Kelebihan dan Kekurangan Panel Surya beserta Cara Kerjanya!

Kelebihan dan Kekurangan Panel Surya beserta Cara Kerjanya!

Panel surya telah menjadi ikon energi terbarukan di zaman sekarang ini. Nah, untuk memahami apakah panel surya merupakan pilihan yang tepat untuk kebutuhan energi Homers, penting untuk mengetahui apa kelebihan dan kekurangan panel surya

Sebab, banyak yang percaya bahwa panel surya menjanjikan potensi besar dalam menyediakan energi bersih dan berkelanjutan untuk masa depan. Sehingga, kita harus memahami keberadaan teknologi ini. Mari jelajahi lebih dalam mengenai kelebihan dan kekurangan panel surya dan juga cara kerjanya dalam artikel ini.

Pengertian Panel Surya

Panel surya, yang juga dikenal sebagai teknologi fotovoltaik, adalah perangkat yang mengubah sinar matahari menjadi energi listrik yang dapat digunakan untuk memenuhi berbagai kebutuhan energi kelistrikan.

Ada banyak contoh penggunaan panel surya di berbagai bidang kehidupan. Mulai dari pembangkit listrik tenaga surya untuk rumah tangga dan komersil, lampu penerangan jalan umum, dan kendaraan listrik bertenaga matahari.

Dengan kemampuan mereka untuk menyediakan energi bersih dan berkelanjutan, panel surya menjadi pilihan yang menarik untuk memenuhi berbagai kebutuhan energi kita.

Kelebihan dan Kekurangan Panel Surya

Sejalan dengan judulnya, artikel ini akan menjelaskan secara rinci apa saja kelebihan dan kekurangan panel surya yang bisa menjadi pertimbangan Homers.

Kelebihan Panel Surya

Inilah kelebihan yang bisa Homers dapatkan dari penggunaan panel surya!

1. Sebagai Sumber Energi Baru Terbarukan (EBT)

Panel surya menggunakan sumber energi matahari yang tak terbatas dan dapat diperbaharui. Ini membantu mengurangi ketergantungan sumber energi fosil yang memiliki keterbatasan.

2. Mengurangi Biaya Tagihan Listrik

Dengan memanfaatkan panel surya, Homers dapat memenuhi sebagian besar kebutuhan energi rumah tangga sendiri. Hal ini dapat mengurangi ketergantungan pada pasokan listrik dari jaringan umum PLN yang secara tidak langsung juga mengurangi tagihan listrik bulanan.

3. Biaya Perawatan Rendah

Kelebihan dan kekurangan panel surya selanjutnya adalah tidak membutuhkan banyak perawatan. Homers hanya perlu menjaga kebersihannya dengan membersihkannya beberapa kali dalam setahun.

Selain itu, produsen panel ini umumnya menawarkan garansi selama 20-25 tahun. Sehingga, Homers tidak perlu khawatir tentang penggantian panel surya dalam waktu dekat.

4. Meningkatkan Harga Jual Rumah

Memiliki panel surya yang terpasang di rumah dapat meningkatkan nilai jual properti Homers. Banyak calon pembeli yang tertarik dengan rumah yang ramah lingkungan dan memiliki sumber energi yang efisien atau rumah yang mampu menghasilkan energi sendiri secara mandiri.

5. Ramah Lingkungan

Panel surya menghasilkan energi listrik tanpa emisi gas rumah kaca atau polusi lainnya. Dengan mengurangi penggunaan energi berbasis fosil, penggunaan panel surya dapat membantu mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan.

Kekurangan Panel Surya

Sementara kekurangan dari menggunakan panel surya sebagai sumber listrik adalah sebagai berikut.

1. Biaya Awal Pemasangan Mahal

Biaya awal untuk membeli dan memasang panel surya masih dianggap mahal. Meskipun harga panel surya telah menurun dalam beberapa tahun terakhir, biaya pemasangan dan investasi awal masih bisa menjadi hambatan bagi beberapa orang.

