Tanah Sengketa Adalah: Arti, Contoh dan Penyelesaiannya

Apa itu Tanah Sengketa? Pengertian, Contoh Kasus & Penyelesaiannya

Tanah sengketa adalah topik yang memunculkan banyak sekali pertanyaan dan juga perdebatan di masyarakat. Dalam artikel ini, Anda akan menjelajahi makna dan implikasi dari sengketa lahan. Mulai dari berbagai aspek yang sangat berkaitan dengan masalah ini dan pemahaman yang jelas tentang topik tersebut.

Pengertian Sengketa Tanah

Tanah sengketa adalah pertikaian terkait kepemilikan lahan yang melibatkan badan hukum, lembaga, atau individu, dan secara sosio-politis tidak memiliki dampak yang meluas. Selain itu, penjelasan ini diatur dalam Undang-Undang Sengketa Tanah Peraturan Kepala Badan Pertanahan Nasional Indonesia Nomor 3 Tahun 2011. 

Dalam undang-undang tersebut, tertera bahwa sengketa lahan merupakan situasi di mana kepemilikan atas sebidang tanah dipertentangkan oleh dua pihak. Umumnya, kedua belah pihak ini saling berebut untuk mengklaim hak milik atas lahan tersebut. 

Selain lahan, objek sengketa tidak selalu terkait dengan lahan saja. Lebih dari itu, objek dalam konteks ini mencakup benda fisik seperti sumber daya alam. Contohnya seperti pohon-pohon atau objek lain yang menjadi sebuah sumber perselisihan antara kedua belah pihak. 

Contoh Kasus Sengketa Tanah dan Penyelesaiannya

Berikut beberapa contoh kasus sengketa lahan serta penyelesaiannya:

1. Kasus Sengketa Matoa Tahun 2021 

Pada tahun 2021, terjadi sengketa lahan di daerah Matoa. Awalnya, kasus ini terjadi karena masa perjanjian kerja sama yang sudah habis. Hingga akhirnya PT Saranagraha Adisentosa mengajukan gugatan pelanggaran ke pengadilan.

Sebenarnya, sesuai dengan amandemen, kerja sama yang berlangsung dari tahun 1996 hingga 2021 tersebut akan mendapatkan perpanjangan selama 5 tahun sejak perjanjian berakhir. 

Alasan dari PT Saranagraha Adisentosa melakukan gugatan dan berhenti menggunakan lahan Matoa adalah karena masa perjanjian sudah habis dan tidak ada perizinan resmi dari Menteri Keuangan. Lahan Maton juga akan dipakai untuk keperluan pertahanan dari negara.

Langkah lanjutan dari kasus ini adalah penertiban aset BMN (Barang Milik Negara) oleh TNI AU.

2. Kasus Sengketa Salve Veritate Tahun 2021

Contoh kasus tanah sengketa adalah hal yang sangat rumit. Contohnya, pada tahun yang 2021, terjadi sengketa dengan modus mal-administrasi antara PT Salve Veritate dan orang lain yang mengaku pemilik lahan. Individu tersebut mengklaim bahwa tanah yang PT Salve Veritate adalah tanah miliknya.

Akhirnya, kasus ini dibawa ke pengadilan untuk proses penyelesaian. Pengadilan melakukan pemeriksaan terhadap bukti-bukti kepemilikan yang sebelumnya merupakan milik PT Salve Veritate. 

Setelah proses pengecekan mendalam, tim pemeriksa tidak menemukan hal-hal yang membuat mereka yakin bahwa proses penerbitan sertifikat berjenis HGB dari PT Salve Veritate tidak sesuai dengan prosedur yang ada. 

Langkah Penyelesaian Sengketa Tanah

Berikut adalah beberapa cara untuk menyelesaikan kasus sengketa lahan:

1. Cek Asal Usul atas Kepemilikan Lahan

Penting untuk melakukan pengecekan terhadap asal usul kepemilikan lahan yang menjadi sengketa. Ini dapat dilakukan dengan memeriksa dokumen-dokumen yang terkait. Misalnya seperti akta tanah, surat-surat kepemilikan sebelumnya, dan bukti-bukti lainnya yang menguatkan klaim kepemilikan.

2. Cek Keabsahan Sertifikat 

Tanah sengketa adalah permasalahan keabsahan hak waris. Oleh karena itu, penting untuk memeriksa keabsahan sertifikat lahan yang terkait dengan sengketa. Lakukan verifikasi nomor sertifikat, tanggal penerbitan, serta apakah sertifikat tersebut terbit dari instansi yang berwenang. 

3. Pastikan Kredibilitas Penjual 

Jika terdapat penjual yang terlibat dalam sengketa, periksa kredibilitasnya. Selain itu, lakukan penelusuran terkait rekam jejak penjual, reputasi, dan riwayat transaksi sebelumnya. Jika memungkinkan, cobalah untuk mencari referensi atau testimoni dari pihak lain yang pernah berurusan dengan penjual tersebut.

Sudah Paham tentang Apa itu Tanah Sengketa?

Tanah sengketa adalah masalah yang cukup rumit. Dalam menyelesaikan hal ini, penting bagi semua pihak terlibat untuk mencari solusi yang adil dan berkelanjutan. Selain itu, kehati-hatian dalam menangani sengketa dapat mencegah konflik lebih lanjut dan menjunjung perdamaian serta keadilan di antara masyarakat.

Cari tahu artikel lebih lanjut mengenai legalitas tanah lainnya di blog Gethome yuk Homers! Semoga bermanfaat.

Baca selengkapnya: Jangan Panik! Ini Tips Beli Tanah Agar Tidak Tertipu!

You May Also Like