Jenis dan Manfaat Jika Kamu Punya Taman Di Rumah

Jenis dan manfaat taman rumah

Di tengah keterbatasan lahan pada bangunan rumah, biasanya akan diupayakan didirikan sebuah taman, meski kecil dan terbatas. Sebegitu pentingnya kehadiran taman rumah, membuat siapapun yang membangun rumah tidak lupa untuk membuatnya. 

Taman pada bagian rumah sangat penting dan dipercaya dapat membawa ketenangan dan kebahagiaan. Adanya taman rumah memungkinkan orang untuk berinteraksi dengan alam dan memperkuat koneksi dengan lingkungan sekitar.

Tidak hanya itu, taman rumah bisa menjadi tempat untuk beristirahat, meresapi suasana, dan meredakan tekanan dan stres. Apalagi kalau mengisi taman dengan aneka rupa tanaman, melihat tanaman tumbuh dan berkembang dapat membantu meningkatkan kebahagiaan dan memberikan sensasi memiliki tugas yang berarti.

Taman di sebuah rumah juga bisa menjadi tempat untuk berkumpul bersama keluarga dan teman-teman untuk berbicara, bersantai, atau bermain. Hal ini bisa meningkatkan koneksi emosional bersama dengan mereka loh!

Jenis Taman yang bisa Diaplikasikan di Rumah-Rumah Indonesia

Ada beberapa jenis taman yang bisa dibuat di rumah-rumah di Indonesia, berikut adalah beberapa di antaranya:

  1. Taman bunga, taman ini diisi dengan berbagai jenis bunga dan tanaman yang dipilih karena warna dan bentuk mereka.
  2. Taman hijau, taman ini didominasi oleh rumput dan pohon-pohon hijau yang dapat membuat suasana alami dan sejuk.
  3. Taman bebatuan, taman ini terdiri dari batu-batu besar dan tanaman kecil yang ditanam di antara batu-batu tersebut.
  4. Taman air, taman ini menampilkan sumber air seperti kolam renang, mata air, atau air mancur.
  5. Taman Zen, taman ini didesain dengan estetika minimalis dan menampilkan tanaman hijau dan batu-batu besar yang membantu menciptakan suasana tenang dan damai.
  6. Taman bermain, taman ini didesain khusus untuk bermain anak, dengan fasilitas seperti ayunan, sliding, dan lain-lain.

Semua jenis taman ini dapat dibuat sesuai dengan ukuran rumah dan preferensi estetika pemilik rumah. Oleh karena itu, penting untuk memilih jenis taman yang sesuai dengan kebutuhan dan harapan.

Manfaat Memiliki Taman Rumah

Ada beberapa manfaat jika kamu memiliki taman di rumah. Bukan hanya sebagai hiasan semata tapi bisa meningkatkan nilai jual rumah kamu. Berikut beberapa manfaat jika kamu memiliki taman di rumah antaranya adalah:

1. Menciptakan udara yang sehat

Taman menghasilkan oksigen dan mengurangi polusi udara. Hal ini bisa membantu membuat udara yang sehat untuk dalam rumah.

2. Meningkatkan kualitas hidup

Taman membantu menciptakan suasana yang tenang dan damai. Tentu saja kehadiran taman bisa membantu mengurangi stres dan meningkatkan kualitas hidup.

3. Menjadi tempat rekreasi

Taman dapat menjadi tempat bermain dan berkumpul bersama keluarga. Dengan demikian kehadiran taman rumah membantu memperkuat ikatan keluarga.

4. Mempercantik rumah

Kebanyakan orang menginginkan rumah yang indah dan menarik. Salah satu cara untuk menciptakan suasana indah di lingkungan rumah adalah dengan mendesain taman. Taman yang indah dapat menambah estetika rumah dan membuatnya lebih menarik secara visual.

5. Menjadi sumber makanan

Taman yang diisi dengan tanaman pertanian memiliki banyak manfaat, salah satunya dapat menjadi sumber makanan untuk keluarga. Dengan memiliki taman pertanian, keluarga dapat memiliki akses ke sayuran dan buah yang lebih segar dan sehat. Selain itu juga dapat mengajarkan kepada anak tentang berbagai jenis sayur, buah buahan, dan cara bercocok tanam.

6. Menjadi habitat bagi satwa liar

Taman dapat menjadi habitat bagi berbagai jenis burung dan satwa liar lainnya, membantu memperkaya ekosistem rumah.

7. Meningkatkan nilai jual rumah

Taman yang indah dan terawat dapat menjadi daya tarik bagi calon pembeli rumah. Selain itu, taman yang rapih dan teratur mampu memberikan kesan yang menyenangkan bagi siapa saja yang melihat. Dampak dari memiliki taman yang indah pun bukan hanya pada pertambahan nilai jual rumah, namun bisa memberikan dampak kesehatan psikologis.

 

Dengan demikian, memiliki taman di rumah dapat membantu memperbaiki kualitas hidup dan mempercantik rumah. Tidak mengherankan jika memiliki taman rumah menjadi pilihan yang menguntungkan bagi pemilik rumah. Selain memiliki segudang manfaat, taman rumah juga menaikkan nilai investasi dari rumah tersebut.

You May Also Like