10 Bank dengan Bunga KPR Tertinggi di Indonesia

10 Bank dengan Bunga KPR Tertinggi di Indonesia

Demi memiliki rumah yang diidam-idamkan, sebagian orang memilih untuk membelinya secara kredit melalui bank. Walau begitu, beberapa bank ternyata malah menerapkan bunga KPR tertinggi. Secara rata-rata menurut data Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Suku Bunga Dasar Kredit (SBDK) perbankan atas Kredit Pemilikan Rumah (KPR) adalah 8,66 persen.

Walau begitu, cukup banyak bank yang menerapkan suku bunga KPR lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata yang dikeluarkan pada bulan Oktober tahun 2022 tersebut. Sepuluh di antara bank dengan bunga KPR paling tinggi di Indonesia tersebut adalah sebagai berikut.

Bank Umum dengan Bunga KPR Tertinggi

Bank umum adalah bank yang beroperasi secara nasional dan memiliki kantor cabang yang tersebar di seluruh Indonesia. Secara keseluruhan terdapat 8 bank umum yang memiliki suku bunga KPR lebih tinggi dari bunga rata-rata perbankan, daftarnya adalah seperti di bawah ini:

Bank Neo Commerce (BNC)

Bank yang berdiri sejak 1990 dengan nama Bank Yudha Bhakti ini menjelaskan alasan menerapkan suku bunga KPR tinggi pada situs resminya, bankneocommerce.co.id. Dalam penjelasannya, bank yang menerapkan bunga KPR sebesar 13,14 persen tersebut menyampaikan bahwa salah satu kelebihannya adalah pengajuan yang lebih mudah disetujui.

Bank Capital Indonesia (BACA)

Bank Capital Indonesia memiliki 73 kantor cabang yang tersebar di berbagai kota besar seluruh Indonesia, seperti Jakarta, Tangerang, Bekasi, Bandung, Surabaya, Semarang, Solo, dan Kupang. Jika ingin mengajukan KPR, bank yang berdiri sejak tahun 1989 dengan nama Bank Credit Lyonnais Indonesia ini menawarkan suku bunga sebesar 13,11 persen.

Bank Amar Indonesia

Berdiri sejak 15 Maret 1991 dengan nama Amin Bank, bank yang kemudian diakuisisi oleh Tolaram Group ini memiliki kantor cabang di Surabaya dan DKI Jakarta. Melalui situs resminya di amarbank.co.id, Bank Amar Indonesia menawarkan Suku Bunga Dasar Kredit (SBDK) KPR sebesar 13 persen.

Bank Raya Indonesia

Bank dengan suku bunga KPR tertinggi selanjutnya adalah Bank Raya Indonesia. Bank ini merupakan anak perusahaan dari Bank Rakyat Indonesia (BRI), Bank Raya menawarkan suku bunga KPR mencapai 12,75 persen.

Bank Seabank Indonesia

Seabank merupakan salah satu bank umum berbasis digital yang memiliki kantor cabang tersebar di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Semarang, Padang, Banjarmasin dan Makassar. Beroperasi sejak tahun 1992 dengan nama Bank Kesejahteraan Ekonomi (BKE), Seabank saat ini memiliki produk KPR dengan suku bunga sebesar 12,22 persen.

Bank Mayapada International

Bank Mayapada yang merupakan milik salah satu pengusaha paling kaya di Indonesia versi Forbes, yaitu Dato’ Sri. Prof DR. Tahir, MBA ini menawarkan suku bunga KPR yang cukup besar mencapai 11,9 persen.

Bank J Trust Indonesia

Memiliki 44 kantor cabang yang tersebar di Indonesia, bank yang dimiliki oleh salah satu grup finansial besar di Jepang, J Trust Co., Ltd. telah terdaftar di Tokyo Stock Exchange. Dengan fokus usaha di bidang ritel, Bank J Trust Indonesia juga memiliki layanan KPR yang suku bunganya sebesar 11,85 persen.

Bank Sahabat Sampoerna

Bank Sahabat Sampoerna merupakan salah satu bank umum yang memiliki kantor cabang dan cabang pembantu di seluruh Indonesia. Suku bunga KPR yang ditawarkan oleh bank ini adalah 11,75 persen.

Bank Pembangunan Daerah dengan Bunga KPR Tertinggi

Umumnya bank pembangunan daerah menawarkan suku bunga KPR yang rendah, namun berbeda dengan BPD Nusa Tenggara Timur dan BPD Sulut Gorontalo yang bunganya termasuk tinggi. Suku bunga KPR yang ditawarkan oleh BPD Nusa Tenggara Timur adalah 11,82 persen, sedangkan BPD Sulut Gorontalo menawarkan bunga sebesar 11,78 persen.

Demikianlah daftar perbankan yang memiliki suku bunga KPR tertinggi di Indonesia.

Baca selengkapnya: 10 Bank dengan Bunga KPR Terendah di Indonesia!

You May Also Like