Exhaust Fan: Pengertian, Jenis, dan Manfaat untuk Ruangan

Exhaust Fan: Pengertian, Jenis, dan Manfaat untuk Ruangan

Anda pernah melihat benda seperti kipas yang biasanya ada di kamar mandi? Itulah yang namanya kipas penyedot udara. Penyedot udara atau exhaust fan adalah kipas yang digunakan untuk menyaring dan memperlancar sirkulasi udara supaya udara bersih, alirannya lancar, dan penghuni menjadi nyaman.

Alat ini biasanya Anda pasang pada ruangan-ruangan tanpa ventilasi dan jendela. Kemampuannya yang lebih dari sekadar kipas biasa ini bisa membantu menjaga kesehatan Anda karena kualitas udara jadi semakin bagus dan sehat.

Apa Itu Exhaust Fan?

Seperti penjelasan sebelumnya bahwa exhaust fan adalah kipas penyaring udara kotor. Udara-udara yang sudah terkontaminasi oleh bakteri, virus, polusi, dan bau tidak sedap akan disaring oleh alat ini sehingga kualitas udaranya jadi layak hirup.

Kipas ini akan menghisap udara yang ada di ruangan, kemudian membuangnya ke luar ruangan untuk menggantinya dengan udara baru. Dengan memasang kipas elektrik inilah Anda tidak perlu khawatir udara menjadi pengap dan kualitasnya  buruk meski tanpa ventilasi atau jendela.

Jenis-Jenis Exhaust Fan atau Kipas Penyedot Udara Elektrik

Setelah tahu arti exhaust fan, sekarang kenali apa saja jenis-jenis kipasnya supaya Anda tidak salah beli dan sesuai dengan kebutuhan.

1. Kipas Elektrik Dinding

Jenis pertama ada kipas elektronik dinding. Sesuai dengan namanya, kipas ini tentu dipasang pada dinding rumah dan berhadapan langsung dengan ruangan terbuka sehingga udaranya bisa langsung keluar.

Kipas jenis ini sangat cocok untuk melancarkan sirkulasi udara pada kamar mandi dan dapur supaya tetap bersih.

2. Kipas Elektrik Inline

Berbeda dengan jenis sebelumnya yang bentuknya kotak, kipas penyedot udara inline ini bentuknya seperti pipa. Kipas ini terdiri dari beberapa bagian, saringan dalam, saringan luar, pipa, dan kipas penyedot.

Jadi, jenis kipas ini sangat cocok Anda gunakan pada ruangan yang tidak punya akses ke area terbuka, karena punya jalur sendiri saat memasangnya.

3. Kipas Elektrik untuk Dapur

Pernah melihat alat yang biasa dipasang di atas kompor? Itulah exhaust fan dapur. Karena pemasangannya di atas kompor, tentu saja kegunaannya untuk mengurangi asap dan aroma masakan yang tertinggal.

Selain itu, kipas penyedot ini menjaga dapur agar terhindar dari kelembapan yang menyebabkan munculnya bau tidak sedap pada dapur.

4. Kipas Elektrik Eksterior

Jenis ini mirip dengan kipas penyedot dinding dan cara kerjanya pun sama. Namun bedanya, kipas eksterior ini biasanya diletakkan di luar ruangan sehingga cocok untuk Anda yang tidak suka kebisingan dalam ruangan.

5. Kipas Elektrik Jendela

Kipas penyedot udara jenis ini cocok untuk ruang tamu, kamar, dan ruang keluarga. Pasanglah kipas ini pada jendela rumah dan jangan lupa arahkan ke ruangan terbuka supaya sirkulasi udaranya lancar.

Tips Memasang Exhaust Fan di Dapur dan Kamar Mandi

Perlu Anda ketahui, pemasangan kipas penyedot udara pada dapur dan kamar mandi memerlukan perlakuan khusus karena kedua ruangan tersebut cenderung sempit dan rawan pengap. 

Supaya kinerja alat ini efektif, sebaiknya pilih rute pemasangan yang paling pendek dan paling lurus menuju ke area udara luar. Jarak idealnya sekitar 1-2 meter. Kalau terlalu panjang dan berkelok, fungsi alat ini jadi tidak efisien.

Manfaat Pemasangannya

Berikut manfaat lengkap dari kipas penyedot udara yang bisa Anda rasakan:

  • Menjaga kualitas udara dalam ruangan;
  • Menurunkan suhu ruangan;
  • Membantu mengurangi kelembapan;
  • Menghilangkan asap dan bau tidak sedap;
  • Memberikan kenyamanan;
  • Membuat ruangan tidak pengap;

Tertarik Memasang Exhaust Fan?

Tertarik menggunakan alat penyedot udara ini? Exhaust fan adalah kipas yang sangat direkomendasikan untuk Anda yang punya ruangan pengap dan lembap supaya sirkulasi udaranya lancar dan sehat.

Baca Selengkapnya: 5 Posisi Dapur dan Kamar Mandi yang Baik Menurut Feng Shui

You May Also Like