Pondasi Sumuran: Pengertian, Kelebihan dan Kekurangannya

Pondasi Sumuran: Pengertian, Kelebihan dan Kekurangannya

Setiap bangunan, membutuhkan pondasi untuk bisa terus tegak berdiri dan kuat dari berbagai gangguan, terutama gempa bumi. Salah satu jenis pondasi yang paling umum orang gunakan adalah pondasi sumuran

Pondasi ini banyak orang pilih karena memang lebih ekonomis dan mudah dalam pembuatannya. Lebih lengkapnya mengenai pondasi ini, berikut pengertian, karakteristik, kelebihan, kekurangan hingga alasan penggunaannya. 

Apa Itu Pondasi Sumuran dan Fungsinya?

Pondasi sumuran adalah jenis pondasi yang memiliki bentuk seperti sumur, dengan material berbentuk silinder, yang kemudian nantinya akan diisi dengan batu belah. Adapun fungsi utama dari penggunaan pondasi ini, yaitu menopang dan menjaga bangunan agar lebih stabil atau tidak mudah goyah. 

Karakteristik Tanah yang Perlu Menggunakan Fondasi Sumuran

Pada dasarnya, tidak semua tanah bisa menggunakan fondasi sumuran. Namun, biasanya karakteristik tanah yang paling cocok menggunakan jenis fondasi sumuran adalah tanah dengan lapisan kerasnya berada di kedalaman tiga sampai lima meter. 

Kelebihan Pondasi Sumuran

Adapun beberapa kelebihan dari penggunaan pondasi sumuran ini adalah:

1. Tidak Membutuhkan Alat Berat

Dengan menggunakan pondasi ini, Homers tidak akan membutuhkan alat berat dalam proses pengerjaannya. Maka dari itulah, pondasi ini banyak orang pilih karena akan jauh lebih praktis, bahkan bisa dilakukan secara manual.

2. Lebih Ekonomis

Kelebihan dari penggunaan pondasi ini selanjutnya yaitu lebih ekonomis. Tentunya hal ini akan sangat cocok untuk Homers yang memiliki modal sedikit untuk membangun rumah, karena biaya pondasi yang jauh lebih rendah. 

Kekurangan Pondasi Sumuran

Berikut merupakan beberapa kekurangan dari pondasi ini yang bisa menjadi bahan pertimbangan Homers dalam menggunakannya, yakni: 

1. Sensitif Terhadap Kepadatan Tanah

Kekurangan dari pondasi sumuran pertama, yaitu lebih sensitif terhadap kepadatan tanah. Oleh sebab itulah, saat proses pengeboran pada kondisi tanah berpasir, perlu untuk benar-benar disiasati, karena jika salah sedikit, bisa menyebabkan tanah longsor.

2. Sangat Dipengaruhi Cuaca

Kekurangan dari pondasi ini berikutnya, yaitu proses pengaplikasiannya yang sangat tergantung dari cuaca. Maka dari itu, saat kondisi cuaca buruk, proses pembuatan pondasi sebaiknya tidak Homers lakukan, karena bisa menyebabkan kegagalan. Akan tetapi, Homers bisa menyiasatinya dengan memasang tenda sebagai penutup. 

3. Adanya Gangguan Tanah

Selanjutnya, kekurangan dari pondasi ini yaitu proses pengeboran yang bisa menimbulkan gangguan tanah. Tanah yang terganggu pun akan menyebabkan kapasitas atau daya dukung tanah terhadap tiang juga akan berkurang. Alhasil, akan menyebabkan pondasi malah tidak kokoh dan membuat bangunan cepat roboh. 

4. Tanah Bisa Runtuh

Penggunaan pondasi sumuran memang murah, tetapi penggunaannya bisa menyebabkan tanah runtuh. Ini karena adanya proses pengeboran yang menyebabkan tanah dengan tekstur lembek akan cepat roboh. Salah satu cara mengatasi hal ini adalah dengan memasang casing untuk mencegah longsor. 

5. Boros Bahan

Penggunaan pondasi ini juga lebih boros bahan, karena membutuhkan banyak material beton untuk membuatnya. Bahkan, ini menggunakan tiang pancang dengan diameter yang cukup besar, sehingga pastinya akan sangat melelahkan jika Homers menggunakan proses manual. 

Kenapa Harus Gunakan Pondasi Sumuran?

Ada beberapa alasan mengapa Homers harus menggunakan pondasi ini, antara lain:

1. Kedalaman

Khusus bangunan di atas tanah dengan kedalaman kurang dari 3 meter, sangat disarankan menggunakan pondasi ini. Sebab menggunakan pondasi secara langsung, bisa menyebabkan pemborosan biaya dan tenaga untuk penggalian tanah yang terlalu lebar dan dalam. 

2. Air Permukaan

Pada lahan yang mengandung air permukaan dalam posisi yang cukup tinggi juga disarankan menggunakan pondasi ini. Sebab penggunaan pondasi lainnya bisa menyebabkan pekerjaan pembangunan pondasi akan sulit, akibat dari keluarnya air terus menerus saat proses penggalian dilakukan 

Sudah Tahu Apa Itu Pondasi Sumuran?

Pondasi sumuran secara umum diperuntukkan bagi bangunan dengan tekstur tanah dengan lapisan keras. Jika digunakan pada tanah yang lembek, pondasi ini justru malah akan merusak dan mengganggu bangunan itu sendiri. 

Jadi, jika ingin menggunakan pondasi ini untuk rumah, sebaiknya pastikan dulu kondisi tanah di sana. Jika kondisi tanah lembek, maka sebaiknya hindari penggunaan pondasi ini, karena akan menyebabkan proses pembuatan pondasi sia-sia, dikarenakan rumah cepat roboh.

Temukan artikel menarik lainnya seputar konstruksi, arsitektur, dan perlengkapan rumah tangga lainnya hanya di blog Gethome. Semoga bermanfaat!

Baca Selengkapnya: Penting! Inilah Fungsi Pondasi Rumah yang Sebenarnya

You May Also Like