5 Inspirasi Model Plafon Ruang Tamu, Minimalis hingga Modern

5 Inspirasi Model Plafon Ruang Tamu, Minimalis hingga Modern

Plafon merupakan bagian interior yang terpasang di langit-langit rumah. Tujuan pemasangan plafon adalah untuk mempercantik interior ruangan. Salah satu ruangan yang wajib memiliki plafon adalah bagian ruang tamu. Oleh sebab itu, kini semakin beraneka model plafon ruang tamu beredar di pasaran.

Mengapa Model Plafon Ruang Tamu Penting?

Ruang tamu salah satu ruangan inti di sebuah rumah. Sebagai ruangan pertama yang akan dikunjungi oleh siapapun yang menginjakkan kaki di dalam rumah, dekorasi dan interiornya harus diperhatikan.

Homers tentunya tidak ingin menerima tamu dengan kondisi rumah yang kurang sedap dipandang, bukan? 

Langit-langit ruang tamu tanpa plafon akan terlihat struktur dan teksturnya. Kondisi ini dapat mengganggu pemandangan para tamu yang berkunjung. Maka dari itu, memilih model plafon ini sangat penting. 

Pada umumnya, orang akan menyesuaikan model plafon ruang tamu dengan desain interior rumah agar terlihat senada. Sebagian orang bahkan rela merogoh kocek lebih mahal untuk memasang model plafon ruang tamu terbaru demi mempercantik ruangannya.

5 Inspirasi Model Plafon Ruang Tamu

Ada berbagai model plafon ruang tamu yang dapat Homers pilih sesuai kondisi keuangan dan preferensi pribadi. Berikut ini lima model plafon untuk mempercantik ruang tamu di rumah impian yang dapat menjadi bahan inspirasi atau referensi, yaitu:

1. Model Minimalis

Rumah konsep minimalis semakin menjamur di kalangan masyarakat saat ini. Kondisi tersebut dipengaruhi oleh harga tanah yang semakin mahal, sehingga menuntut konsep rumah yang minimalis.

Selain hemat lahan, rumah minimalis menjadi favorit karena ekonomis dan mudah perawatan. Maka tak heran, orang lebih memilih konsep rumah minimalis.

Untuk menyesuaikan dengan konsep rumah minimalis, model plafon minimalis menjadi pilihan yang tepat. Model plafon ini terkesan bersih dan sederhana dengan bentuk persegi atau persegi panjang, mengikuti ukuran langit-langit rumah.

Plafon minimalis menggunakan material gipsum dengan warna terang untuk menunjukkan kesan bersih, seperti putih, krem, atau abu-abu muda. Model ini tidak memiliki banyak dekorasi, hanya tersedia lubang untuk lampu. Sementara itu, lampunya biasanya berwarna kuning untuk menunjukkan kesan hangat.

2. Model Rustic

Model plafon rustic saat ini mulai banyak diminati orang-orang karena mengangkat konsep natural dan alami yang membawa kesan hangat di ruang tamu. Plafon model ini tidak menggunakan material gipsum, melainkan kayu.

Kayu-kayu ini disusun secara memanjang dan berdekatan satu sama lain, sehingga hasilnya plafon terlihat bergaris-garis. Plafon model kayu biasa diterapkan di rumah yang memiliki konsep green house atau scandinavian.

3. Model Futuristik

Model plafon ruang tamu terbaru yang sedang hits adalah bertema futuristik. Plafon model ini banyak ditemukan di rumah yang mengedepankan modernitas dan kecanggihan teknologi.

Plafon model futuristik memiliki warna yang dominan putih dan minim dekorasi, mirip model minimalis. 

Namun, terdapat perbedaan pada model lampunya. Model minimalis menggunakan aksen lingkaran untuk lampunya, sedangkan model futuristik ini menerapkan aksen garis-garis.

Aksen garis tersebut bisa berada di tengah dengan sistem selang seling ataupun di samping dengan bentuk memanjang.

Lampu yang digunakan pun bukan lampu berbentuk bohlam, melainkan lampu LED strips yang memanjang dan berwarna putih untuk menambah kesan minimalis dan futuristik.

4. Model Mewah

Selanjutnya, Homers dapat mempertimbangkan plafon dengan model yang mewah. Model plafon mewah memiliki bentuk melengkung dengan banyak dekorasi dan aksen garis maupun lingkaran yang memenuhi plafon.

Jenis lampu yang terpasang pada plafon juga mewah, seperti lampu gantung dengan memiliki banyak aksesoris. Kesan mewah pada plafon dapat didukung dengan furnitur rumah yang mewah agar terlihat megah.

5. Model 3D

3D atau mode timbul merupakan model plafon terbaru yang masih jarang terlihat. Plafon model ini berbentuk timbul dan memiliki beberapa cekungan sebagai tempat menempelkan lampu gantung atau kipas angin gantung. Model ini membuat ruang tamu terkesan megah dan kokoh.

Sudah Tahu Mau Pilih Model Plafon Ruang Tamu Mana?

Memilih plafon ruang tamu bukan hal yang mudah karena harus mempertimbangkan desain, kesesuaian dengan interior rumah, dan budget.

Pada intinya, ketika hendak memasang plafon di ruang tamu, ketahui terlebih dahulu model plafon ruang tamu yang Homers inginkan. Masalah desain dan budget bisa menyesuaikan setelahnya.

Temukan informasi menarik lainnya terkait konstruksi, arsitektur, hingga household menarik lainnya hanya di blog Gethome. Semoga bermanfaat!

Baca Selengkapnya: 7 Inspirasi Plafon Rumah Minimalis untuk Percantik Hunian!

You May Also Like