5 Keuntungan Tinggal di Perumahan Bagi Kaum Milenial

5 Keuntungan Tinggal di Perumahan Bagi Kaum Milenial

Dari berbagai pilihan tipe pemukiman, perumahan cluster, masih jadi favorit pilihan banyak masyarakat Indonesia. Pasalnya, ternyata ada banyak keuntungan tinggal di perumahan tersebut yang tidak bisa Anda dapat di pemukiman jenis lain, seperti apartemen. 

5 Keuntungan Tinggal di Perumahan 

Perumahan merupakan sebuah kompleks pemukiman, dimana setiap rumah memiliki tipe dan luas yang sama. Umumnya, perumahan tertata sangat rapi karena dikelola oleh sebuah perusahaan atau lembaga. 

Secara khusus, perumahan cluster biasanya punya unit lebih banyak dibandingkan regency, residence atau pun town house, dengan berbagai keuntungan berikut

1. Keamanan Terjamin

Keuntungan pertama berkaitan dengan faktor keamanan. Biasanya, pihak pengelola perumahan cluster akan menyediakan layanan security atau satpam yang bekerja selama 24 jam untuk menjaga kompleks perumahan. Oleh sebab itu, penghuninya tidak perlu melakukan piket ronda seperti halnya di perkampungan. 

Tak hanya itu, di era modern seperti ini, perumahan juga telah memiliki sistem keamanan cctv di berbagai titik. Pengunjung dan tamu pun juga harus melaporkan kunjungan pada satpam untuk faktor keamanan penghuni lainnya.

2. Privasi Terjaga

Terjaganya privasi pribadi menjadi salah satu keuntungan tinggal di perumahan jenis ini. Pasalnya, walaupun unit rumahnya cenderung banyak, tetapi model rumah kebanyakan tertutup sehingga mendukung privasi antar individu dan rumah tangga. 

Meskipun privasi Anda terjaga, bukan berarti perumahan menjadi tempat yang sangat anti-sosial. Di area perumahan cluster biasanya masih ada berbagai kegiatan masyarakat yang mirip dengan kegiatan masyarakat di jenis perumahan yang lebih tradisional. 

3. Terdapat Fasilitas Publik

Perumahan umumnya menyediakan berbagai fasilitas publik yang bisa Anda gunakan secara gratis. Perumahan cluster biasanya memiliki fasilitas publik sederhana seperti taman bermain hingga fasilitas publik mewah seperti sarana gymnastic, tergantung dengan tipe perumahan dan pengelola perumahan.

Fasilitas publik tersebut bisa Anda nikmati secara gratis maupun berbayar, bergantung kepada kebijakan kompleks perumahan masing-masing.

4. Suasana Lebih Tenang dan Asri

Banyak orang yang memilih perumahan cluster karena mendambakan suasana keseharian yang lebih tenang. Walaupun berada di daerah ramai, tetapi lokasi perumahan cluster biasanya cukup jauh dari jalan raya utama sehingga cenderung lebih tenang ketimbang jenis perumahan konvensional. 

Ketenangan ini menjadi keuntungan tinggal di perumahan cluster yang cukup menonjol. Meskipun demikian, sosialisasi antar tetangga juga tidak terhalang. Pasalnya, kebanyakan unit di perumahan cluster tidak dibatasi pagar dan memiliki halaman.

Di samping itu, melansir dari laman berita 99 co, biasanya pengelola juga menyiapkan taman bersama tempat bersosialisasi dan bersantai yang membuat lingkungan perumahan lebih asri dan hidup.

5. Estetika Desain Rumah yang Baik

Jika Anda tertarik untuk tinggal di perumahan, umumnya perusahaan sudah menyediakan perumahan dengan tipe tertentu yang memiliki desain yang seragam dan cukup bagus. 

Namun, ketika Anda sudah membeli rumah tersebut, Anda dapat dengan bebas memodifikasi dan merenovasi rumah sesuai dengan selera Anda dengan tetap mengikuti aturan dari pengelola. Anda tidak perlu berpikir terlalu banyak tentang desain rumah dari awal pembangunan. 

Apakah Keuntungan Tinggal di Perumahan Mendukung Kebutuhan Investasi?

Meskipun ada banyak pilihan perumahan bagus lainnya, tetapi penjelasan tentang keuntungan tinggal di perumahan tipe cluster di atas menunjukkan keunggulan tersendiri. 

Selain unit yang banyak, lokasi yang umumnya strategis dengan kondisi lingkungan yang dapat mengakomodasi berbagai kebutuhan, perumahan cluster juga bisa menjadi alat investasi produktif bagi masa depan Anda. 

Tidak hanya dari sisi keamanan, tetapi eksklusivitas lingkungan dan privasi yang terjaga juga menjadi daya tarik tersendiri.

Baca selengkapnya: 5 Fasilitas Wajib di Perumahan

You May Also Like