5 Ide Desain Rumah Minimalis Bergaya Kekinian dan Nyaman

5 Ide Desain Rumah Minimalis Bergaya Kekinian dan Nyaman

Selain menjadi aset penting, rumah juga merupakan salah satu benda yang harus selalu ada dalam kehidupan. Banyak kalangan masyarakat bekerja keras untuk memiliki desain rumah yang nyaman. Ingin tahu ide desain rumah terbaik? Temukan inspirasi desain rumah minimalis Homers pada artikel berikut yuk!

Sudah sangat umum bagi Homers untuk mengetahui apa itu rumah. Tetapi, tahukah Homers fakta menarik tentang rumah? Simak penjelasan paling lengkap seputar rumah hunian di bawah. 

Pengertian Rumah

Arti “rumah” sudah diatur dalam UU Nomor 4 Tahun 1992 tentang Perumahan dan Permukiman. UU tersebut menjelaskan bahwa rumah adalah sebuah bangunan yang berfungsi sebagai tempat tinggal dan sarana pembinaan keluarga. 

Nyatanya, tidak hanya fungsi rumah saja yang perlu menjadi perhatian, namun juga pemilihan desain. Dewasa ini, terdapat banyak pilihan desain rumah yang bisa menjadi opsi Homers jika ingin memiliki rumah yang nyaman. Salah satu desain yang sering menjadi pilihan masyarakat adalah rumah minimalis sederhana.

Rumah minimalis sejatinya adalah bangunan rumah yang memiliki desain sederhana dan fungsional. Penggunaan perabotan hingga pemilihan eksterior bangunan yang sederhana membuat bangunan rumah terlihat lebih luas dan bersih. 

Ciri-Ciri Desain Rumah Minimalis Sederhana

Sesuai dengan namanya, hunian minimalis memiliki ciri khas tersendiri jika dibandingkan dengan konsep modern lainnya. Berikut ini adalah ciri-ciri umum dari rumah minimalis sederhana yang sedang tren saat ini.

  • Tata ruang bangunan sederhana, pemilihan warna cat yang polos dan bersih, serta penggunaan ruangan secara sederhana. Pembangunan optimal pada hunian minimalis bisa didirikan dengan konsep 2 lantai.
  • Penggunaan jendela secara maksimal juga termasuk dari ciri khas desain rumah minimalis 2 lantai.
  • Selanjutnya, ciri dari hunian minimalis adalah penggunaan pembatas ruangan yang minim.
  • Selain bentuk bangunan, konsep minimalis memiliki ciri khas pada interior dalam yang sederhana.
  • Konsep hunian minimalis dapat Homers bisa lihat dari penggunaan warna dinding bangunan yang dominan putih dan memberikan kesan bersih.

Ide Desain Rumah Minimalis 2 Lantai

Bagi Homers yang sedang mencari ide desain untuk hunian minimalis 2 lantai? Di bawah ini ada beberapa inspirasi desain yang bisa Homers gunakan untuk referensi. 

1. Rumah Minimalis Model Industrial

Desain sederhana untuk bangunan hunian Homers yang pertama adalah model industrial. Model ini memiliki ciri khas hunian stylish dan terletak pada lokasi industri yang strategis. Lokasi yang strategis ini memberikan akses mudah bagi penghuni untuk menjangkau berbagai infrastruktur dan fasilitas publik.

2. Rumah Minimalis 2 Lantai dengan Ukuran 6×12

Desain rumah minimalis dengan ukuran 6×12 memiliki ukuran yang besar dengan 2 kamar tidur besar dan 3 kamar tidur kecil. Homers bisa menambahkan carport di halaman depan yang juga bisa menjadi balkon atau teras.

3. Desain Minimalis Tanpa Pagar

Desain dari bangunan hunian minimalis identik dengan ruangan yang luas dan fungsional. Homers bisa memilih desain tanpa pagar agar halaman depan terlihat lebih luas dan tidak terlalu banyak sekat.

4. Desain Rumah Minimalis Konsep Tropis

Selayaknya nama dari konsep bangunan tropis, konsep hunian minimalis dengan 2 lantai ini memiliki eksterior yang dominan dengan elemen kayu dan batu alam. Konsep seperti ini akan memberikan kesan yang nyaman dengan suasana alam alami yang tenang dan sejuk.

5. Desain Minimalis dengan Kaca Besar

Konsep minimalis untuk bangunan hunian identik dengan denah yang luas dan rapi. Oleh sebab itu, Homers bisa mempertimbangkan untuk memilih konsep bangunan dengan kaca besar untuk setiap fasad bangunan. Kaca besar akan memberikan kesan bersih dengan sirkulasi udara dan sinar matahari yang masuk secara optimal.

Berapa Estimasi Biaya Membangun Rumah Minimalis 2 Lantai?

Membangun hunian sederhana dengan 2 lantai menjadi opsi terbaik untuk mengoptimalkan budget pembangunan. Ada beberapa hal yang perlu Homers perhatikan untuk estimasi biaya bangun hunian sederhana 2 lantai, yaitu:

  • Harga sebidang tanah sekitar 200 m2 dengan estimasi Rp200.000.000.
  • Biaya tenaga pembangun untuk sekitar 180 hari dan 10 orang dengan fee Rp100.000/orang = Rp.180.000.000.
  • Biaya material estimasi paling tinggi Rp450.000.000.
  • Siapkan biaya darurat sebesar 15% dengan estimasi Rp67.500.000.

Jika dijumlahkan, seluruh estimasi biaya di atas adalah Rp897.000.000. Jika Homers punya biaya lebih, bisa dipersiapkan sebagai tambahan, 

Apakah Desain Rumah Minimalis dengan 2 Lantai Optimal?

Desain hunian nyaman dan sederhana dengan 2 lantai menjadi opsi utama bagi banyak kalangan. Selain karena desain yang fungsional dan optimal dari berbagai segi, ada pula faktor lainnya yang menjadi pertimbangan, yaitu budget

Estimasi biaya pembangunan desain desain rumah minimalis dapat dihitung dari berbagai faktor. Hasil perhitungan panjang menyebutkan bahwa Homers bisa membangun hunian sederhana dengan budget sekitar Rp800.000.000. Ternyata konsep hunian modern sederhana tidak memerlukan budget yang terlalu tinggi!

Nah, bagi Homers yang ingin memiliki rumah minimalis 2 lantai maka Homers bisa mengecek katalog Gethome sebagai bahan pertimbangan. Di Gethome nantinya Homers bisa memilih hunian impian sesuai keinginan mulai dari 600 jutaan!

Kabar gembiranya, kini Homers sudah bisa mengunduh aplikasinya secara gratis di Play Store dan App Store! Selamat mencoba.

Baca Selengkapnya: Pengertian Fasad Rumah, Fungsi, Jenis hingga Ragam Desainnya

5 Ide Desain Rumah Minimalis Bergaya Kekinian dan Nyaman
Next Post

No more post

You May Also Like