Beli Rumah atau Bangun Rumah? Manakah Yang Terbaik

Beli Rumah atau Bangun Rumah? Pilih Mana

Ada beberapa hal yang harus kamu pertimbangan jika dihadapkan dengan pilihan antara beli rumah atau bangun rumah. Salah satu hal utama yang harus dipertimbangkan oleh setiap orang adalah ketersediaan dana. Jika kamu mempunyai dana yang besar pastinya bebas memilih untuk bangun rumah sendiri atau beli rumah jadi. Beli rumah disini berarti membeli rumah jadi siap huni, sedangkan bangun rumah itu mulai membangun dari nol.

Rumah sebagai tempat tinggal akan berbeda dengan rumah sebagai investasi. Pastinya kamu menginginkan rumah dalam kondisi yang nyaman untuk meningkatkan kualitas hidup yang lebih baik bagi si pemilik rumah.


Kelebihan Beli Rumah Jadi

kelebihan beli rumah

Lebih praktis

Setelah booking rumah di developer, rumah tersebut akan bisa langsung ditempati. Bagi orang yang sibuk atau perlu segera menghuni suatu rumah, maka membeli tanpa membangun tentu bisa menjadi pilihan tepat.

Baca Juga : Bangun Rumah Sendiri Lebih Menguntungkan, Ini Buktinya

Punya Tabungan untuk Renovasi

Karena tidak mengeluarkan biaya untuk pembangunan, maka para pemilik rumah akan bisa menyimpan uang untuk tabungan renovasi. Setelah beberapa tahun ditempati pasti ada bagian rumah yang membutuhkan renovasi ringan maupun berat. Tabungan inilah yang bisa dialokasikan untuk memperbaiki atau meng-upgrade bangunan rumah.

Bisa dapat bonus

Biasanya developer perumahan memberikan banyak promo-promo menarik dengan berbagai skema pembayaran untuk menarik perhatian calon buyer. Kamu bisa mendapatkan banyak bonus atau bahkan potongan harga yang menakjubkan.


Kekurangan Beli Rumah Jadi

beli rumah atau bangun rumah

Desain yang tidak sesuai selera

Biasanya, rumah jadi memiliki desain template yang mirip dengan sekitarnya karena untuk memangkas biaya produksi. Kalaupun ada pengembang yang memberikan kebebasan mengubah desain bagian dalam rumah, akan sangat terbatas sekali seperti hanya boleh bentuk kamar tidur saja atau kamar mandi saja. Hanya sedikit perumahan yang pengembangnya memperbolehkan mengubah struktur desain dalam rumah secara penuh, salah satunya di Ayana Premier Cibubur yang terletak di Jatiranggon, Bekasi.

Alokasi lahan yang kurang memadai

Sering kita menemui luasan rumah lebih kecil dibandingkan luasan tanah. Biasanya karena alokasi tanah untuk parkiran, tetapi tidak jarang kita melihat luasan parkir yang terlalu besar sehingga memakan sisa tanah. Akan sulit bagi kita jika dikemudian hari ingin memperbesar rumah.

Sulit untuk direnovasi

Demi menekan biaya produksi, tentu pengembang menggunakan bahan bangunan yang pas-pasan dengan desain rumah. Sehingga, jika kita membeli rumah satu lantai, akan sangat beresiko jika kita ingin memperbesar rumah menjadi dua lantai kecuali kamu juga merubah struktur bangunan. Tetapi tentunya merubah struktur bangunan akan memakan waktu yang lebih lama dan dana yang tidak murah. Solusinya, kamu bisa memilih rumah tumbuh. Saat ini salah satu pengembang yang selalu membuat rumah tumbuh adalah Gethome. Kamu bisa mengecek rumah apa saja yang ada dan sesuai dengan selera kamu disini.

Baca selengkapnya: Apa itu rumah tumbuh?

Harga yang mahal

Kita tentu tau bahwa jika membeli rumah siap huni dari developer akan cukup mahal. Akan tetapi, rumah tersebut sudah siap kamu huni tanpa perlu khawatir ditipu oleh pemborong bahan bangunan atau tukang yang tidak profesional.


