Pengertian Meja Granit, Kelebihan hingga Cara Memasangnya

Pengertian Meja Granit, Kelebihan hingga Cara Memasangnya

Meja granit menjadi pilihan yang semakin populer dalam desain interior rumah masa kini. Kehadirannya bukan hanya memberikan sentuhan elegan, tetapi juga menawarkan keunggulan dalam hal ketahanan. Jika Homers sedang merancang tempat tinggal impian, pertimbangkan untuk menggunakan material granit sebagai pilihan utama.

Apa Itu Meja Granit?

Granit merupakan salah satu jenis batuan beku yang mempunyai karakteristik warna cerah. Batuan ini terbentuk melalui proses pembekuan magma yang terjadi di dalam kerak bumi. Unsur-unsur utama yang menyusunnya, meliputi mineral feldspar, mika, dan kuarsa.

Dalam dunia industri, granit dipercaya memiliki kepadatan lebih tinggi daripada marmer. Hal ini menjadikannya sebagai opsi terbaik untuk lantai maupun permukaan meja dapur. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika perabotan berbahan granit cenderung mempunyai harga yang mahal. 

Lebih dari itu, granit memiliki beberapa ciri khas yang membedakannya dengan batuan jenis lain. Batuan ini bersifat asam dan mengandung butiran kristal yang berukuran besar. Tekstur dari butiran tersebut dikenal dengan istilah phaneritic karena tidak mudah retak atau berlubang akibat pelepasan gas.

3 Kelebihan Perabot Berbahan Granit

Sebelum memutuskan untuk membeli meja granit, sebaiknya Homers mengetahui kelebihannya terlebih dahulu.

1. Tampilan Corak Menarik

Karakteristik utama batuan granit terletak pada permukaannya yang berpola garis abstrak. Tidak ada kemungkinan untuk menemukan dua batu bermotif sama persis. Selain itu, granit juga memberikan kesan kemewahan dalam desain rumah minimalis.

2. Daya Tahan Unggul

Perabot berbahan granit mempunyai daya tahan luar biasa. Homers tidak perlu khawatir jika permukaannya tergores pisau atau terkena benturan ringan. Dengan ketahanan yang tinggi, Homers dapat menggunakannya selama bertahun-tahun.

3. Perawatan Tidak Rumit

Membersihkan perabot berbahan granit ternyata cukup mudah. Homers hanya perlu menggunakan larutan air dan sabun untuk menjaga kilau alaminya. Selain itu, permukaan granit sulit membuat kotoran dan debu untuk menempel. 

3 Kekurangan Perabot Berbahan Granit

Meskipun mempunyai banyak kelebihan, meja granit juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu Homers pertimbangkan.

1. Harga Relatif Mahal

Granit merupakan material yang relatif mahal. Biaya instalasi dan pembeliannya bisa jauh lebih tinggi daripada bahan lainnya, seperti laminasi atau kayu. Namun, jika Homers mengutamakan ketahanan, granit dapat menjadi investasi terbaik. 

2. Bahan Cenderung Berat

Bahan granit mempunyai massa yang cenderung sangat berat. Hal Ini bisa menjadi masalah apabila ingin memindahkannya. Selain itu, jika struktur rumah Homers tidak dirancang untuk menahan beban berat, instalasi meja granit akan terhambat.

3. Struktur Permukaan Berpori

Selanjutnya, batuan granit memiliki permukaan yang berpori. Apabila pengerjaannya tidak benar, maka dapat berpotensi menyerap minyak, saus, dan bahan cair lainnya. Dengan begitu, meja yang seharusnya bersih justru menjadi sarang kuman dan bakteri.

Variasi Harga Meja Berbahan Granit

Harga meja granit bervariasi tergantung pada ukuran, jenis, ketebalan, desain, dan merek. Berikut adalah kisaran harga berdasarkan ukurannya:

  • Meja berbahan granit berukuran kecil sekitar 60×60 cm sampai 80×80 cm berkisar antara Rp1.000.000 hingga Rp3.000.000.
  • Meja berukuran sedang sekitar 80×100 cm sampai 120×120 cm mempunyai harga sekitar Rp2.000.000 hingga Rp6.000.000.
  • Meja berukuran besar, lebih dari 120×120 cm mempunyai kisaran harga Rp5.000.000 hingga Rp15.000.000 atau lebih.

Perlu Homers catat bahwa harga tersebut hanyalah perkiraan kasar. Sebaiknya, Homers memeriksa secara langsung ke toko penjual granit untuk mendapatkan harga yang lebih akurat.

Bagaimana Cara Memasang Granit?

Proses pemasangan granit pada perabot di rumah membutuhkan keahlian khusus dan peralatan yang tepat. Umumnya, hal ini hanya dapat dilakukan oleh seorang profesional yang telah berpengalaman. 

Tahap awalnya yaitu mengukur dan memotong granit sesuai dengan bentuk perabot Homers. Setelah itu, memasangnya di atas rangka yang kuat menggunakan perekat khusus. Proses ini memerlukan kehati-hatian agar terpasang dengan kokoh dan rata.

Pilih Meja Granit, Awet untuk Jangka Panjang!

Meja granit adalah pilihan terbaik untuk Homers yang menginginkan keindahan dan kekuatan dalam satu paket. Walaupun harganya cenderung tinggi, namun bahan ini akan bernilai jangka panjang. Jadi, jika Homers hendak mengganti meja di rumah, pertimbangkan bahan granit yang terbukti awet dan elegan.

Apabila hunian Homers ingin menggunakan bahan granit ini, maka Homers bisa menggunakan jasa Getart untuk menciptakan desain yang mumpuni sesuai keinginan.

Di Getart, Homers bisa melakukan konsultasi secara GRATIS lho. Tertarik? Jangan lupa unduh aplikasinya di Play Store dan App Store!

Baca Selengkapnya: 5 Inspirasi Meja Wastafel Kamar Mandi yang Estetik dan Mewah

Pengertian Meja Granit, Kelebihan hingga Cara Memasangnya
Next Post

No more post

You May Also Like