Ketahui Fungsi Wall Panel dan 4 Cara Menjaganya agar Awet!

Ketahui Fungsi Wall Panel dan 4 Cara Menjaganya agar Awet!

Homers mungkin sudah tidak asing dengan wallpaper dinding yang banyak digunakan sebagai hiasan tembok rumah, sama halnya dengan panel dinding atau wall panel yang menjadi alternatif lain dari wallpaper dinding karena dinilai lebih tahan lama.

Seperti apa bentuk dari material dekorasi dinding rumah tersebut? Artikel di bawah ini akan mengulas seputar panel dinding, fungsi, dan cara perawatannya agar tahan lama.

Apa Itu Wall Panel?

Sesuai dengan namanya, wall panel adalah material dekorasi yang berbentuk lembaran papan tipis untuk menutupi permukaan dinding, baik secara keseluruhan atau hanya beberapa bagian saja. Panel dinding ini terdapat beberapa jenis bahan yaitu kayu, PVC, dan karet dengan motif beragam.

Pemasangan material ini dapat diaplikasikan ke permukaan dinding dan dapat diukur sesuai kebutuhan hunian Homers lho. Sebab,bentuknya berupa lembaran, tentu material ini sangat ringan dibawa dan diaplikasikan ke dinding rumah.

Fungsi Wall Panel

Material ini memiliki beragam kegunaan yang bisa memberikan kenyamanan bagi penghuni rumah. Lalu apa saja fungsi dari panel dinding ini?

1. Meningkatkan Estetika

Panel dinding terkenal sebagai material dekorasi yang dapat mempercantik tampilan rumah sesuai dengan selera penghuninya. Itu mengapa fungsi utama dari panel ini dapat meningkatkan estetika suatu hunian.

2. Mengatasi Kerusakan Dinding

Jika Homers menempati hunian dengan kondisi bangunan yang sudah cukup tua, kemungkinan ada beberapa lapisan dinding yang akan terlihat tidak rata atau rusak. Tentu masalah ini dapat Homers selesaikan dengan menggunakan panel dinding yang bisa menutupi ketidaksempurnaan pada tembok rumah.

3. Menyembunyikan Kabel Listrik

Pemasangan kabel listrik untuk alat elektronik seperti TV, AC, WiFi, dan kulkas seringkali mengganggu pandangan dan membuat rumah terlihat berantakan. Jadi, Homers perlu menyembunyikannya dengan panel dinding agar permukaan tembok terlihat rapi.

Cara Menjaga Wall Panel Dinding agar Tahan Lama

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, panel dinding terbuat dari bahan berupa kayu, PVC, atau karet sehingga perlu mendapat perawatan yang tepat agar tidak cepat rusak. Untuk menjaga material ini agar tahan lama, Homers bisa menerapkan tips seperti di bawah ini.

1. Bersihkan secara Rutin

Material dekoratif yang terpasang di area dinding sangat rentan terkena kotoran debu atau cipratan yang membandel. Maka dari itu, penting untuk selalu membersihkan seluruh area panel dinding secara rutin.

Untuk menghilangkan partikel debu, Homers bisa menggunakan kemoceng atau kain kering. Namun, jika noda yang menempel berupa cipratan air, sebaiknya gunakan cairan pembersih khusus dan gosok secara perlahan dengan kain lembut.

2. Hindari Sinar Matahari

Merawat panel dinding agar lebih tahan lama sangat penting untuk menjaga tampilan warna tetap cerah. Tentunya, penggunaan panel ini harus jauh dari jangkauan sinar matahari secara langsung.

Meski begitu, pemasangan panel dinding di dalam ruangan juga tetap berpotensi membuat warnanya memudar. Namun, hal tersebut masih bisa Homers cegah dengan pemasangan tirai atau gorden jendela.

3. Jaga Permukaan Tetap Kering

Permukaan panel dinding sangat sensitif terhadap air sehingga tidak cocok jika pemasangannya untuk area dapur atau kamar mandi. Alasannya karena ketika panel dinding terkena air, maka lapisan kertas dan laminasi pada desain panel ini akan cepat rusak. 

Oleh karena itu, penting untuk menjaga permukaan lembaran panel tetap kering. Adapun wall panel dinding sangat cocok untuk ruangan seperti kamar tidur atau ruang keluarga.

4. Tutup Permukaan Dinding saat Renovasi

Saat merenovasi rumah, entah itu mengecat ulang dinding, mengganti lantai, atau melakukan perbaikan bagian hunian lainnya, sebaiknya tutupi beberapa area dan furniture agar tidak rusak.

Tentu hal ini juga berlaku pada seluruh permukaan dinding rumah. Penutupan panel dinding tentu saja bertujuan untuk mengantisipasi agar lapisan dinding tidak terkena cairan, kotoran, atau risiko lainnya yang bisa merusak panel dinding.

Sudah Siap Pasang Wall Panel Dinding di Rumah Sendiri?

Itu dia penjelasan tentang apa itu wall panel beserta dengan fungsi dan cara perawatannya. Jika Homers memutuskan untuk menggunakan material dekorasi dinding ini, jangan lupa untuk menerapkan tips di atas agar panel dinding bisa bertahan lama. Tertarik memakan panel dinding di rumah?

Apabila Homers ingin mencari artikel lainnya seputar konstruksi, arsitektur, beserta tips dan trik terkait rumah tangga, kunjungi blog Gethome sekarang juga!

Baca Selengkapnya: Mengenal Rumah Skandinavian: Konsep Hunian Berkonsep Natural

Ketahui Fungsi Wall Panel dan 4 Cara Menjaganya agar Awet!
Next Post

No more post

You May Also Like