Rumah Gaya Industrial: Arti, Karakteristik, dan Inspirasinya

Rumah Gaya Industrial: Arti, Karakteristik, dan Inspirasinya

Saat ini, rumah gaya industrial tengah populer di kalangan masyarakat berkat desain bangunannya yang minimalis ditambah dengan gayanya yang terinspirasi dari abad 19.

Tertarik untuk mendesain rumah Homers dengan gaya industrialis? Yuk, cari tahu karakteristik, kelebihan, kekurangan, serta inspirasi desain rumah gaya ini di artikel berikut!

Mengenal Apa Itu Rumah Gaya Industrial?

Rumah gaya industrial adalah jenis rumah dengan desain interior yang mengeksplorasi daya tarik estetika dari gaya perkotaan yang kasar. Gaya estetika perkotaan kasar ini ditandai dengan adanya penggunaan beton terbuka dinding bata yang kasar, serta pipa-pipa air yang dibiarkan terlihat.

Selain itu, ruangan-ruangan dari rumah yang bergaya industrialis biasanya hadir dengan nuansa industri yang begitu kuat. Hal itu karena jenis rumah ini biasanya menyuguhkan perabotan-perabotan rumah yang terbuat dari logam, kayu kasar, bahkan logam tahan karat untuk menciptakan kesan tegas dan tangguh.

Bukan hanya itu, daya tarik dari rumah jenis ini adalah kemampuannya untuk menggabungkan unsur lama yang usang dengan unsur baru. Adanya penggabungan ini pun menghasilan kontras yang menarik antara gaya masa lampau dengan gaya masa sekarang.

Karakteristik dan Ciri Rumah Gaya Industrial

Kira-kira, apa karakteristik maupun ciri dari rumah dengan gaya industrialis? Umumnya, rumah gaya industrialis ini menawarkan desain bangunan dari abad 19 sampai 20 yang identik dengan desain interior pabrik industri. Maksud dari desain interior pabrik industri ini adalah bangunan yang belum diplitur dan terbuka.

Di samping itu, rumah yang bergaya industrialis sangat erat kaitannya dengan konsep desain minimalis. Kenapa? Ini karena perpaduan warna desainnya yang senada dan monoton, memberikan kesan unik dan simpel. Dalam kata lain, jika Homers menyukai hal-hal minimalis, maka rumah gaya industrialis cocok untuk Homers.

Kelebihan dan Kekurangan Rumah Gaya Industrial

Meski populer, rumah dengan gaya industrial pun memiliki kelebihan dan kekurangannya. Apa saja ya? Simak poin-poinnya di bawah!

Kelebihan

Adapun kelebihannya antara lain sebagai berikut: 

1. Tampilan Unik

Kelebihan pertama dari rumah jenis ini adalah tampilannya yang kuat dan khas dari eksposur material seperti beton, kayu, maupun pipa-pipa terbuka. Desain seperti ini dapat memberikan nuansa gaya abad 19 yang kental sekaligus unik.

2. Fleksibilitas

Gaya industrialis tergolong fleksibel, di mana Homers dapat menggunakan gaya ini di berbagai ruangan pada rumah Homers, seperti ruang tamu, kamar tidur, maupun dapur. Hal ini tentu memberikan Homers fleksibilitas untuk mendesain rumah sesuai dengan kebutuhan maupun preferensi Homers.

3, Ketahanan

Seperti yang sudah Homers ketahui sebelumnya, material utama dari rumah gaya industrial umumnya adalah beton dan logam. Kedua material ini pun merupakan material yang terkenal kuat dan tahan lama.

4. Penekanan Terhadap Ruang Terbuka

Secara umum, rumah yang bergaya industrialis sering kali menekankan penggunaan ruang terbuka dengan sedikit pemisah ruangan. Jadi, jangan kaget jika rumah Homers nantinya agak sedikit terbuka dari rumah yang lainnya. 

Kekurangan

Setelah kelebihan, inilah kekurangan yang harus Homers tahu tentang jenis rumah ini. 

1. Mahal

Harga yang mahal menjadi kekurangan pertama dari rumah gaya industrial. Kenapa? Itu karena material yang umumnya digunakan untuk jenis rumah ini adalah baja tahan karat, beton, ditambah dengan perabotan-perabotan kustom. Semua material ini hadir dengan harga yang tidak murah.

2. Bising

Adanya eksposur dari material seperti beton dan logam membuat rumah bergaya industrialis dapat menciptakan rumah dengan suasana yang bising.

3. Tidak Cocok untuk Semua Orang

Setiap orang memiliki selera yang berbeda-beda. Oleh karena itu, rumah gaya industrialis mungkin tidak cocok untuk semua orang karena tampilannya yang terlalu kasar dan modern.

Inspirasi Desain Rumah Gaya Industrial

Ada banyak sekali inspirasi desain rumah bergaya industrialis yang bisa Homers jadikan referensi. Berikut adalah beberapa contohnya.

1. Desain Rumah Industrialis Menggunakan Kayu

Selain menggunakan material logam, beton, maupun semen, Homers juga bisa menggunakan material kayu sebagai aksen yang akan mempercantik rumah. Homers bisa menambahkan elemen-elemen kayu di bagian tangga atau menambahkan furnitur berbahan kayu di rumah.

2. Desain Rumah yang Memadukan Warna 

Lantaran rumah bergaya industrialis identik dengan konsep dan nuansa yang minimalis, maka Homers bisa memadukan warna yang cocok dengan konsep minimalis ini. Untuk warnanya, Homers bisa mengkombinasikan warna abu-abu, hitam, dan warna earth tone.

3. Desain Rumah Industrialis OpenWall

Ini merupakan desain rumah dengan konsep dan kesan unfinished. Untuk desain rumah ini, Homers bisa melakukannya dengan menggunakan jendela terbuka di bagian ruang tamu maupun ruang makan untuk meningkatkan kesan industrialis dari rumah.

Tertarik dengan Rumah Gaya Industrialis?

Rumah bergaya industrialis merupakan konsep rumah yang akhir-akhir ini tengah populer di masyarakat. Banyak orang tertarik untuk mendesain rumahnya dengan gaya industrialis untuk menaikkan estetika rumahnya. Jadi, bagaimana? Apakah Homers salah satu orang yang tertarik dengan rumah gaya industrial ini?

Simak artikel seputar inpirasi desain rumah, arsitektur, konstruksi, hingga informasi menarik lainnya hanya di blog Gethome!

Baca Selengkapnya: Mengenal Rumah Skandinavian: Konsep Hunian Berkonsep Natural

You May Also Like