5 Design Pergola Rumah Fungsional, Minimalis dan Elegan!

5 Design Pergola Rumah Fungsional, Minimalis dan Elegan!

Meski kerap dianggap sepele, pergola dapat membuat rumah Homers menjadi lebih teduh dan nyaman. Fitur luar ruangan ini memang memiliki nilai fungsionalitas untuk menambah keindahan lanskap rumah hingga ruang outdoor yang bisa digunakan untuk kumpul keluarga. Yuk, ketahui inspirasi desain dan fungsinya!

Pengertian Pergola Rumah

Pergola adalah struktur luar ruangan yang terdiri dari rangka kayu atau logam yang mendukung atap terbuka, struktur ini membentuk balok-balok lintang dan kisi-kisi sehingga memberikan karakter unik pada bagian atap.

Lewat desain yang elegan, struktur ini tidak hanya menciptakan ruang teduh yang menyenangkan, tetapi juga memberikan sentuhan estetik yang menarik bagi lingkungan sekitarnya. Konsep inovatif tentu dapat memberikan ruangan tambahan bagi rumah atau taman sehingga cocok untuk spot bersantai. 

Fungsi Pergola

Bangunan tambahan ini memiliki sejumlah fungsi dan keunggulan di dalam taman atau ruang terbuka. Berikut beberapa di antaranya:

1. Perlindungan dari Sinar Matahari

Bagunan ini berperan penting sebagai peneduh utama di wilayah terbuka. Melalui atap terbuka atau struktur rangka kayu yang membentuk pola bayangan, pergola mampu menyediakan perlindungan dari paparan sinar matahari langsung. Sehingga, akan tercipta suasana yang lebih sejuk dan nyaman di bawahnya.

2. Keindahan dan Dekorasi

Pergola merupakan salah satu unsur dekoratif yang dapat mempercantik taman dan meningkatkan keelokannya. Lewat desain dan pola yang menarik, bangunan ini dapat menjadi pusat perhatian visual dan memberikan sentuhan arsitektur yang menarik pada area luar hunian.

3. Area Bersantai

Karena mampu menciptakan area teduh yang nyaman di ruang terbuka. Maka, ini akan menjadi tempat ideal untuk bersantai, membaca, atau menghabiskan waktu bersama orang yang dicintai tanpa kepanasan. Bahkan, area ini bisa menjadi tempat Homers berelaksasi. Misalnya untuk melakukan yoga hingga meditasi.

5 Inspirasi Desain Pergola

Berikut adalah lima inspirasi desain yang dapat memberikan sentuhan estetika dan fungsi yang unik pada ruang terbuka:

1. Pergola Sekaligus Teras

Menciptakan bagunan ini tidak terbatas pada ruang yang sepenuhnya terbuka dan berjarak dari struktur rumah. Sebaliknya, Homers memiliki opsi untuk membuat struktur bangunan yang bersatu dengan dinding rumah. Desain struktur minimalis semacam ini tidak hanya menawarkan keunikan, tetapi juga lebih multifungsi.

2. Kayu dengan Kelambu

Desain ini menciptakan suasana hangat, nyaman, dan menenangkan di halaman rumah. Meski terlihat sederhana, namun desainnya mampu memberikan kesan mewah dan elegan. Terutama saat malam hari, Homers bisa memasang lampu-lampu kecil sebagai penerangan nantinya.

Agar semakin lengkap, tambahkan kursi santai gantung atau kursi ayunan yang terbuat dari rotan yang kokoh. Tambahkan pula kelambu putih yang dapat menjadi dekorasi sekaligus penutup jika Homers ingin mendapat lebih banyak privasi.

3. Gaya Warna Putih

Menggunakan warna putih pada pergola rumah dapat menciptakan kesan yang minimalis. Lalu, biarkan bagian lantai dan dinding menggunakan kayu atau cat warna earth tone agar tampilan tidak terlihat monoton.

Supaya dapat menyempurnakan konsep tersebut, tambahkan furnitur berwarna putih ke dalam area ini. Misalnya dengan menambahkan sofa, meja hingga kursi bar. Sehingga bangunan akan terlihat simpel dan estetik.

4. Atap Kain Tenda

Meninggalkan area atap pergola terbuka memiliki risiko, terutama ketika hujan tiba-tiba datang. Hal ini tentu membuat Homers harus mencari perlindungan di dalam rumah. Salah satu alternatifnya yaitu dengan menambahkan kain tenda yang dapat dibuka atau ditutup sesuai kebutuhan.

5. Tanaman Rambat

Ingin membuat taman terlihat lebih indah dan teduh? Homers bisa membangun bagunan kayu dengan tanaman rambat di atasnya. Beberapa rekomendasi jenis tanaman rambat untuk bagian atasnya adalah morning glory, hedera, dan wisteria.

Sedangkan di bagian bawahnya, Homers bisa tambahkan perabotan kursi kayu dengan bantal atau kursi pantai yang nyaman. Menambahkan ayunan jaring juga bisa menjadi pilihan. 

Mana Desain Pergola Rumah yang Kamu Inginkan?

Memiliki bangunan ini tidak hanya menambah nilai estetika pada rumah, namun juga memberi nilai fungsional. Namun, Homers harus memahami bahwa pergola berbeda dengan gazebo. Sebab, bangunan ini umumnya memiliki bentuk kotak yang simpel. Sedangkan gazebo umumnya lebih rumit dengan bentuk bulat. 

Sekarang, Homers tinggal pilih desain mana yang paling cocok dan sesuai dengan keinginan. Jadi, apakah Homers tertarik untuk membuatnya di rumah?

Untuk menemukan inspirasi menarik lainnya seputar arsitektur, konstruksi, dan kebutuhan akan rumah tangga informatif lainnya, Homers bisa kunjungi blog Gethome. Semoga artikel ini dapat membantumu!

Baca Selengkapnya: 5 Inspirasi Teras Rumah Minimalis yang Estetik dan Modern

You May Also Like