Desain Septic Tank Anti Penuh yang Benar dan Cara Membuatnya

Desain Septic Tank Anti Penuh yang Benar dan Cara Membuatnya

Selain menimbulkan bau menyengat, septic tank yang sering penuh diketahui dapat memicu timbulnya sebuah ledakan. Kondisi ini dapat Anda atasi dengan penerapan desain septic tank anti penuh. Tak hanya terbukti menahan kelebihan muatan limbah, desain ini juga mampu mengantisipasi terjadinya pencemaran lingkungan.

Artikel ini akan membahas lebih lanjut tentang contoh desain septik tank yang benar serta cara membuat septic tank agar tidak sampai meluap. Simak pembahasan lengkapnya sekarang!

Desain Septic Tank Anti Penuh yang Tepat

Secara umum, desain septic tank mengutamakan bak penampungan serta proses penguraian sekaligus. Singkatnya, jika sistem pengolahan limbah berjalan dengan baik, maka nantinya akan berdampak positif pula terhadap kondisi tangki yang terkait. 

Sebagai informasi, untuk menciptakan desain septic anti penuh yang benar, Anda harus memperhitungkan antara ukuran bak dan kemiringan dengan tepat. Lebih lanjut, Anda juga perlu menggunakan material dinding yang terbentuk dari bata merah pada bagian septic tank yang sudah terplester, agar limbah tidak mencemari tanah.    

Dalam praktiknya, proses pembangunan tempat limbah pembuangan bertumpu pada Standar Nasional Indonesia. Sehingga, Anda mampu menciptakan keadaan rumah dengan pembuangan limbah yang lebih aman. Berikut ini adalah rangkaian tahapan yang dapat Anda terapkan untuk membangun desain septic tank  anti meluap:

  1. Menggali kedalaman tanah hingga sesuai dengan ukuran tempat limbah pembuangan. 
  2. Membuat dua bagian septic tank untuk ruang limbah padat dan cair.
  3. Memberi penghubung antar sekat dengan paralon yang memiliki ukuran diameter 4 inch
  4. Membangun tembok alas pada septic tank dan penutup dari papan.
  5. Menambah lubang angin yang berguna sebagai tempat penyedotan dan pembuangan gas.  

Cara Membuat Septic Tank Anti Penuh

Dalam pembuatannya, terdapat beberapa tips agar tempat limbah pembuangan tersebut tidak mudah penuh dan meluap, di antaranya yaitu:

1. Cermati Pipa Septic Tank

Hal pertama yang Anda lakukan dalam menciptakan desain septic tank anti penuh yaitu memperhatikan secara teliti pipa yang menjadi saluran utama antara kloset dengan bak penampungan. Pada implementasinya, Anda harus memilih material pipa yang tepat, supaya mampu mendukung kinerja pengaliran di dalamnya.  

Selanjutnya, pastikan untuk menempatkan pipa pada sudut kemiringan dengan posisi lurus yang sesuai ukuran dan luas tanah dari rumah Anda. Dengan begitu, posisi tempat limbah pembuangan menjadi pas dan terhindar dari potensi aliran yang tersumbat.    

2. Ketahui Posisi Septic Tank 

Kerap kali disepelekan, mengetahui keberadaan septic tank merupakan sebuah keharusan yang perlu pemilik rumah lakukan. Tujuannya tidak lain yaitu supaya fasilitas limbah pembuangan ini mendapatkan intensitas penyedotan maupun pembersihan yang berkelanjutan.   

Biasanya, tata letak septic tank berada tepat pada bawah lantai atau halaman taman dengan posisi yang terkubur rapat guna menahan dan mencegah adanya pencemaran limbah. 

3. Pilih Material Tempat Penampungan

Cara membuat desain septic tank anti penuh berikutnya yaitu melalui pemilihan material yang kedap air untuk bak atau tempat penampungan. Dengan demikian, tempat penampungan tersebut dapat senantiasa kokoh, tahan lama, dan mampu menahan tekanan air agar tidak mudah mengalami kebocoran.  

4. Perhatikan Kapasitas Pembuangan

Memperhitungkan keterkaitan antara volume limbah dengan jumlah penghuni rumah sangat dibutuhkan di  sini. Sebab, jumlah anggota dalam rumah akan berpengaruh terhadap besaran ukuran septic tank

Supaya sesuai, Anda dapat menerapkan desain septic tank anti meluap untuk mengetahui perhitungan tepatnya. Sehingga, septic tank pun tidak akan pernah mengalami kelebihan muatan limbah.

Yuk, Segera Aplikasikan Desain Septic Tank Anti Penuh!

Bagi sebagian orang, rutin membersihkan dan merawat septic tank memang terbukti cukup untuk menjaga tempat limbah pembuangan tetap dalam kondisi yang paripurna. Namun, akan lebih baik lagi jika Anda menerapkan desain septic tank yang anti meluap pada hunian nyaman Anda.  

Adapun, pengaplikasian jenis desain tersebut nantinya akan memudahkan dalam hal perawatan septic tank yang super efisien serta dapat terhindar dari terjadinya sebuah masalah yang serius pada tempat limbah pembuangan. Tertarik untuk mencoba?

Baca Selengkapnya: 13 Rekomendasi Alat Kebersihan Rumah Tangga, Wajib Punya!

You May Also Like