Intip! Ini Panduan dalam Menentukan Fee Makelar Rumah

Intip! Ini Panduan dalam Menentukan Fee Makelar Rumah

Kira-kira berapa fee makelar rumah? Proses membeli rumah menjadi aktivitas yang akan menyita waktu serta perhatian Anda. Banyak orang yang memutuskan untuk memanfaatkan jasa perantara untuk memudahkan proses tersebut.

Apakah Anda juga akan memanfaatkan jasa agen properti tersebut? Anda harus memahami berapa bujet Anda untuk menyewa jasanya. Maka dari itu, berikut pembahasan selengkapnya.

Berapa Fee Makelar Rumah Menurut Undang-undang?

Mengetahui berapa biaya untuk agen properti sangatlah penting. Salah satu tujuannya agar tidak terjadi perselisihan serta menghindarkan Anda dari konsekuensi hukum.

Selain itu, ini juga bermanfaat agar Anda bisa terhindar dari makelar abal-abal. Tidak sedikit klien yang tidak memahami besaran biaya tersebut sehingga terkadang harus membayar biaya lebih mahal dari seharusnya.

Lalu, komisi makelar rumah berapa persen? Umumnya, makelar atau broker akan mendapatkan komisi atas jual beli rumah dengan persentase antara 2% sampai 3,5% dari total transaksi.

Biasanya, semakin tinggi harga properti tersebut, nilai persentase semakin rendah. Namun, komisi bisa diberikan hingga 5% ketika agen tersebut memberikan bantuan jasa mulai dari proses pemasaran, administrasi, hingga akad kredit/jual beli.

Meskipun demikian, agar terbangun persepsi yang sama dan menciptakan persaingan sehat, maka pemerintah membuat peraturan. Melalui Peraturan Menteri Perdagangan No. 51 Tahun 2017 pasal 14 bahwa properti yang tergolong P4 atau Perusahaan Perantara Perdagangan Properti memperoleh komisi minimal 2% dan maksimal 5%.

Kemudian untuk agen properti yang menerapkan jasa sewa properti, agen berhak memperoleh komisi berdasarkan penggunaan jasa tersebut minimal 5% dan maksimal 8% dihitung dari nilai transaksi.

Namun, perlu menjadi perhatian bahwa agen tidak boleh memberikan data tentang komisi makelar rumah secara tidak benar atau invalid. Selain itu, para agen tersebut juga tidak boleh mempromosikan, menawarkan, memberikan jaminan, maupun janji yang belum pasti.

Bagaimana Cara Menghitung Fee Makelar Rumah?

Jika masih bingung bagaimana menghitung biaya untuk makelar rumah, berikut simulasinya:

Misalnya Anda akan menjual rumah dengan luas 500 m² seharga Rp 5.000.000.000,00. Sebelum Anda menghitung komisi makelar, Anda perlu memangkas anggaran tersebut dengan biaya pembuatan dokumen dan lain-lain.

Asumsikan bahwa aktivitas ini memerlukan dana Rp 20.000.000,00. Kemudian, komisi yang Anda bayarkan nanti sebesar 2.5%. Berdasarkan hal tersebut, maka besaran komisinya yaitu:

2,5% x (5.000.000.000,00 – 20.000.000,00)

= 2,5% x 4.980.000.000,00

= 124.500,00

Tips Agar Tidak Salah Memilih Makelar Rumah

Selain memahami berapa fee makelar rumah, Anda juga harus selektif dalam memilih agen properti tersebut. Berikut beberapa tips penting untuk Anda perhatikan.

1. Pilih Makelar yang Menguasai Area

Tips pertama, Anda harus memastikan bahwa agen tersebut benar-benar paham daerah atau lokasi yang Anda inginkan. Seorang makelar wajib mempunyai pengetahuan baik tentang infrastruktur, fasilitas publik, maupun aksesibilitas. 

Hal ini sangat berguna untuk membantu Anda dalam mendapatkan referensi terkait properti yang hendak Anda beli.

2. Mengetahui Harga Terbaru 

Anda juga perlu memastikan bahwa agen tersebut memahami harga terbaru properti di daerah atau kawasan yang Anda inginkan. Tentu Anda tidak ingin dana yang sudah Anda siapkan malah kurang karena mendapatkan rekomendasi yang salah.

Selain itu, ketika makelar tersebut paham harga terbaru, maka memungkinkan Anda lebih bebas menjatuhkan pilihan. Anda bisa memperkirakan mana rumah yang sesuai bujet.

2. Lihat Testimoni

Makelar rumah terpercaya pastinya sering menangani berbagai klien. Di sini, Anda perlu mencari tahu kira-kira siapa saja yang sudah memanfaatkan jasa dari agen tersebut. Jika banyak yang memberikan respons positif, kemungkinan Anda tidak salah memilih makelar tersebut.

Sudah Tahu Berapa Fee Makelar Rumah?

Sekian pembahasan seputar berapa fee makelar rumah. Anda juga seharusnya memahami bagaimana memilih agen properti rumah yang terpercaya. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan hunian yang sesuai keinginan.

Baca Selengkapnya: Lebih Baik Sewa atau Beli Rumah? Ini Pertimbangannya!

You May Also Like