Ukuran Kedalaman Pondasi Cakar Ayam 2 Lantai di Indonesia

Ukuran Kedalaman Pondasi Cakar Ayam 2 Lantai di Indonesia

Pondasi merupakan bagian dasar yang sangat penting dalam membangun rumah atau bangunan apa pun. Selain itu, pondasi akan menentukan apakah bangunan mampu berdiri kokoh atau tidak. Salah satu pondasi yang banyak digunakan saat ini adalah pondasi cakar ayam. Lantas, seperti apa kedalaman pondasi cakar ayam 2 lantai

Pengertian Pondasi Cakar Ayam

Pondasi cakar ayam alias pile foundation adalah jenis pondasi yang memakai tiang-tiang vertikal. Nantinya, tiang-tiang tersebut ditanamkan ke tanah.

Masing-masing tiang mempunyai diameter yang beragam karena menyesuaikan kebutuhan serta kondisi tanah di lokasi konstruksi. Pondasi ini akan menjadi opsi ketika kondisi permukaan tanah yang tidak cukup kuat untuk menopang beban bangunan.

Kemudian, beban harus ditransfer ke lapisan tanah yang mempunyai struktur lebih kuat. Untuk itu, pile foundation ini menjadi pilihan yang tepat.

Cara Menghitung Pondasi Cakar Ayam 2 Lantai

Sebenarnya tidak ada standar pasti dalam menentukan jarak cakar ayam untuk bangunan 2 lantai. Mengapa demikian? Karena ini menyesuaikan luas area serta beban pada lantai kedua.

Meskipun demikian, untuk rumah dengan ukuran standar, maka Anda bisa mempertimbangkan agar memberi jarak kurang lebih 2,5 sampai 3 meter. Akan tetapi, pondasi cakar ayam untuk rumah 2 lantai juga masih ada hal lain untuk Anda pertimbangkan.

Bukan sekadar jarak antar pondasinya saja, Anda juga perlu menghitung dimensi cakar ayam. Tujuannya agar Anda memperoleh informasi tentang kekokohan dari pondasi rumah tersebut. Lalu bagaimana dengan dimensinya?

Umumnya, para kontraktor akan membuat pondasi berdimensi 60 x 60. Kemudian untuk ketebalannya sekitar 20 cm. Perlu Anda ingat bahwa ukuran tersebut berdasarkan ukuran standar. Artinya, Anda perlu memperkirakan dan menyesuaikan dengan dimensi hunian yang hendak Anda bangun.

Semakin besar beban pada lantai dua, maka semakin besar dimensi pondasi cakar ayam yang Anda butuhkan. Dengan begitu, pondasi tersebut benar-benar mampu menopang beban yang sangat berat. Lalu, dimensi betonnya pun juga harus lebih besar dibandingkan biasanya.

Kedalaman Pondasi Cakar Ayam 2 Lantai

Informasi berikutnya seputar berapa kedalaman cakar ayam rumah 2 lantai. Sebenarnya, untuk kedalamannya sendiri menyesuaikan karakteristik tanah di kawasan pembangunan.

Semakin buruk karakteristik pada tanah tersebut, maka semakin dalam proses penggaliannya. Sementara di Indonesia, batas maksimal untuk kedalaman penggalian tanah yang mendapat izin yaitu 4 meter.

Angka tersebut menjadi ukuran untuk wilayah yang struktur tanahnya memang berpotensi terjadi bencana alam. Bisa juga untuk bangunan yang berlokasi di dataran tinggi.

Kelebihan Pondasi Cakar Ayam

Pondasi cakar ayam bukan sekadar dipakai untuk kebutuhan membangun rumah maupun gedung. Pemanfaatannya juga sering Anda temukan untuk kebutuhan konstruksi yang lain, seperti membangun bandara.

Mungkin Anda bertanya kenapa pondasi jenis ini kerap menjadi pilihan? Salah satu alasannya yaitu karena cocok terhadap berbagai jenis tanah. Bahkan di kawasan yang terkenal sangat rawan terjadinya gempa.

Pondasi tersebut memang terbukti mampu mencengkeram tanah secara lebih kuat. Dengan begitu, pondasi cakar ayam mampu menahan bangunan untuk jangka waktu yang lama.

Bukan itu saja, pondasi tersebut juga tidak memerlukan drainase. Ini karena bahan pembuatannya berupa beton padat tanpa memiliki rongga.

Kemudian untuk proses pemasangannya juga cenderung lebih cepat. Maka tidak heran banyak proyek yang lebih memilih memakai jenis pondasi ini karena tidak perlu waktu lama.

Meskipun dari segi harga memang pondasi cakar ayam lebih mahal, namun banyak orang tidak mempermasalahkannya. Apalagi melihat kualitasnya yang sangat bagus untuk penggunaan jangka panjang.

Tahu Berapa Kedalaman Pondasi Cakar Ayam 2 Lantai?

Sekian pembahasan tentang berapa kedalaman pondasi cakar ayam 2 lantai. Kesimpulannya, pile foundation merupakan pilihan yang tepat karena memiliki kemampuan lebih baik dalam menopang beban sangat berat. Semoga bermanfaat.

Baca Selengkapnya: Mengenal Pondasi Cakar Ayam Beserta Manfaatnya

You May Also Like