Kelebihan Bangun Rumah Sendiri

BELI RUMAH ATAU BANGUN RUMAH? PILIH MANA?

Bisa desain sesuai keinginan

Saat ini sudah banyak orang yang membuat rumah sesuai keinginan dan kebutuhannya. Berapa ruangan yang dibutuhkan, bagaimana tata letaknya, serta hal-hal lain yang bisa diatur sendiri dengan diskusi bersama tim. Rumah yang dibangun sendiri tentunya akan sangat berkesan karena dibangun oleh sentuhan detail dari kreativitas sang pemilik.

Bisa menyesuaikan dengan budget

Berbeda dengan rumah jadi yang tipenya seragam dan membutuhkan biaya pasti, pembangunan rumah bisa menyesuaikan budget pemiliknya. Pembangunan yang menyesuaikan budget ini sangat cocok dilakukan oleh seseorang yang berwirausaha. Karena keuntungannya tidak menentu, maka ketika belum ada biaya pembangunan bisa di stop dulu sambil menunggu ketersediaan dana.

Harga tanah lebih murah daripada rumah jadi

Dibandingkan dengan membeli rumah jadi, harga tanah memang bisa dikatakan lebih murah. Jika kamu belum memiliki budget yang cukup kamu bisa membeli tanah terlebih dahulu. Jadi, bangunan rumah bisa dicicil sedikit demi sedikit ketika ada biaya.


Kekurangan Bangun Rumah Sendiri

Beli rumah atau bangun rumah

Biaya yang lebih mahal

Bukan hal yang biasa jika biaya yang kamu keluarkan untuk membangun rumah sendiri akan lebih mahal. Pasalnya kualitas bahan tentu akan sangat kamu perhatikan, desain rumah yang hanya khusus untuk kamu, harus lebih dahulu mempersiapkan tanah. Selain itu, akan semakin bengkak dengan penggunaan jasa tukang yang belum tentu kamu ketahui kualitas kerjanya, dan lain-lain. Belum jika terjadi kesalahan prosedur dalam pembangunan sehingga kamu perlu membeli kembali bahan bangunannya.

Proses rumit

Pada sisi kepraktisan, tentu membangun rumah sendiri sangat tidak praktis. Kamu perlu selalu mengawasi, mencari supplier, tukang, dan arsitek, hingga mengurus dokumen legalitas yang cukup panjang. Rentetan prosedur itu akan sangat memakan waktu, biaya, dan tenaga kamu.

Potensi tertipu

Tidak jarang kita mendengar keluh kesah orang yang telah membangun rumahnya sendiri bahwa mereka ditipu oleh supplier, mandor, ataupun tukang. Mencari orang yang dapat kamu percaya untuk membangun hunian idaman kamu bukan suatu hal yang dapat dengan mudah kamu temui di jalan. Jika sudah tertipu, kamu akan menderita banyak kerugian, mulai dari waktu, tenaga, dan dana.

Pengawasan Extra

Kita juga sering mendengar kata “tukang nakalan”. Bukan hanya tukang, tapi mandor dan supplier material pun juga sering nakalan. Contohnya seperti kualitas bahan material yang dikurangi hingga cara penurunan bahan material yang sembarangan sehingga banyak yang mengalami kerusakan. Jika tidak kamu awasi, hal tersebut mungkin saja terjadi kepadamu.

Beli rumah atau bangun rumah sebenarnya sama-sama memiliki keuntungan dan kekurangannya masing-masing. Beberapa poin di atas bisa kamu jadikan pertimbangan untuk mendapatkan hunian impian.

Jika kamu adalah seseorang yang anti-ribet, maka membeli rumah bisa menjadi solusi yang tepat bagi kamu. Tapi, jika kamu adalah orang yang penuh kreativitas dan menyukai sebuah proses, maka membangun rumah adalah pilihan yang terbaik.

Beli Rumah atau Bangun Rumah? Pilih Mana
Previous Post

No more post

You May Also Like