3 Tips Letak Kamar Mandi dalam Kamar Tidur Ala Feng Shui

3 Tips Letak Kamar Mandi dalam Kamar Tidur Ala Feng Shui

Saat ini, kebanyakan desain rumah menyertakan posisi kamar mandi dalam kamar tidur penghunginya karena alasan kenyamanan. Berhati-hatilah saat mau menentukan letak kamar mandi dalam kamar tidur di rumah Anda! Mengapa? Menurut ilmu Feng Shui, posisi kamar mandi yang salah bisa membawa kesialan dalam hidup Anda. 

Nah, untuk mencegah hal buruk seperti ini terjadi, coba Anda pertimbangkan tips Feng Shui berikut ini saat mengatur posisi kamar mandi! 

Apa Pengaruh Feng Shui dalam Menentukan Letak Kamar Mandi? 

Sebagian orang mungkin belum mengetahui apa itu ilmu Feng Shui. Pada dasarnya, ilmu ini termasuk salah satu cabang ilmu filsafat dari warisan sejarah suku Tionghoa yang mencakup penataan benda, bangunan, dan ruangan untuk mencapai suatu keselarasan. 

Ilmu ini dapat Anda terapkan untuk menentukan letak kamar mandi dalam kamar tidur, lo. Posisi kamar mandi yang tepat dan seimbang ternyata dapat mempengaruhi aliran energi positif dan energi negatif yang masuk ke dalam rumah. 

Semakin banyak energi positif yang masuk, maka akan mendatangkan keberuntungan dan kemakmuran bagi para penghuni rumah. Sebaliknya, energi negatif yang terlalu banyak masuk ke dalam rumah justru akan mengundang kesialan dan musibah bagi para penghuninya.    

Bagaimana Tips Ideal Mengatur Posisi Kamar Mandi dalam Kamar Tidur menurut Feng Shui?

Jangan repot-repot merenovasi seluruh desain kamar tidur Anda jika ingin menambahkan toilet di dalamnya! Coba Anda atur posisi toilet menggunakan ilmu Feng Shui berikut ini selama proses pembangunan berlangsung. 

1. Letak Pintu Kamar Mandi Menghadap Tembok

Jangan sekali-kali mengatur letak pintu kamar mandi dengan posisi menghadap langsung ke arah kasur! Ternyata, posisi tersebut bisa membawa energi negatif pada orang yang sedang tidur. 

Di dalam ilmu Feng Shui, pintu kamar mandi memegang peranan yang sangat penting untuk menghalau energi positif dan energi negatif yang saling bertabrakan. Atas dasar itu, letak pintu toilet disarankan untuk menghadap ke arah tembok. 

2. Letak Toilet Tidak Berhadapan dengan Tempat Tidur

Dimanakah letak kamar mandi dalam kamar tidur menurut fengshui

Coba atur letak toilet Anda agar tidak berhadapan langsung dengan tempat tidur. Mengapa? Posisi seperti ini bisa mengganggu kualitas tidur Anda karena adanya bau tidak sedap dan suara tetesan air dari arah kamar mandi. 

Gangguan-gangguan kecil semacam ini tentu bisa merusak mood dan waktu istirahat Anda. Akibatnya, kualitas tidur Anda jadi tidak lelap yang ujung-ujungnya dapat mempengaruhi kesehatan. 

3. Dinding Toilet Berjauhan dari Tempat Tidur

Perhatikan juga tata letak dinding toilet di kamar tidur Anda. Apakah posisinya sudah sesuai dengan Feng Shui? Kalau belum, maka Anda bisa mempertimbangkan posisi ini saat mengatur letak toilet. 

Pindahkan posisi kasur agar berjauhan dan tidak menempel dengan dinding pembatas toilet. Biasanya, kasur yang berdekat dengan dinding toilet lebih rentan memantulkan suara gemericik air yang bisa membuat waktu tidur Anda terganggu. 

Mengapa Harus Mengatur Letak Kamar Mandi dalam Kamar Tidur sesuai Fengshui? 

Tidak ada salahnya mempertimbangkan letak kamar mandi dalam kamar tidur menggunakan ilmu Feng Shui. Justru, Anda bisa mendapatkan banyak manfaat saat menerapkannya pada tata letak toilet di kamar tidur Anda. 

Maka dari itu, jangan sepelekan seni tata letak Feng Shui saat mengatur posisi ruang demi ruang di dalam rumah. Melalui penataan ruang dan bangunan yang seimbang, maka akan mendatangkan banyak rezeki dan energi baik ke diri Anda.

Baca Selengkapnya: 5 Posisi Dapur dan Kamar Mandi yang Baik Menurut Feng Shui

You May Also Like