5 Arsitek Terkenal di Indonesia yang Harus Anda Ketahui

5 Arsitek Terkenal di Indonesia yang Harus Anda Ketahui

Ada banyak bangunan megah dan artistik di dalam maupun luar negeri yang merupakan hasil karya arsitek ternama di Indonesia. Setiap arsitek memiliki sentuhan dan ciri khas yang berbeda pada desain hasil bangunan yang dirancang. Lantas, siapa saja arsitek terkenal di Indonesia dan apa saja hasil karyanya? 

Siapa Arsitek Terkenal di Indonesia?

Berbicara mengenai keindahan bangunan tidak terlepas dari peran arsitek yang merancangnya. Arsitektur bangunan di Indonesia tidak kalah indah dibandingkan arsitektur negara maju. Berikut beberapa arsitek Indonesia terkenal beserta dengan hasil karyanya. 

1. Yusuf Bilyarta Mangunwijaya

Arsitek Yusuf Bilyarta atau Y.B. Mangunwijaya merupakan arsitek terkenal di Indonesia yang kepopulerannya sampai ke mancanegara. Beliau merupakan lulusan Teknik Arsitektur ITB pada tahun 1959 dan Rheinisch Westfaelische Technische Hochschule, Jerman pada tahun 1966. 

Salah satu karya paling terkenal dari Y.B. Mangunwijaya adalah kawasan pemukiman Kali Code di Yogyakarta. Beliau berhasil mengubah daerah pemukiman kumuh di bantaran sungai menjadi pemukiman yang indah.

Berkat karyanya itu, Y.B. Mangunwijaya berhasil mendapatkan penghargaan internasional Aga Khan. Selain itu, terdapat beberapa karya beliau yang terkenal lainnya, yaitu Bentara Budaya Jakarta, gereja di pemukiman Kali Code, Burung-burung Manyar, dan Roro Mendut.

2. Achmad Noeman

Arsitek Achmad Noeman merupakan salah satu pendiri Ikatan Arsitek Indonesia (IAI). Beliau dikenal sebagai arsitek sejuta masjid. Hal ini karena sebagian besar desain rancangan yang beliau buat adalah masjid. Arsitektur masjid hasil rancangan Achmad Noeman tidak hanya ada di Indonesia saja.

Beliau merupakan arsitek yang merancang Masjid Syekh Yusuf yang berada di Cape Town, Afrika Selatan. Sementara itu, arsitektur masjid hasil rancangan beliau di Indonesia yaitu Masjid Islamic Center, Masjid Amir Hamzah Taman Ismail Marzuki, Masjid At-Tin, serta Masjid Salman ITB.

3. Frederich Silaban

Arsitek terkenal di Indonesia selanjutnya yaitu Frederich Silaban. Beliau merupakan seorang arsitek yang tidak menempuh pendidikan tinggi. Namun, hasil arsitektur yang berhasil diciptakannya tidak dapat dipandang sebelah mata. 

Beliau mendapatkan Tanda Kehormatan Bintang Jasa Sipil dari Pemerintah Indonesia atas hasil karya rancangan Masjid Istiqlal. Walaupun hanya memiliki latar belakang pendidikan hingga STM, beliau dapat merancang bangunan monumental di Indonesia. 

Hasil rancangan Frederich Silaban yang terkenal lainnya yaitu Monumen Nasional (Monas), Stadion Gelora Bung Karno, dan Tugu Khatulistiwa di Pontianak.

4. Ridwan Kamil

Ridwan Kamil terkenal sebagai Walikota Bandung dan Gubernur Jawa Barat. Selain itu, beliau merupakan salah satu arsitek terkenal di Indonesia. Ridwan kamil merupakan lulusan Teknik Arsitektur ITB tahun 1995 dan Master of Urban Design University of California, Berkeley tahun 2021.

Beliau memulai karir arsiteknya pada tahun 2002 dengan mendirikan perusahaan dalam bidang arsitektur bernama Urbane Indonesia. Hasil karya Ridwan Kamil yang terkenal yaitu Rumah Botol yang berada di Bandung. Bangunan ini dibuat dengan bahan baku botol bekas dengan jumlah sekitar 30.000 botol. 

Berkat karya Rumah Botol, beliau mendapatkan penghargaan internasional Green Design Award 2009 oleh Building Construction Indonesia Asia (BCI Asia).

5. Daliana Suryawinata

Arsitek Daliana Suryawinata merupakan pendiri dari SHAU (Suryawinata Heinzelmann Architecture and Urbanism) yang berada di Bandung, Rotterdam, dan Munich. Melalui SHAU ini, beliau mendapatkan potensi dan ide kreatif dalam bidang arsitektur

Daliana Suryawinata merupakan arsitek terkenal di Indonesia yang berhasil mendunia melalui karya Perpustakaan “Microlibraryyang terletak di Bandung. Berkat karyanya, beliau mendapatkan penghargaan Architizer A+ di New York. Itu merupakan penghargaan terbesar tahunan bagi karya arsitektur terbaik di dunia. 

Sudah Tahu Anda Arsitek Terkenal di Indonesia?

Karya arsitektur anak bangsa berhasil membanggakan nama Indonesia di mata dunia. Selain itu, banyak bangunan dan monumen hasil karya arsitek Indonesia yang menjadi populer karena punya ciri khas tersendiri. Apakah Anda juga tertarik untuk menjadi arsitektur Indonesia selanjutnya?

Baca Selengkapnya: 9 Rumah Termahal di Indonesia – Milik Pejabat dan Artis

You May Also Like