6 Tips Membangun Rumah dengan Dana Terbatas, Pasti Hemat!

6 Tips Membangun Rumah dengan Dana Terbatas, Pasti Hemat!

Rumah adalah impian semua orang. Namun, menggapainya bukanlah hal yang mudah. Memiliki rumah memerlukan kesiapan matang yang perlu diperhatikan dan dipertimbangkan. Tujuannya  untuk meminimalisir kekeliruan saat proses pembangunan. Simak 6 tips membangun rumah dengan dana terbatas di artikel ini.

6 Tips Membangun Rumah dengan Dana Terbatas

Membangun rumah memerlukan banyak persiapan, khususnya bagi Anda yang memiliki dana terbatas. Berikut adalah 6 tips untuk membangun rumah, yaitu:

1. Memilih Lahan yang Kecil Tapi Aman

Jika Anda memiliki budget terbatas, memilih lahan yang kecil dapat membantu dalam mengatur dana. Namun, lahan ini harus bisa mencakup kebutuhan bangunan nantinya. 

Bukan hanya itu, lahan murah biasanya berada di pinggiran kota yang aksesnya sedikit ke dalam. Selain harganya yang murah, tanah tersebut biasanya memiliki pajak yang juga pasti relatif murah. 

Perlu Anda ketahui, coba untuk hindari tanah bekas tempat pembuangan sampah (TPS) atau makam. Terlebih lagi, perhatikan keamanan tahan tersebut dari kondisi geografi.

2. Gunakan Jasa Arsitek

Jika Anda tidak banyak tahu tentang pembangunan, Anda dapat menyewa arsitek untuk mendapatkan rumah impian. 

Membeli rumah dari developer dan menggunakan sistem KPR memang lebih murah. Namun, dengan menyewa jasa arsitek juga tak kalah menguntungkan. 

Arsitek dapat menyesuaikan perencanaan pembangunan rumah dengan dana yang Anda miliki. Cara ini juga dapat membuat pembangunan sesuai dengan kebutuhan serta hasil yang lebih terjamin.

3. Melakukan Pembangunan Secara Bertahap

Dana Anda tidak cukup untuk menyelesaikan pembangunan? Melakukan pembangunan secara bertahap adalah tips hemat membangun rumah terbaik.

Anda tidak harus menunggu dana untuk terkumpul untuk memulai proses pembangunan. Cobalah untuk membangun rumah secara bertahap mulai dari pondasi, dinding, kemudian atap.

Pembangunan bertahap memang memakan waktu. Tapi, ini akan membantu Anda memiliki fokus pada pembangunan di setiap tahapnya. Terlebih lagi, pembangunan seperti ini akan memudahkan Anda untuk mengumpulkan dana pembangunan secara berkala. 

4. Memilih Material Lokal

Tips membangun rumah selanjutnya adalah dengan menggunakan material lokal. Material bangunan berkualitas tidak harus mahal dan bukan produksi luar negeri. Jadi, untuk menghemat biaya, gunakan bahan bangunan lokal namun berkualitas.

Bahan bangunan lokal ini bukan hanya murah, tapi juga dapat didapatkan di toko bangunan terdekat. Pastinya, tidak semua bahan lokal itu murah. Ada juga yang mahal seperti tegel kunci dari Yogyakarta.

5. Mencari Material Bangunan yang Mudah Dirawat

Demi menunjang bangunan dengan desain sederhana, Anda harus menggunakan bahan bangunan yang juga mudah perawatannya.

Contohnya, memilih genteng yang terbuat dari bahan dasar metal. Genteng metal ini lebih awet, jika dibandingkan dengan genteng tanah liat.

Dalam segi perawatannya, genteng metal juga tidak terlalu sering membutuhkan perawatan. Sebaliknya, genteng berbahan tanah liat harus yang diganti secara berkala. 

Terlebih lagi, perawatan rumah bukanlah hal yang murah. Jadi, Anda harus benar-benar mempertimbangkan tips ini.

6. Menggunakan Rancangan Desain yang Sederhana

Tips hemat membangun rumah terakhir adalah memilih rancangan hunian yang sederhana. Memang tidak mudah, tetapi Anda bisa mencobanya. Banyak rumah di Indonesia memiliki desain terlalu heboh dengan berbagai ornamen yang kurang fungsional. Alhasil, rumah menjadi terlihat berlebihan dan tidak enak dipandang.

Rumah dengan desain rumit juga dapat membuat budget bahan bangunan membengkak. Rancangan desain rumah sederhana adalah pilihan terbaik untuk menjaga dana, namun tetap fungsional.

Yuk, Mulai Menerapkan Tips Membangun Rumah Ini!

Itulah 6 tips membangun rumah agar lebih hemat yang dapat Anda ikuti. Pertimbangkan berbagai tips tersebut agar mempermudah pembangunan rumah. Selain itu, dapat menghindari pengeluaran tak terduga dan mematangkan persiapan. Semoga tips ini dapat membantu Anda untuk mewujudkan rumah impian.

Baca Selengkapnya: Keuntungan Bangun Rumah Sendiri itu ada Banyak! Ini Buktinya

You May Also Like