Mengenal Pondasi Cakar Ayam Beserta Manfaatnya

pondasi cakar ayam dan manfaatnya

Pondasi cakar ayam adalah jenis pondasi yang digunakan pada lokasi tanah yang sangat keras, seperti batuan atau pasir keras. Pondasi ini diberi nama “cakar ayam” karena bentuknya yang menyerupai cakar ayam.

Pondasi cakar ayam terdiri dari beberapa tiang baja yang ditancapkan ke tanah dan diikat dengan plat baja atau beton. Tiang-tiang ini dapat dibentuk dengan berbagai ukuran sesuai dengan beban yang akan ditopang. Setelah menancapkan tiang ke tanah, tiang tersebut akan ditekan dengan menggunakan alat mekanis seperti jack hidrolik atau menggunakan beban berat untuk memastikan agar tiang tersebut tertanam kuat dalam tanah. Setelah itu, tiang tersebut akan diikat dengan plat baja atau beton untuk menyalurkan beban dari bangunan ke tanah.

Manfaat Pondasi Cakar Ayam

Pondasi cakar ayam cocok digunakan pada lokasi tanah yang sangat keras, seperti batuan atau pasir keras karena mampu menopang beban dengan baik dan dapat mencegah masalah dalam pengeboran atau pemasangan pondasi. Pondasi cakar ayam juga digadang-gadang mampu meningkatkan stabilitas bangunan, mencegah keruntuhan atau goyangan pada bangunan. 

Pondasi cakar ayam juga mampu mencegah masalah perpindahan tanah atau longsoran yang dapat mengakibatkan kerusakan pada bangunan. Menggunakan metode pembetonan pada tanah basah atau lembek, tentunya menggunakan pondasi ini dapat menjadi solusinya. Namun, pondasi ini juga memerlukan biaya yang tinggi dan peralatan memadai serta tenaga kerja berpengalaman untuk pemasangan. Proses pembuatan pondasi cakar ayam pun memerlukan beberapa peralatan khusus untuk menunjang prosesnya.

Baca selengkapnya: Kelebihan dan Kekurangan Pondasi Batu Kali

Kelebihan Pondasi Cakar Ayam

Beberapa kelebihan dari pondasi cakar ayam adalah sebagai berikut:

  1. Daya topang: Pondasi ini mampu menopang beban yang cukup besar, sehingga cocok digunakan untuk gedung bertingkat atau jembatan.
  2. Cocok di tanah apapun: Penggunaan pondasi jenis ini cocok pada lokasi tanah yang sangat keras maupun lembek, seperti batuan atau pasir keras, karena mampu menopang beban dengan baik dan dapat mencegah masalah dalam pengeboran atau pemasangan pondasi.
  3. Tahan lama: Pondasi cakar ayam memiliki ketahanan yang baik terhadap perubahan cuaca dan lingkungan, sehingga dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama.
  4. Tidak memerlukan drainase: Karena metode pondasinya berisi beton padat dan kuat, sehingga tidak memiliki celah atau ruang seperti pondasi konvensional. Selain itu, tidak memerlukan sambungan kembang susut
  5. Memenuhi standar teknis : Pondasi cakar ayam merupakan standar teknis dalam pembuatan gedung besar dan bertingkat sesuai peraturan berlaku.

Kekurangan Pondasi Cakar Ayam

Beberapa kekurangan dari pondasi cakar ayam adalah sebagai berikut:

  1. Biaya yang tinggi : Pembuatan pondasi cakar ayam memerlukan biaya yang cukup tinggi karena memerlukan alat-alat yang cukup berat dan peralatan khusus. Contohnya seperti jack hidrolik, hammer drill, dan tenaga kerja yang berpengalaman yang dapat meningkatkan biaya proyek. Selain itu, proses pembetonan juga tentu menjadi faktor tingginya biaya yang dikeluarkan.
  2. Pembuatan yang memakan waktu: Proses pembuatan pondasi cakar ayam memakan waktu yang cukup lama. Hal ini meliputi beberapa tahap seperti pengeboran, pemasangan tiang, pemasangan plat, penekanan tiang dan lain sebagainya.
  3. Perawatan berkala: Pondasi cakar ayam perlu perawatan yang cukup sering untuk memastikan agar tetap stabil dan kuat dalam jangka panjang.

You May Also Like