Ketahui! 5 Ide Lisplang Rumah Minimalis Terbaik

Ketahui! 5 Ide Lisplang Rumah Minimalis Terbaik

Punya rencana membeli lisplang rumah minimalis dalam waktu dekat? Sebelum membeli, coba pikirkan terlebih dulu desain lisplang seperti apa yang ingin Homers pakai. Lalu, pertimbangkan pula desain lisplangnya agar sesuai dengan gaya minimalis yang diusung.

Nah, supaya tidak salah pilih, coba simak informasi berikut ini sebagai referensi dalam membeli lisplang rumah!

Apa Itu Lisplang?

Salah satu material konstruksi yang kerap dipakai untuk mempercantik fasad rumah adalah lisplang. Penggunaan lisplang sangat berkaitan erat dengan material atap, karena fungsinya memang ditujukan untuk menutup pinggiran dan ujung atap yang terbuka.

Selain itu, lisplang juga bisa membantu melindungi Homers dari terik sinar matahari dan guyuran air hujan. Dengan demikian, atap yang tertutup oleh lisplang akan jauh lebih aman dan tidak mudah rusak bila dibandingkan dengan atap yang tidak tertutupi oleh material lisplang.

Namun, terlepas dari fungsi utamanya, lisplang juga bisa dimanfaatkan sebagai material dekoratif. Artinya, Homers bisa menghias bagian atap rumah dengan berbagai model lisplang yang unik, menarik, tetapi tetap sesuai dengan gaya rumah yang minimalis.

Rekomendasi Desain Lisplang Rumah Minimalis

Sebelum menentukan jenis lisplang yang ingin dipakai, Homers perlu memperhatikan beberapa hal dasar seperti material, desain, hingga corak dan warna lisplang. Kemudian, tentukan pilihan Homers melalui berbagai rekomendasi desain lisplang untuk rumah minimalis berikut ini!

1. Lisplang Kayu

Sesuai namanya, lisplang kayu terbuat dari material utama papan kayu berukuran 3 cm × 20 cm. Walaupun terbuat dari kayu, tetapi bobot materialnya tergolong ringan dan kokoh.

Sedangkan untuk coraknya, lisplang kayu memiliki dua opsi corak yang bisa dipilih, yaitu corak polos atau corak motif garis-garis. Lalu warnanya juga cenderung menonjolkan warna-warna natural seperti coklat dan krem.

Atas dasar itu, lisplang kayu sangat cocok bila disandingkan dengan konsep hunian rumah yang minimalis.

2. Lisplang Segitiga

Desain lisplang segitiga sangat umum dipakai oleh pemilik rumah bergaya minimalis. Mengapa? Salah satu alasannya adalah karena desainnya yang simpel, tapi masih terkesan simetris.

Bagi yang tidak ingin pusing, lisplang rumah minimalis ini sangat cocok untuk diaplikasikan sebagai penutup atap. Selain bentuknya yang sederhana, lisplang segitiga juga lebih aman dan nyaman dipakai saat musim hujan karena terbukti bisa menangkal rembesan air.

3. Lisplang Joglo

Walaupun rumah bergaya minimalis identik dengan dekorasinya yang simple dan tidak aneh-aneh, tapi Homers tetap bisa bereksperimen dalam menentukan dekorasinya. Dalam hal ini, Homers bisa memadukan gaya minimalis dengan nuansa tradisional di bagian lisplang.

Tentunya, lisplang joglo menjadi pilihan terbaik untuk Homers yang ingin menambahkan sentuhan tradisional pada eksterior rumah. Apalagi desain lisplangnya juga cenderung menonjolkan unsur-unsur etnik yang estetik, sehingga menyatu dengan konsep desain rumah yang simpel dan minimalis.

4. Lisplang GRC

Di antara berbagai jenis lisplang yang tersedia, lisplang GRC (Glass Reinforce Concrete) paling cocok digunakan untuk seluruh desain rumah, termasuk rumah bergaya minimalis.

Pada dasarnya, lisplang rumah minimalis ini terbuat dari material beton dan campuran serat kaca, sehingga lebih kuat, kokoh, dan tahan lama saat digunakan sebagai fasad.

5. Lisplang Simple Loss

Inspirasi desain lisplang selanjutnya yang cocok untuk tipe rumah minimalis adalah lisplang simple loss. Bentuknya sengaja dibuat sederhana dan tidak memiliki aliran air. Maka dari itu, lisplang ini lebih cocok dipakai di bangunan villa atau tempat-tempat penginapan.

Sayangnya, desain lisplang ini tidak dianjurkan untuk pemakaian jangka panjang karena mudah menyerap rembesan air, apalagi saat hujan turun. Itu sebabnya, pemakaian lisplang simple loss harus disertai dengan menanam pohon dan tanaman untuk menyerap air hujan.

Jadi Ingin Pilih Desain Lisplang Rumah Minimalis yang Mana?

Setiap orang pasti ingin memiliki tampilan rumah yang cantik dan enak dilihat. Itu sebabnya, para pemilik rumah melakukan berbagai upaya untuk mempercantik tampilan eksterior dan interior rumah mereka, termasuk memasang lisplang.

Lantas, desain lisplang manakah yang ingin Homers gunakan? Beberapa rekomendasi ide lisplang rumah minimalis seperti lisplang segitiga, lisplang kayu, hingga lisplang simple loss bisa dijadikan pertimbangan. Jika sudah menemukan pilihan desain lisplang yang pas, segera pasang lisplang tersebut di pinggiran atap rumah.

Baca Selengkapnya: 5 Bahan Atap Rumah yang Murah dan Kuat Bagi Hunian Indonesia

You May Also Like