secara cash atau KPR. Harapannya, Anda bisa menentukan dengan mudah untuk membeli rumah dengan metode apa. Jangan lupa untuk sesuaikan juga dengan budget yang Anda miliki dalam proses pembelian. Semoga bermanfaat!

Baca selengkapnya: Tips Membeli Rumah Pertama!

You May Also Like