Plafon Gypsum: Manfaat, Kelebihan, Kekurangan dan Harganya

Plafon Gypsum: Manfaat, Kelebihan, Kekurangan dan Harganya

Jika Homers berencana untuk membangun atau merenovasi rumah maupun bangunan, penggunaan plafon gypsum untuk bagian langit-langit patut dipertimbangkan sebagai penambah estetika. Selain estetika, pemilihan bahan plafon tentu akan berpengaruh terhadap kenyamanan dan keamanan bangunan. Karena itulah pemilihan bahannya harus dipikirkan secara matang.

Sebenarnya plafon gypsum hanyalah salah satu di antara bahan plafon yang tersedia, seperti tripleks, PVC dan asbes. Walau begitu, penggunaan plafon gypsum lebih populer dibanding bahan lainnya.

Apa yang menyebabkan gypsum lebih populer? Artikel ini akan membahas lengkap tentang manfaat, serta kelebihan yang menjadikan plafon gypsum lebih banyak dipilih. Yuk, simak sampai tuntas!

Mengenal Plafon Gypsum dan Manfaatnya

Plafon merupakan langit-langit pembatas antara atap atau genting dengan ruangan, bisa juga disebut sebagai penutup bagian atas rumah dan bangunan. Bahan gypsum yang umum digunakan sebagai plafon, terbuat dari bahan mineral yang dominan kadar kalsiumnya. Selain untuk bangunan, bahan ini juga dipakai sebagai perekat, pengental dan pupuk.

Selain sebagai plafon, pemakaian bahan gypsum pada bangunan memiliki manfaat seperti berikut ini:

  • Penyekat dinding atau tembok
  • Ornamen hiasan kamar mandi
  • Bahan perekat atau plester
  • Bahan pembuat semen

Kelebihan dan Kekurangan Plafon Gypsum

Jika dibandingkan dengan bahan lainnya, plafon gypsum memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan, antara lain adalah:

Kelebihan

  1. Banyak Variasi Desain dan Motif. Plafon gypsum memiliki berbagai ukuran, desain dan motif yang berbeda. Hal ini karena memang pemanfaatannya yang juga bervariasi. Ketebalan gypsum ada yang hanya 9 milimeter dan ada juga yang 15 milimeter. Jadi harus cermat menentukan pilihan yang tepat untuk diterapkan pada rumah atau bangunan Homers.
  2. Membuat Ruangan Lebih Sejuk. Kandungan mineral dengan dominasi kalsium membuat bahan gypsum mampu menyerap panas, sehingga suhu di dalam rumah akan terasa lebih sejuk.
  3. Mudah Dipasang dan Diganti Bila Rusak. Plafon gypsum sangat mudah untuk dipasang dan dicopot apabila rusak. Jadi menggunakannya akan mempersingkat waktu pembangunan maupun renovasi rumah Homers.
  4. Harga Termasuk Murah. Jika dibandingkan plafon berbahan lain, plafon gypsum termasuk murah harganya, karena dihitung per lembar bukan per meter.

Kekurangan

  1. Tidak Tahan Air dan Kelembapan. Dibandingkan bahan lain seperti PVC, plafon gypsum cukup rentan terhadap air. Kebocoran atap bisa menimbulkan bercak pada plafon, bila tidak segera ditangani maka plafon bisa rusak dan roboh.
  2. Mudah Rusak Akibat Benturan. Selain rentan terhadap air dan kelembapan, plafon gypsum juga rentan terhadap benturan. Karena itu saat membersihkan langit-langit, hindari menekan plafon terlalu keras.
  3. Mudah Kusam. Karena tidak tahan air dan kelembapan, plafon ini berisiko untuk berjamur saat musim hujan atau curah hujan sangat deras. Sehingga permukaannya akan tampak bercak-bercak dan kusam.

Daftar Harga Plafon Gypsum

Sebagai dasar untuk menentukan pilihan, berikut ini adalah daftar harga beberapa plafon gypsum yang berlaku saat ini:

Merk Produk dan KetebalanKetebalan (mm)Harga per Lembar
Jayaboard Sheet Rock6.5Rp 65.000
Jayaboard Firestop16Rp 175.000
Jayaboard Wet-Area Optimum12Rp 159.000
Jayaboard Indo Board9Rp 65.000
Jayaboard Heatstop9Rp 90.000
Elephant Standard12Rp 80.000
Elephant Moisture9Rp 70.000
Elephant Fire Resistant9Rp 100.000
Aplus12Rp 55.000
Aplus Water Resistant9Rp 77.000
Aplus G-Strength9Rp 57.000
Aplus Sound12Rp 220.000
Knauf9Rp 53.000
Knauf MoistureShield12Rp 125.000
Gyproc9Rp 65.000
Indoboard12Rp 105.000

Itulah manfaat serta kelebihan dan kekurangan dari plafon gypsum. Semoga bisa jadi pertimbangan Homers dalam memilih plafon rumah.

Jika Homers ingin membaca artikel seputar inspirasi, tips, dan trik menarik lainnya, segera kunjungi blog Gethome!

Baca selengkapnya: 7 Inspirasi Plafon Rumah Minimalis untuk Percantik Hunian!

You May Also Like