Feng Shui Rumah Hadap Timur dan Kelebihannya

Feng Shui Rumah Hadap Timur dan Kelebihannya

Terdapat salah satu kepercayaan bernama feng shui yang menganggap bahwa posisi rumah yang bagus adalah menghadap arah selatan atau utara. Namun, bukan berarti rumah hadap timur memiliki kesan negatif. Baik secara ilmiah maupun feng shui, posisi rumah ke arah timur juga memiliki beberapa kelebihan tersendiri. 

Meski kelihatannya sepele, faktanya posisi rumah yang menghadap arah tertentu menjadi pertimbangan sebagian orang sebelum memutuskan untuk membeli atau membangun hunian. Karena arah mata angin di mana rumah menghadap nantinya, bisa mempengaruhi sinar matahari yang Anda dapatkan dan lain sebagainya. 

Posisi Rumah Hadap Timur Menurut Feng Shui

Ilmu feng shui merupakan filosofi kuno dari masyarakat Tionghoa yang mengatur tentang tata letak benda. Termasuk salah satunya mengenai posisi rumah yang menghadap arah mata angin tertentu. Menurut feng shui, rumah yang menghadap utara bisa membawa keberuntungan bagi penghuninya. 

Sementara itu, rumah yang menghadap timur otomatis akan mendapatkan paparan sinar matahari pagi yang menyehatkan. Jika ada yang mengatakan bahwa rumah menghadap timur mendatangkan kesialan bagi penghuni rumah, maka itu hanya mitos saja.

Sebab, penjelasan ilmiah terkait arah rumah ini tidaklah selalu buruk. Justru, terdapat beberapa kelebihan yang bisa Anda simak pada pembahasan selanjutnya. 

Kelebihan Rumah Menghadap Timur

Rumah adalah tempat untuk berlindung dan beristirahat setelah lelah beraktivitas di luar. Anda pastinya tidak mau mendengar rumor jelek terkait rumah yang memiliki kesan buruk karena menghadap timur. Simak kelebihan yang menjadi poin plus bagi rumah hadap timur

1. Mendapatkan Sinar Matahari Pagi

Kelebihan pertama yang bisa Anda rasakan adalah mampu menyaksikan matahari terbit searah dengan posisi rumah. Anda bisa langsung menyambut pagi dengan sinar mentari yang menyinari rumah. Selain itu, matahari pagi berdampak baik bagi kesehatan tubuh karena mengandung vitamin D. 

2. Cat Rumah Awet

Cat tembok rumah menjadi lebih rentan rusak bila sering terkena paparan sinar matahari yang menyengat. Jadi, dengan posisi rumah Anda sekarang ini, cat akan lebih awet karena jarang terpapar sinar matahari langsung pada siang hari. 

3. Tanaman Tumbuh Subur

Kelebihan lainnya adalah tanaman yang Anda taruh di bagian teras depan rumah bisa tumbuh subur dengan cantik karena mendapatkan sinar matahari yang cukup di pagi hari. 

Hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Rumah Hadap Timur

Seperti pada pembahasan sebelumnya, feng shui menganggap arah rumah yang bagus adalah menghadap utara dan selatan. Namun, jika sekarang ini rumah Anda menghadap timur, bukan berarti bermakna buruk. Ada beberapa hal yang mesti Anda perhatikan ketika memiliki rumah yang menghadap ke arah terbitnya matahari. 

  • Memastikan Rumah Selalu Terang. Karena rumah hanya akan mendapat paparan sinar matahari ketika pagi dan mulai kehilangan cahayanya ketika condong ke arah barat. Oleh sebab itu, Anda bisa menambah penerangan dalam rumah. 
  • Menaruh Atribut Berwarna Merah. Feng shui rumah menghadap timur menyarankan untuk menaruh beberapa benda berwarna merah. Misalnya seperti menaruh pot berwarna merah pada bagian depan atau menggunakan bunga palsu yang juga berwarna merah. 

Tertarik Membangun Rumah Hadap Timur?

Pada dasarnya, setiap orang memiliki keyakinan dan preferensi masing-masing ketika memutuskan arah rumah. Selain itu, setiap arah mata angin memiliki kelebihan dan kekurangan. Jika Anda tertarik membangun rumah hadap timur, maka akan mendapatkan beberapa kelebihan seperti yang sudah disebutkan sebelumnya. 

Hanya saja, kekurangan dari rumah yang menghadap arah timur adalah Anda tidak bisa melihat pemandangan matahari terbenam. Namun, terlepas dari feng shui, Anda bisa memutuskan untuk membangun rumah dengan arah mata angin sesuai pilihan hati.

Baca Selengkapnya: Rumah Shabby Chic: Gaya Elegan Bernuansa Vintage yang Unik

You May Also Like