4 Tips Mencicil Isi Rumah agar Rapi dan Sesuai Budget

4 Tips Mencicil Isi Rumah agar Rapi dan Sesuai Budget

Mengetahui tips mencicil isi rumah menjadi salah satu hal yang wajib dan mendasar untuk Anda lakukan dalam rangka penempatan hunian. Pasalnya, untuk mendambakan rumah yang nyaman dan hangat harus disertai pula dengan penataan ruang serta pengisian perabotan yang memadai.

Kerap terasa menyenangkan, ternyata mencicil isi rumah juga dapat menjadikan orang terlihat bingung dan kewalahan. Hal tersebut lantaran membuat seseorang harus menentukan barang yang sesuai dengan prioritas kebutuhan serta anggaran dana yang sudah ada. 

Tips Mencicil Isi Rumah 

Supaya rencana mencicil isi rumah dapat berjalan lancar dan tepat sasaran, berikut ini adalah empat tips yang bisa Anda terapkan.

1. Pilih Gaya Interior Idaman

Memilih desain dan pengaturan gaya interior rumah memang menjadi sebuah hal yang mengasyikkan dan tidak membosankan. Kendati demikian, Anda harus memiliki pemikiran yang kreatif dan matang untuk pemilihan gaya rumah yang tepat bagi Anda. Dalam tips mencicil isi rumah ini, Anda harus memikirkan semua bagian rumah termasuk desain interior dan eksteriornya. 

Misalnya, apabila Anda ingin mengusung konsep tropis ala Bali, pilih furniture dengan dominasi kayu beserta tambahan tanaman. Sementara itu, jika Anda ingin mengadopsi gaya Scandinavian, carilah barang-barang yang berwarna netral dan terang. 

Tips tersebut juga akan membuat Anda tidak mudah tergiur atau terdistraksi dengan kehadiran tren terbaru maupun barang-barang yang unik di pasaran.    

2. Sesuaikan Budget dan Perabotan

Usai penentuan gaya interior rumah, Anda harus memulai untuk menghitung estimasi budget yang akan keluar. Pada implementasinya, Anda perlu menentukan dana berdasarkan tiap sudut ruangan yang tersedia di dalam rumah. 

Perhitungan dana yaitu mulai dari kamar utama, kamar anak, dapur, ruang tamu, dan lain sebagainya. Dengan adanya penentuan budget secara terpisah, Anda akan memperoleh kualitas barang yang terbaik dan konsisten. 

Lalu, sesaat sebelum membeli perabotan, hendaknya memastikan barang yang Anda pilih supaya nantinya tidak sulit dalam segi perawatan. Kerap kali terlewatkan, tips mencicil isi rumah ini memiliki fungsi penting untuk pemakaian barang dalam jangka panjang.

Caranya mudah, Anda hanya perlu untuk riset mengenai tingkat durabilitas dan perawatan barang. Pastikan untuk membaca spesifikasi pada setiap barang dan jangan malas untuk membandingkannya dengan merek serta produk yang lainnya.    

3. Buat Skala Prioritas serta Opsi Cadangan

Menerapkan skala prioritas atau phasing strategy juga menjadi tips jitu yang tak kalah penting. Mulailah untuk memisahkan barang mana saja yang perlu Anda beli sekarang hingga jenis barang yang tak Anda inginkan. Dalam pengaplikasiannya, skala prioritas akan berbeda-beda dan tergantung dari selera serta kebutuhan setiap orang. 

Demi menghindari hal-hal buruk, pikirkan dan siapkan opsi cadangan terkait furniture. Sebagai informasi, opsi atau pilihan tersebut dapat berupa material, warna, merek, dan ukuran. 

Dengan opsi cadangan, Anda dapat mempunyai dua pilihan dalam satu perabotan sekaligus. Kehadiran tips mencicil isi rumah ini bertujuan supaya tidak merasakan penyesalan saat membeli barang pilihan kedua.  

4. Susun Barang Sesuai Denah Rumah 

Sebagai tips yang terakhir, menyusun barang yang telah terbeli sebelumnya merupakan kegiatan yang cukup melelahkan. Umumnya, terdapat tiga tahapan penting dalam pengisian rumah. 

Mulanya, Anda harus menata perabotan dasar untuk keperluan bertahan hidup di rumah, seperti kamar tidur, toilet, kompor, dan kulkas. Selanjutnya, barulah untuk menyusun barang yang menghadirkan suasana rumah terkesan nyaman, misalnya sofa, televisi, dan tanaman hias. 

Tahapan terakhir yaitu fase penyempurnaan yang bersifat tersier. Pada tahap ini, Anda dapat memenuhi keperluan rumah kembali jika memiliki rezeki lebih.     

Sudah Tahu Tips Mencicil Isi Rumah?

Itulah empat tips mencicil isi rumah yang dapat Anda praktikkan dengan mudah. Tak hanya menjadikan rumah terlihat lebih rapi, indah, dan nyaman, tips tersebut juga berguna untuk terhindar dari potensi over budget. Jadi, selalu pastikan untuk mengikuti tips dengan tepat dan sesuai. 

Selain itu, hindari memaksakan diri memiliki perabotan yang tidak sesuai dengan rencana anggaran maupun kemampuan finansial Anda.

Baca Selengkapnya: Jangan Salah! Ini Tips Cari Rumah Pertama Kali yang Aman

You May Also Like