Cek! 4 Cara Memilih Lokasi Terbaik untuk Investasi Properti

Cek! 4 Cara Memilih Lokasi Terbaik untuk Investasi Properti

Investasi properti adalah satu cara paling umum dan aman untuk mengembangkan finansial. Nah, memilih lokasi terbaik untuk investasi properti adalah faktor yang harus diperhatikan. Namun, banyak investor pemula yang jarang melaksanakan atau menerapkan prosedur pemilihan lokasi tempat properti dengan benar.

Padahal memilih lokasi yang tepat adalah kunci utama dalam mencapai keuntungan yang signifikan dalam jangka panjang. Apabila Anda juga sedang bingung dengan pemilihan lokasi untuk mengembangkan investasi properti, tenang saja. Baca artikel ini sampai selesai, ya!

Aspek Pemilihan Lokasi Terbaik Untuk Investasi Properti

Memilih lokasi terbaik adalah salah satu faktor kunci dalam kesuksesan investasi properti. Oleh karena itu, Anda wajib memperhatikan beberapa aspek penting berikut sebelum memutuskan berinvestasi dalam proyek atau membeli properti tersebut:

1. Lokasi Strategis

Aspek pertama yang paling penting sudah pasti adalah lokasi yang strategis dan memiliki kemudahan akses pada sarana dan infrastruktur. Pastikan lokasi tersebut dekat dengan fasilitas umum seperti sekolah pusat kota, rumah sakit, pusat perbelanjaan, pusat bisnis, jalan utama atau jalan tol, dan transportasi umum.

Anda juga harus menerapkan prosedur pemilihan lokasi tempat properti terkait kecocokan lokasi dengan tujuan investasi. Perhatikan juga kondisi lingkungan, termasuk kerawanan terhadap bencana alam seperti gempa dan banjir.

2. Potensi Pertumbuhan

Berhubung investasi properti termasuk investasi jangka panjang, pertimbangkan juga potensi pertumbuhan nilai properti di lokasi tersebut. Tinjau tren harga pasaran properti dalam beberapa tahun terakhir, serta cari tahu perencanaan pengembangan kota yang berpotensi meningkatkan nilai properti tersebut. 

Jika Anda merasa awam dan ragu memilih lokasi terbaik untuk investasi properti, maka Anda bisa berkonsultasi pada pihak ahli seperti notaris maupun investor profesional. Amati juga keterlibatan sistem zonasi yang berisiko menurunkan harga properti.

3. Dukungan Keamanan

Kemudian, pastikan lokasi yang Anda pilih aman dan terhindar dari bencana alam seperti banjir, gempa bumi, dan longsor. Amati juga ketersediaan dan dukungan sistem keamanan seperti CCTV, portal, dan security. Sebagai dukungan lebih besar Anda juga bisa mencari tahu kontrak layanan keamanan yang bisa Anda terima.

4. Harga Properti

Aspek penting yang terakhir dalam melaksanakan pemilihan lokasi tempat properti adalah memperhatikan harga properti di lokasi tersebut. Anda bisa mencari informasi harga pasar dari sumber terpercaya, baik secara online maupun offline

Pilih lokasi yang menawarkan harga properti yang stabil atau meningkat dari waktu ke waktu. Bila perlu ikuti lelang properti untuk menambah koneksi serta mempelajari harga pasar.

Cara Menerapkan Prosedur Pemilihan Lokasi Tempat Properti

Setelah mengetahui aspek penting dalam melaksanakan pemilihan lokasi tempat properti, kini Anda bisa mempelajari tahapan penerapannya. Umumnya, para investor akan melalui beberapa tahapan berikut ini:

1. Penelitian Mendalam

Tips pertama pastinya Anda harus melakukan penelitian mendalam terkait lokasi yang Anda pilih. Perhatikan segala aspek penting yang perlu Anda pertimbangkan dengan mencari informasi aktual sebanyak mungkin dari sumber terpercaya. 

2. Inspeksi Lokasi

Sebagai investor properti, Anda tak bisa memutuskan lokasi terbaik untuk investasi properti hanya dari data saja. Setidaknya Anda harus melakukan inspeksi atau kunjungan lapangan langsung ke lokasi yang Anda pilih. Periksa kondisi lingkungan secara aktual, apakah sesuai dengan data yang Anda miliki

3. Konsultasi dengan Ahli

Jika Anda masih ragu, tidak ada salahnya Anda melakukan konsultasi rencana investasi dengan ahli properti atau senior investor yang Anda jadikan mentor. Melalui pengalaman dan jam terbang yang lebih tinggi dalam menerapkan prosedur pemilihan lokasi tempat properti, insting dan keputusan ahli lebih bisa Anda percaya.

4. Mulai Buat Perencanaan Keuangan

Setelah yakin dengan data dan inspeksi, Anda bisa mulai membuat perencanaan keuangan yang matang. Pastikan Anda memiliki dana yang cukup untuk membeli properti serta tambahkan biaya-biaya lain seperti renovasi, perawatan, dan inflasi. Selepas itu Anda bisa mulai berinvestasi atau membeli properti tersebut.

Siap Pilih Lokasi Terbaik Untuk Investasi Properti?

Melaksanakan pemilihan lokasi terbaik untuk tempat investasi properti dengan seksama memang jadi faktor penting. Sebab, lokasi yang tepat akan menentukan pertumbuhan dan potensi properti di masa mendatang. 

Sebagai penutup, penting untuk diingat bahwa investasi properti adalah komitmen jangka panjang yang memerlukan penelitian, perencanaan, dan pengambilan risiko yang bijaksana. Jangan terburu-buru dalam pengambilan keputusan, lakukan riset dengan cermat, dan pertimbangkan aspek-aspek jangka panjang. 

Melalui penerapan tahapan dan memperhatikan aspek-aspek yang ada, peluang keberhasilan Anda dalam berinvestasi pasti akan meningkat. Semoga berhasil!

Baca Selengkapnya: Kesalahan Investasi Properti ini Musti Kamu Waspadai Efeknya

You May Also Like