Ingin Kredit Rumah; DP Besar atau Cicilan Besar?

Ingin Kredit Rumah; DP Besar atau Cicilan Besar?

Saat ingin kredit rumah, biasanya kamu dihadapkan dengan dua pilihan. Apakah kredit rumah dengan DP yang besar atau cicilannya saja yang besar? Mana yang lebih baik dipilih? Sebelum memilih, ada baiknya mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan dua pilihan tersebut yah!

Kelebihan dan Kekurangan DP Besar

Kelebihan DP Besar

  • KPR lebih mudah disetujui
    Semakin banyak DP yang sediakan, persetujuan KPR akan lebih mudah. Biasanya DP yang dibutuhkan untuk membeli hunian baru adalah 30 persen dari total harga rumah, akan tetapi jika kamu memberikan DP lebih dari itu, pengajuan pinjaman untuk cicilan akan lebih kecil sehingga lebih mudah disetujui.
  • Nilai cicilan bulanan relatif lebih kecil
    Dengan penyediaan DP yang besar, nilai cicilan bulanan akan relatif kecil sehingga beban bunga pun berkurang. Cicilan yang kecil ini membuat kamu bisa bernapas lebih lega dan mengalokasikan dana untuk kebutuhan lainnya seperti mendekorasi atau mengisi kebutuhan rumah.
  • Cicilan lunas dalam tempo lebih singkat
    Menyediakan DP yang besar, membuat tempo cicilan akan lebih singkat alias sebentar. Terkadang kamu tidak nyaman terjerat utang dalam tempo yang lama, maka menyediakan DP yang besar adalah opsi yang bisa diambil.

Baca Juga : 4 Jenis Pembiayaan Rumah Subsidi Oleh Pemerintah

Kekurangan DP Besar

  • Menyediakan DP yang besar kadang membutuhkan waktu yang lama agar uang tersebut terkumpul. Kadang kesempatan memiliki harga yang lebih murah pun hilang karena keinginan untuk menyediakan DP yang lebih besar.
Kredit Rumah

Kelebihan dan Kekurangan Cicilan Besar

Kelebihan Cicilan Besar

  • Lebih cepat memiliki rumah sendiri
    Dengan DP yang cenderung sedikit, kamu akan memiliki rumah dengan lebih cepat meskipun cicilannya juga besar. 
  • Mudah jika dana terbatas
    Kalau kamu memiliki dana yang terbatas, tetapi ingin memiliki rumah segera, kamu bisa memilih hunian yang menawarkan DP 0% loh. Akan tetapi kredit rumah akan lebih besar dibandingkan rumah dengan DP yah.

Kekurangan Cicilan Besar

  • Persetujuan KPR lebih lama
    Pengajuan KPR dengan cicilan yang besar biasanya memakan waktu lebih lama. Hal ini dikarenakan bank akan melakukan pemeriksaan lebih detail dan menyeluruh dalam jangka waktu yang lebih lama.
  • Nilai cicilan per bulan besar
    Karena nilai cicilan yang besar, biasanya pengeluaran bulanan kamu akan terbebani dengan nilai kredit rumah ini. Pastikan kamu sudah memperhitungkan secara matang yah!
  • Pelunasan cicilan lebih lama
    Jangka waktu pelunasan dengan cicilan yang besar biasanya juga lebih lama lantaran sejak awal kamu memilih hunian dengan DP yang kecil atau DP 0%.

You May Also Like