3 Contoh Lokasi Usaha yang Strategis dan Cara Memilihnya

3 Contoh Lokasi Usaha yang Strategis dan Cara Memilihnya

Memilih lokasi usaha memang menjadi hal paling penting yang harus diperhatikan oleh setiap pelaku bisnis. Sebab, hal tersebut akan berkaitan dengan keberlangsungan operasional bisnis. Oleh karena itulah, tak heran jika banyak pebisnis pemula yang kerap mencari contoh lokasi usaha yang strategis.

Dari informasi tersebut, pebisnis bisa mengetahui sekiranya tempat seperti apa yang akan cocok menjadi tempat usaha mereka. Lantas, bagaimana cara memilih lokasi usaha yang tepat? Yuk, simak penjelasan selengkapnya seputar pemilihan lokasi usaha dalam artikel di bawah ini!

3 Contoh Lokasi Usaha yang Strategis untuk Operasional Bisnis

Pada dasarnya, pemilihan lokasi usaha harus memperhatikan kebutuhan dan target pasar bisnis itu sendiri. Baru dengan begitu, Anda sebagai pemilik bisnis bisa menentukan lokasi usaha yang tepat. Nah, berikut ini adalah beberapa contoh lokasi bisnis yang strategis dan bisa menjadi referensi untuk Anda:

1. Booth di Mal

Meski harga sewa kios di mal relatif mahal, nyatanya mal memang menjadi lokasi bisnis yang strategis untuk berbagai jenis bisnis. Khususnya untuk usaha kuliner dengan peluang mendapat keuntungan yang besar.

Banyaknya pengunjung mal yang datang setiap harinya membuat peluang penjualan sebuah bisnis menjadi lebih tinggi. Selain itu, dari segi keamanan juga sudah terjamin dengan baik.

2. Dekat Kampus atau Sekolah

Contoh lokasi usaha yang strategis selanjutnya adalah area sekitaran kampus atau sekolah. Banyaknya mahasiswa dan murid yang ada di area tersebut, tentu bisa menjadi peluang bisnis yang menguntungkan. Khususnya bisnis kuliner, seperti warung makan, cafe, franchise kopi, dan lain sebagainya.

3. Dekat Kawasan Perkantoran

Selain kampus dan sekolah, kawasan perkantoran juga bisa menjadi lokasi yang pas bagi Anda untuk membangun bisnis. Contohnya saja seperti Sudirman Central Business District atau SCBD di Jakarta yang dipenuhi dengan berbagai bidang bisnis.

Jika tertarik membuka bisnis di kawasan perkantoran, maka Anda hanya perlu memilih tempat yang sesuai dengan target bisnis. Jadi, akan lebih mudah bagi Anda untuk mengoperasikan bisnis tersebut.

4 Cara Memilih Lokasi Usaha yang Tepat dengan Mudah

Setelah menyimak beberapa contoh lokasi usaha yang strategis di atas, pasti Anda penasaran, bagaimana cara memilih lokasi usaha yang tepat, kan? Nah, berikut ini adalah beberapa caranya yang bisa Anda ikuti:

1. Memilih Lokasi Sesuai dengan Budget

Budget menjadi hal penting yang harus Anda perhatikan, sebelum membuka tempat usaha. Dengan kata lain, Anda harus memilih lokasi usaha yang sesuai dengan budget tersebut.

Jadi, Anda bisa memilih untuk membeli toko, membangun sendiri di lahan baru, menyewa tahunan, atau bahkan kontrak selama beberapa bulan terlebih dahulu. Kemudian, Anda juga harus memperhitungkan anggaran lain yang berkaitan dengan operasional bisnis, seperti biaya listrik, perawatan, dan lainnya.

2. Menyesuaikan Demografi Target Pasar

Selain lokasinya yang strategis, demografi target pasar di area tersebut juga perlu Anda ketahui dengan baik. Apalagi setiap usaha sudah pasti mempunyai target yang berbeda. Oleh karena itulah, Anda perlu melakukan riset terlebih dahulu untuk mencari tahu letak demografinya.

3. Lokasi Usaha yang Dekat dengan Supplier

Bagi Anda yang masih menggantungkan bahan baku usaha dari supplier, maka pastikan jika lokasi usaha yang dipilih dekat dengan tempat supplier tersebut. Jadi, nantinya akan lebih mudah bagi Anda dalam menjalani bisnis tersebut.

Khususnya ketika stok bahan baku sedang habis dan supplier harus segera mengirimkan barang. 

4. Kemudahan Akses

Cara memilih lokasi usaha yang strategis selanjutnya adalah memiliki akses yang mudah. Baik itu untuk kendaraan pribadi maupun transportasi umum. Hal ini menjadi penting, karena umumnya konsumen akan sangat selektif dalam hal kenyamanan.

Artinya, kebanyakan orang akan lebih memilih toko yang mudah diakses dibandingkan yang tidak.

Sudah Paham Cara Memilih Lokasi Usaha yang Tepat?

Itu dia informasi singkat tentang contoh lokasi usaha yang strategis dan cara memilihnya, bagi Anda para pelaku bisnis pemula. Semoga informasi seputar bisnis ini bermanfaat untuk Anda, ya.

Baca selengkapnya: Cara Memulai Bisnis Properti Tanpa Modal

You May Also Like