5 Inspirasi Teras Rumah Minimalis yang Estetik dan Modern

5 Inspirasi Teras Rumah Minimalis yang Estetik dan Modern

Memiliki rumah bergaya minimalis, tetapi tetap estetik menjadi dambaan bagi banyak generasi milenial. Jadi, tak heran jika kini banyak bermunculan inspirasi teras rumah minimalis yang bisa menjadi referensi.

Sebab, teras sering kali menjadi bagian rumah yang terlupakan dalam proses desainnya. Padahal, menata bagian teras dapat menunjukkan kesan sebuah rumah. Mari simak cara menata dan inspirasi desain teras rumah di bawah ini!

Cara Menata Teras Rumah Minimalis yang Tepat

Sebelum masuk ke berbagai inspirasi teras rumah minimalis, sangat penting bagi Homers untuk mengetahui panduan menata teras rumah minimalis. Bagian ini perlu diperhatikan, karena kebanyakan orang justru meletakkan banyak barang di bagian teras yang sebenarnya tidak perlu. Berikut tata caranya:

1. Mengosongkan Area Teras

Hal pertama yang harus Homers lakukan sebelum menata bagian teras adalah mengosongkan area tersebut, terutama dari berbagai barang yang tidak diperlukan. Dengan kata lain, Homers perlu memilah manakah barang yang masih terpakai dan tidak.

2. Memperhatikan Model dan Ukuran Furniture

Kebanyakan rumah minimalis memiliki ukuran teras yang relatif kecil. Oleh karena itu, penting bagi Homers untuk memperhatikan model dan ukuran furniture yang akan digunakan.

Pastikan model furniture senada dengan area teras. Kemudian, sebaiknya pilih ukuran furniture yang tidak terlalu besar, sehingga memberi kesan area teras yang sempit.

3. Menambahkan Hiasan

Agar teras semakin tampak estetik, Homers juga bisa menambahkan beberapa hiasan. Misalnya, seperti gantungan berisi tulisan motivasi tertentu, tanaman hias, atau hiasan dinding.

Sedangkan untuk bagian lantai, Homers juga bisa menambahkan batu alam atau rumput sintetis. Dengan begitu, tampilan teras rumah Homers akan terlihat semakin menarik. Namun, pastikan untuk tidak berlebihan dalam menambahkan hiasan, ya.

5 Inspirasi Teras Rumah Minimalis yang Estetik

Berikut ini adalah beberapa inspirasi teras rumah minimalis yang estetik dan bergaya modern sebagai referensi untuk hunian pribadi:

1. Minimalis Estetik

Jika Homers ingin menonjolkan kesan minimalis dan estetik sekaligus, maka bisa memberikan beberapa tanaman kaktus di bagian sudut. Selain itu, perhatikan juga penggunaan komposisi warna di sekitar area tersebut.

Mulai dari warna cat tembok, lantai, hingga warna furniture yang Homers gunakan. Sangat disarankan untuk memilih warna-warna netral, untuk memberi kesan estetik dengan tampilan yang elegan.

2. Minimalis Modern

Inspirasi teras rumah minimalis yang selanjutnya ini lebih menonjolkan kesan modern pada area tersebut. Adapun untuk memberi kesan modern, Homers bisa mengombinasikan bentuk geometris dan sudut, seperti persegi panjang atau segi empat.

Sedangkan jika ingin menambah hiasan, cukup beri tanaman kering, seperti kaktus, di sudut ruangan. Kemudian, Homers juga bisa menambahkan batu kecil di sekitaran area untuk memberi kesan kekinian.

3. Taman Mini Minimalis

Bagi Homers yang suka tanaman hias atau berkebun, maka bisa menciptakan taman mini bergaya minimalis di area teras. Konsep yang satu ini menjadi desain yang menonjolkan keindahan alam, dengan memanfaatkan ruang terbatas secara efisien.

Jadi, Homers bisa memasukkan elemen taman ke dalam teras dengan menambahkan beberapa tanaman hijau atau tanaman hias. Dengan begitu, maka akan tercipta suasana yang segar dan alami.

4. Konsep Gazebo

Gazebo di sini maksudnya adalah struktur terbuka beratap ringan yang biasa orang-orang gunakan sebagai tempat bersantai di taman atau halaman rumah. Jadi, Homers bisa membuat gazebo bergaya minimalis di hunian pribadi.

Nantinya, gazebo ini bisa digunakan sebagai area bersantai ataupun sekadar menjadi ruang berkumpul outdoor. Konsep yang sangat menarik, bukan?

5. Konsep Api Unggun

Ingin memberi kesan rumah yang hangat, tapi tetap estetik? Jika iya, maka Homers bisa menggunakan konsep api unggun ini. Dengan begitu, hunian Homers akan terasa lebih hangat dan nyaman, meski sedang berada di area luar.

Adapun untuk bisa menciptakan suasana api unggun yang hangat, maka bisa menambahkan beberapa kursi santai, lampu-lampu kecil, serta lilin berukuran sedang atau besar. Kendati begitu, kegiatan bersantai dengan anggota keluarga akan terasa lebih hangat dan menyenangkan.

Manakah Inspirasi Teras Rumah Minimalis Paling Menarik?

Dari ulasan di atas, bisa terlihat bahwa ada banyak sekali inspirasi teras rumah minimalis estetik dan bergaya estetik yang bisa menjadi referensi bagi Homers. Mulai dari gaya minimalis modern hingga konsep api unggun. 

Namun, dalam merealisasikan ide-ide tersebut, pastikan untuk tetap memperhatikan panduan cara menatanya. Dengan begitu, kesan estetik dan modern pada area rumah tersebut bisa tetap menonjol. Selain itu, Homers juga tetap harus mengutamakan kenyamanan dan keamanan setiap anggota keluarga.

Temukan informasi seputar rumah tangga, interior, hingga eksterior menarik lainnya hanya di blog Gethome. Semoga bermanfaat!

Baca Selengkapnya: 7 Ide Teras Rumah Minimalis yang Aesthetic dan Eye-Catching

You May Also Like