Kesalahan Investasi Properti ini Musti Kamu Waspadai Efeknya

Kesalahan Investasi Properti ini Musti Kamu Waspadai Efeknya

Walaupun cukup menjanjikan, namun ada saja dampak kesalahan investasi properti yang menghantui para investor. Hal tersebut bahkan bisa berdampak cukup besar untuk portofolio investasi maupun menimbulkan kerugian besar. Oleh karena itu, penting untuk mempelajari artikel ini agar dapat menghindari dampaknya!

Daftar Kesalahan Investasi Properti

Investasi properti memang bisa menjadi langkah yang menguntungkan, jika Anda lakukan dengan bijak dan tepat sasaran. Tetapi ada beberapa kesalahan umum yang bisa menimbulkan dampak kesalahan investasi yang perlu Anda waspadai, seperti:

1. Kurangnya Riset dan Pemahaman Produk Investasi

Kesalahan yang paling sering terjadi adalah kelalaian atas kurangnya pengetahuan dan riset mendalam, terutama sebelum melakukan investasi pada sebuah properti. Padahal, sangat penting untuk memahami pasar properti, lokasi, tren harga, dan permintaan sewa sebelum memutuskan untuk berinvestasi. 

Status properti seperti aspek legalitas juga bisa berdampak pada investasi, karena efeknya langsung pada kelangsungan proyek properti tersebut. Inilah pentingnya melakukan riset yang komprehensif dan berkonsultasi dengan ahli properti untuk bisa menghindari kesalahan.

2. Mengabaikan Kemampuan Keuangan Pribadi

Salah satu kesalahan yang umum terjadi adalah mengabaikan situasi keuangan pribadi saat memulai berinvestasi. Banyak investor pemula yang tergiur harga murah dan investasi yang menggiurkan, tanpa memandang kemampuan keuangan pribadinya.

Padahal penting untuk memastikan bahwa Anda memiliki dana yang cukup untuk membayar uang muka, biaya tambahan, dan membayar cicilan hipotek atau perawatan properti. Mengabaikan hal tersebut sejatinya dapat menyebabkan kesulitan keuangan dan meningkatkan risiko kehilangan investasi atau kerugian lain.

3. Tidak Melakukan Perencanaan Jangka Panjang yang Matang

Investasi properti harus Anda jalankan dengan perencanaan jangka panjang yang benar-benar matang. Beberapa kesalahan investasi properti yang sering terjadi adalah investor tidak memiliki strategi investasi yang jelas dan berharap mendapatkan keuntungan dengan cara gambling.

Hal tersebut juga dapat menimbulkan dampak kesalahan investasi yang merugikan di masa mendatang. Semestinya Anda memiliki perencanaan jangka panjang yang mencakup pembiayaan, strategi penyewaan, dan rencana penjualan masa depan.

4. Pemilihan Lokasi yang Buruk

Secara teori maupun praktik, lokasi properti akan menjadi faktor penting dalam menentukan nilai dan permintaan properti. Memilih lokasi yang buruk atau sunset properti akan berdampak pada portofolio investasi Anda. Khususnya faktor seperti daerah dengan pertumbuhan ekonomi yang rendah atau masalah keamanan.

Anda juga harus mempelajari apakah terdapat dampak negatif pada nilai properti, hingga apakah ada potensi sewa masa depan. Memilih lokasi yang memiliki potensi pertumbuhan ekonomi, aksesibilitas yang baik, fasilitas umum, dan daya tarik tersendiri akan menentukan kesuksesan investasi masa depan.

6. Tidak Memahami Risiko yang Mungkin Terjadi

Setiap investasi properti pastinya memiliki risiko yang perlu Anda pertimbangkan. Sayangnya, banyak investor yang tidak memperhitungkan risiko seperti fluktuasi harga properti, perubahan regulasi, kerugian penyewa, atau kekosongan. Walaupun mungkin Anda tahu hal ini penting untuk investasi yang akan Anda jalankan.

7. Mengabaikan Biaya maupun Prosedur Perawatan Properti

Kesalahan investasi properti berikutnya adalah kecenderungan mengabaikan biaya perawatan properti. Padahal perawatan memiliki nilai yang lebih tinggi dan lebih menarik bagi penyewa atau pembeli potensial. Walaupun begitu, biaya ini sering dinvestor abaikan karena akan ada pengeluaran tambahan.

8. Terburu-Buru dan Tidak Sadar Momentum

Poin penting dalam kegiatan investasi adalah momentum kapan harus membeli maupun menjual. Begitu pula pada kasus investasi properti yang harus Anda pelajari momen yang tepat sasaran. Terkadang banyak investor yang terburu-buru karena tren pasar dan tidak berhati-hati.

Anda Siap Menghindari Kesalahan Investasi Properti?

Setelah mempelajari beberapa kesalahan di atas, kini Anda bisa menghindarinya agar tidak terdampak di masa depan. Pastinya dengan mempersiapkan dan melakukan riset mendalam akan mendukung kegiatan investasi yang Anda jalankan.

Baca selengkapnya: Cara memulai investasi properti tanpa modal

You May Also Like