2. Pemasangan Harus Dilakukan Ahli Profesional

Kelebihan dan kekurangan panel surya sekaligus adalah pemasangan yang harus dilakukan dilakukan oleh tenaga profesional yang terlatih. Hal ini dapat menambah biaya pemasangan dan memerlukan waktu yang lebih lama untuk menyelesaikan proses instalasi.

3. Tergantung Cuaca

Kinerja panel surya sangat bergantung pada paparan sinar matahari. Jika cuaca sedang buruk atau mendung, maka produksi energi surya akan berkurang. Kondisi ini dapat mempengaruhi ketersediaan energi listrik yang panel surya hasilkan. 

4. Tidak Dapat Dipindah

Setelah terpasang, panel surya umumnya sulit untuk dipindah. Jika Homers pindah ke tempat lain, maka Homers mungkin perlu meninggalkan panel surya di rumah lama atau mengeluarkan biaya tambahan untuk memindahkan dan memasangnya kembali di lokasi baru.

5. Penyimpanan Energi Surya Mahal

Meskipun panel surya menghasilkan energi listrik saat terkena sinar matahari, penyimpanan energi surya masih merupakan tantangan dan membutuhkan biaya tambahan. Baterai penyimpanan energi surya tergolong mahal dan memerlukan perawatan yang tepat untuk menjaga kinerjanya.

Cara Kerja Panel Surya

Seperti pengertiannya, panel surya bekerja dengan memanfaatkan energi matahari dan mengubahnya menjadi energi listrik melalui proses fotovoltaik. Berikut adalah penjelasan mengenai cara kerja panel surya!

1. Penyerapan Energi Matahari

Panel surya terdiri dari serangkaian sel fotovoltaik yang terbuat dari bahan semikonduktor, seperti silikon. Ketika sinar matahari mengenai sel fotovoltaik, energi dari sinar matahari terserap oleh elektron dalam bahan semikonduktor. Nantinya, energi ini menciptakan arus listrik.

2. Konversi Energi Listrik

Panel surya mengonversi energi matahari menjadi energi listrik dalam bentuk arus searah (DC) melalui sel fotovoltaik. Proses ini menjadi langkah awal dalam mengubah energi matahari menjadi listrik yang dapat Homers gunakan.

3. Inverter

Hasil arus listrik oleh panel surya bersifat searah (DC). Namun, kebanyakan perangkat dan sistem rumah tangga menggunakan arus bolak-balik (AC). Oleh karena itu, arus listrik dari panel surya harus diubah oleh inverter menjadi arus bolak-balik sebelum digunakan di rumah atau dihubungkan ke jaringan listrik.

4. Pemakaian dan Penyimpanan Energi

Arus listrik yang dihasilkan oleh panel surya dapat langsung digunakan untuk memenuhi kebutuhan listrik di rumah atau bangunan. Jika produksi listrik panel surya melebihi kebutuhan, energi berlebih dapat menyimpannya dalam baterai surya. 

Sudah Tahu Cara Kerja Serta Kelebihan dan Kekurangan Panel Surya?

Kesimpulannya, panel surya adalah teknologi yang menarik dengan potensi besar untuk memperbaiki energi di masa depan . Namun, untuk memaksimalkan manfaatnya, penting untuk memahami baik kelebihan dan kekurangan panel surya, serta terus melakukan inovasi untuk mengatasi tantangan yang ada.

Kalau Homers tertarik membaca artikel lain seputar rumah tanggan beserta tips dan triknya, kunjungi blog Gethome saja! Di Gethome, banyak artikel informatif yang berguna untuk menambah pengetahuan Homers lho.

Baca Selengkapnya: Panel Surya: Jenis, Manfaat dan Kegunaannya Bagi Kehidupan!

Kelebihan dan Kekurangan Panel Surya beserta Cara Kerjanya!
Next Post

No more post

You May Also Like