Penting; Ini Syarat dan Dokumen Pengajuan KPR Terbaru 2023

Penting; Ini Syarat dan Dokumen Pengajuan KPR Terbaru 2023!

Banyak orang yang waswas terhadap BI Checking saat ingin mengajukan KPR. Padahal selain BI Checking, ada banyak hal penting yang harus diperhatikan sebelum kamu melakukan pengajuan KPR. Adapun salah satu syarat untuk mengajukan KPR adalah informasi mengenai pekerjaan. Adapun antara bank yang satu dengan bank lainnya memiliki peraturan berbeda mengenai pekerjaan. 

Kalau kamu bukan berstatus sebagai pegawai, tetapi memiliki usaha, kamu tetap bisa mengajukan KPR kok! Pastikan bisnis yang selama ini kamu jalani selalu menghasilkan keuntungan dan tidak menyebabkan kamu kesulitan keuangan. Hal ini bisa dibuktikan dengan dokumen-dokumen mengenai bisnis atau usaha yang kamu lakukan. 

Evaluasi kemampuan diri

Pastikan kamu sudah meyakini kemampuan diri sendiri dalam mengajukan KPR. Jika kamu yakin bisa membayar cicilan setiap bulannya tanpa terlambat atau kemungkinan gagal bayar, tidak perlu lagi ragu untuk mengajukan KPR untuk rumah impian kamu. 

Agar lebih mudah, kamu bisa mempertimbangkan  atau mengevaluasi kemampuan diri kamu sebelum mengajukan KPR, misalnya saja kamu bisa mempertimbangkan beberapa hal berikut. Misalnya kamu bisa mengajukan KPR jika masa kerja kamu sudah lebih dari setahun, berapa lama lagi waktu yang diperlukan hingga usia pensiun, sudahkah kamu melunasi cicilan atau utang lain. Pada umumnya, bank di Indonesia akan menganggap total cicilan yang aman dalam kisaran 60-70% dari total pendapatan. 

Miliki informasi properti

Setelah mengevaluasi kondisi finansial sendiri, pastikan kamu juga memiliki informasi mengenai properti yang dibeli dengan komprehensif. Kamu harus mengetahui secara pasti lokasi properti yang ingin kamu beli, jenis properti tersebut, bagaimana kondisi sertifikat properti tersebut apakah sudah balik nama dari developer, bagaimana lingkungan sekitar hunian yang ingin kamu beli, perkiraan harga hunian tersebut, kompetensi developer yang mengerjakan proyek hunian tersebut, dan berapa plafon pinjaman yang Bank sediakan jika kamu mengajukan cicilan sesuai dengan kondisi finansial kamu.

Baca Juga : Pahami Kekurangan KPR Syariah, Sebelum Membeli Rumah

Jika kamu sudah yakin dengan semua hal di atas, ada baiknya kamu mulai menyiapkan dokumen pengajuan KPR secara umum. Beberapa bank biasanya sudah bekerja sama dengan developer sehingga akan mempermudah pengajuan KPR dari hunian impian kamu. Adapun dokumen-dokumen yang harus disiapkan sebagai berikut:

Dokumen pengajuan KPR 2023

Dokumen pengajuan KPR 2023
  • Bagi yang belum menikah (Usia tidak lebih dari 50 tahun)
  1. Fotokopi KTP pemohon KPR
  2. Fotokopi kartu keluarga pemohon KPR
  3. Pas foto pemohon KPR
  4. Dokumen agunan rumah berupa sertifikat tanah dan rumah (SHGB / SHM), Pajak bumi dan bangunan (PBB), izin mendirikan bangunan (IMB)
  5. Nomor pokok wajib pajak (NPWP) pemohon KPR
  6. Materai 10.000
  7. Tanda tangan pemohon KPR serta mengisi formulir yang disediakan bank secara lengkap
  • Bagi yang sudah menikah (dokumen tambahan yang diperlukan)
  1. Surat Nikah atau surat cerai
  2. Foto kopi KTP pasangan pemohon KPR
  3. Pas foto pasangan pemohon KPR
  4. Tanda tangan pasangan pada formulir pengajuan KPR
  5. Kehadiran pasangan saat akad KPR
  • Bagi warga keturunan (dokumen tambahan yang diperlukan)
  1. Surat keterangan Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Bagi karyawan atau pegawai
  1. Slip gaji atau surat keterangan penghasilan selama tiga bulan terakhir
  2. Surat Keputusan pengangkatan (PNS) atau surat keterangan sebagai pegawai tetap
  3. Fotokopi buku atau rekening koran tabungan yang memperlihatkan data rekening selama tiga bulan terakhir
  • Bagi pengusaha atau wiraswasta
  1. Surat Izin Usaha perdagangan (SIUP)
  2. Surat izin lain sesuai dengan profesi, contohnya surat izin praktik dokter
  3. Tanda Daftar Perusahaan (TDP)
  4. Fotokopi akta pendirian perusahaan
  5. Bukti keluar masuk transaksi keuangan usaha
  6. Buku tabungan usaha

Jika seluruh dokumen tersebut sudah dilengkapi, selamat menunggu proses pembelian hunian yang kamu inginkan yah! Semoga kamu semakin bahagia setelah memiliki hunian yang kamu impikan dan membuat kamu bekerja semakin keras tanpa beban. 

You May Also Like