9 Ide Desain Ruang Tamu Minimalis, Elegan dan Menarik!

9 Ide Desain Ruang Tamu Minimalis, Elegan dan Menarik!

Sekarang ini, desain ruang tamu minimalis semakin diminati. Terlebih, desain satu ini tidak mengharuskan Homers untuk memiliki ruang tamu besar untuk memberikan kesan menarik. Lantas, bagaimana ide desain hunian minimalis modern yang dapat diterapkan? Mari simak daftar rekomendasinya berikut ini!

9 Ide Desain Ruang Tamu Minimalis

Desain ruang tamu satu ini memadukan keindahan dan fungsionalitas dalam ruang sederhana. Fokus pada prinsip less is more, ruang tamu minimalis akan memberikan kesan bersih, teratur, dan nyaman. Berikut adalah beberapa ide ruang tamu minimalis yang bisa Homers coba:

1. Japanese Scandinavian

Kombinasi antara unsur Jepang dan Skandinavia akan menawarkan gaya simpel dan tidak terlihat berlebihan. Ruang tamu ini akan memancarkan suasana hangat melalui penggunaan material kayu, dominasi warna gelap, serta sentuhan keramik dan aksesoris buatan tangan yang tampak alami.

2. Modern Kontemporer

Pilihan desain kontemporer di era modern membawa suasana hangat yang intens ke dalam ruang tamu. Coba kombinasikan lantai beton modern, dinding putih dan ornamen kayu. Lalu, tambahkan jendela besar agar cahaya masuk bisa masuk dengan mudah. Ruang tamu pasti akan terasa sangat nyaman dengan view cantik.

3. Warna Krem

Tidak hanya mengandalkan material kayu, ada metode lain untuk menciptakan kesan hangat dan nyaman di ruang tamu. Salah satunya dengan menggabungkan berbagai warna earth tone. Di sisi lain, warna netral akan membentuk nuansa harmonis dengan warna terang maupun gelap, serta menciptakan kesan seimbang.

4. Minimalis Monokrom

Desain ruang tamu minimalis akan terlihat lebih menarik ketika dipadukan dengan warna monokrom. Kesederhanaan yang terpancar akan memberikan suasana yang tenang. 

Homers juga bisa memperkuat kesan ruangan dengan menggunakan perabotan ringkas dan palet warna yang serasi. Namun, jika ingin memberikan sentuhan warna berbeda, coba letakkan tanaman kecil di dekat dekat sofa atau pojok ruangan.

5. Cool Tone

Penggunaan warna cool tone seperti biru, hijau, sian, dan lilac cocok untuk menciptakan desain elegan minimalis dalam ruang tamu. Tak hanya itu, warna tersebut sering diasosiasikan dengan kemewahan dan glamour. Jadi, Homers bisa menambahkan karpet bulu, sofa velvet, dan gorden besar untuk melengkapinya.

6. Simpel dan Terang

Atmosfer minimalis dapat diperkuat dengan bantuan pencahayaan yang tepat. Menggunakan lampu tidak hanya memberikan cahaya tambahan untuk membuat ruangan terlihat lebih terang, tetapi juga memberikan sentuhan estetika yang memperindah ruang tamu. 

Coba pilih antara lampu yang berdiri di pojok ruangan atau lampu gantung di tengah plafon. Gunakan pula perabotan berupa meja kecil dan rak sederhana dengan warna netral agar ruangan terlihat lebih simpel. 

7. Minimalis Industrial

Gaya satu ini sedang menjadi favorit karena terlihat sangat trendy. Selain menggunakan elemen berupa batu bata, logam, dan kulit, gaya satu ini identik dengan warna monokrom. Nuansanya pun cenderung lebih gelap dan maskulin. 

Furniture ruangan menggunakan desain ini juga tidak harus mewah atau mahal. Bahkan, Homers bisa menggunakan material besi bekas yang dicat kembali sebagai tiang lampu hingga kursi.

8. Gaya Tropis

Desain ruang tamu minimalis bergaya tropis akan menghadirkan nuansa sederhana, namun berwarna. Ruangan juga tidak hanya menekankan fungsi, tetapi memberikan rasa nyaman untuk penghuninya. 

Homers bisa menggunakan kursi dari kayu dengan motif dedaunan, karpet berwarna coklat, dan meja kaca kecil. Lalu, tambahkan dekorasi lukisan abstrak dengan warna cerah seperti hijau, tanaman kecil, dan bantal kursi dengan gambar daun untuk melengkapi desain ruangan.

9. Gaya Bohemian

Gaya Bohemian menonjolkan nuansa netral seperti putih, putih gading, krem, abu-abu, dan putih krem sebagai elemen utamanya. Karena itu, tema netral akan memberikan ruangan kesan cerah dan bersih.

Di sisi lain, warna-warna netral dalam gaya Bohemian berfungsi sebagai reflektor cahaya yang luar biasa, sehingga ruangan terlihat lebih terang dengan bantuan pencahayaan alami. Selain itu, desain ini akan menggabungkan keindahan dengan sentuhan artistik, memberi kesan harmonis dan mengundang ketenangan.

Sudah Tahu Desain Ruang Tamu Minimalis Apa yang Akan Dipilih?

Desain ruang tamu minimalis akan memberikan kesan estetik, menarik namun tetap sederhana pada rumah. Namun, Homers tetap perlu memperhatikan beberapa detail dan menambahkan perabotan yang mendukung. 

Secara umum, perabotan multifungsi adalah pilihan paling tepat agar ruangan tetap terlihat luaas. Terutama jika ruangan memiliki ukuran yang sempit. Bagaimana, apakah Homers tertarik menerapkan salah satu desain minimalis di atas?

Untuk menemukan inspirasi lainnya seputar ruang tamu hingga kebutuhan akan rumah tangga, yuk kunjungi blog Gethome di sini. Semoga bermanfaat!

Baca Selengkapnya: 7 Rekomendasi Gorden Ruang Tamu yang Paling Laris Tahun Ini!

You May Also Like