Apa Itu Fasilitas Umum Perumahan? Ini Manfaat dan Jenisnya!

Apa Itu Fasilitas Umum Perumahan? Ini Manfaat dan Jenisnya!

Ketika sedang mempertimbangkan untuk membeli rumah, fasilitas umum atau fasum perumahan tentu menjadi aspek yang harus Homers perhatikan. Sebab, fasum pada dasarnya dibutuhkan untuk mendukung berbagai aktivitas dari orang yang tinggal dalam lingkungan tersebut. 

Keberadaan fasum dalam perumahan juga bisa menciptakan kerukunan warga, karena semua orang yang tinggal akan memiliki ruang untuk bisa berkumpul dan menghabiskan waktu bersama. Lantas, apa saja jenis, manfaat, dan tingkatan fasum? Simak penjelasan lengkapnya dalam ulasan berikut!

Apa Itu Fasilitas Umum?

Tiap perumahan umumnya memiliki berbagai fasilitas yang ditawarkan, termasuk fasum yang dapat digunakan bersama-sama. Fasum sendiri merupakan sarana dan prasarana untuk orang-orang yang tinggal dalam suatu lingkungan, sehingga mereka dapat melakukan kegiatan sosial atau memenuhi kebutuhannya.

Keberadaan fasum perumahan dinilai penting untuk aktivitas masyarakat, sehingga pemerintah menerapkan aturan baku perihal ini. Salah satu aturan terkait fasilitas umum juga tercantum dalam Pasal 3 UU Nomor 1 Tahun 2011 mengenai perumahan dan permukiman. 

Bahkan dalam UU tersebut dijelaskan bahwa pengelola perumahan wajib menyediakan sarana dan prasarana. Pengelola harus mengalokasikan lahan untuk pembangunan fasum demi menyokong aktivitas warga.

Manfaat Fasilitas Umum

Pada dasarnya, fasum memiliki manfaat sebagai sarana beraktivitas warga. Namun, berbagai manfaat fasum secara lengkap adalah sebagai berikut!

1. Ruang Terbuka yang Sehat

Ruang terbuka seperti taman, lapangan, maupun area hijau tentu penting dalam sebuah perumahan. Sebab, area ini akan menjadi tempat rekreasi, olahraga, berkumpul, hingga relaksasi masyarakat demi melepas penat.

2. Menjalin Keakraban dalam Masyarakat

Keharmonisan merupakan hal penting dalam kehidupan bermasyarakat. Keberadaan fasilitas umum ternyata dapat memberikan warga kesempatan untuk berinteraksi, bermain, hingga berpartisipasi dalam kegiatan sosial. Sehingga, hubungan antar sesama bisa terjalin lebih erat dan harmonis.

3. Meningkatnya Nilai Properti

Tidak hanya bermanfaat untuk warga, fasum perumahan juga dapat meningkatkan nilai properti. Sebab semakin lengkap sarana dan prasarana yang ditawarkan, tentunya akan semakin menarik minat investor dan pembeli rumah.

4. Meningkatkan Kualitas Hidup

Faktanya, fasum perumahan yang memadai akan meningkatkan kualitas hidup warganya. Misalnya, adanya prasarana olahraga yang memadai akan memberi kemudahan warga setempat berolahraga sehingga akan terjadi peningkatan pada kesehatan fisik.

Tingkatan Fasilitas Umum

Tahukah Homers bahwa fasilitas umum memiliki beberapa tingkatan khusus? Mengetahui tingkatan fasum juga akan membuat Homers bisa mengecek kelengkapan sarana suatu perumahan dengan lebih mudah. Berikut penjelasan lengkapnya.

1. Fasilitas Tingkat Bawah

Fasum tingkat bawah merujuk pada sarana dan prasarana yang digunakan oleh komunitas tertentu saja. Contohnya adalah lapangan bulu tangkis di dalam perumahan.

2. Fasum Tingkat Menengah

Fasilitas umum tingkat menengah merujuk pada sarana dan prasarana yang dapat melayani beberapa warga atau orang dari berbagai komunitas. Contohnya adalah Taman Pendidikan Alquran (TPA) dan sekolah.

3. Fasum Tingkat Tinggi

Fasum tingkat tinggi merujuk pada sarana dan prasarana yang mencakup wilayah lebih luas, seperti kota besar atau metropolitan. Contohnya adalah pusat perbelanjaan besar dan rumah sakit.

Jenis-Jenis Fasilitas Umum Perumahan

Jenis fasum di dalam perumahan tentu sangat beraneka ragam. Berikut beberapa di antaranya.

1. Sekolah

Fasum pendidikan seperti sekolah, Taman Bermain Kanak-kanak, TPA, hingga tempat les merupakan hal yang sangat penting. Sebab, banyak orang pasti akan lebih tertarik jika sekolah anak-anak dekat dengan rumah.

2. Klinik dan Rumah Sakit

Klinik dan rumah sakit merupakan bagian dari fasum kesehatan. Adanya klinik atau rumah sakit yang dekat tentu akan memudahkan warga untuk datang ketika membutuhkan bantuan medis.

3. Pusat Perbelanjaan

Semua orang pasti memiliki kebutuhan untuk membeli barang dan makanan. Karena itu, fasilitas umum berupa pusat perbelanjaan seperti supermarket, minimarket, atau pasar akan memudahkan masyarakat memenuhi kebutuhan hariannya.

4. Fasilitas Transportasi

Keberadaan sarana transportasi seperti bandara, terminal, dan stasiun tentu akan memudahkan warga ketika ingin bepergian. Sebab, warga bisa mengakses angkutan umum tanpa kesulitan.

5. Fasilitas Keamanan

Fasum satu ini wajib ada dalam sebuah perumahan. Sebab, keberadaan pos jaga, pos lapor, hingga CCTV akan menjadi langkah antisipasi dan pemantauan segala bentuk kejahatan. Sehingga keamanan dan kenyamanan warga akan lebih terjamin.

Sudah Tahu Apa Saja Fasilitas Umum yang Harus Ada di Perumahan?

Setelah memahami tentang fasilitas umum perumahan, sekarang Homers bisa lebih bijak dalam membuat keputusan untuk membeli rumah.

Nah, apabila Homers hendak memiliki hunian yang lengkap dengan fasilitas umum seperti yang telah dijelaskan di atas, coba deh kunjungi website resmi Gethome! Siapa tau perumahan di Gethome cocok untuk Homers.

Dengan berbagai fasilitas umum yang lengkap di perumahan Gethome, harganya pun tergolong ramah dikantong karena mulai dari Rp600 jutaan saja lho. Tertarik? Segera kunjungi website Gethome dan dapatkan harga fantastisnya!

Baca Selengkapnya: 5 Fasilitas Wajib Di Perumahan

You May Also Like