7 Manfaat Rooftop Rumah yang Wajib Kamu Tahu!

manfaat rooftop rumah

Rooftop house adalah rumah yang memiliki ruang terbuka di atap yang dapat digunakan sebagai area relaksasi atau taman. Konsep ini memanfaatkan ruang atap yang biasanya tidak terpakai untuk membuat ruang tambahan yang berguna dan indah. Rooftop house atau rooftop rumah biasanya didesain dengan menambahkan taman vertikal, pergola, atau tempat bersantai lainnya sehingga mampu menciptakan suasana yang menyenangkan dan nyaman.

Sebenarnya tidak ada jawaban yang pasti mengenai apakah rumah dengan rooftop lebih baik dibandingkan tanpa rooftop. Hal ini sepenuhnya bergantung pada preferensi pribadi dan kebutuhan setiap orang. Beberapa orang mungkin lebih menyukai rooftop rumah karena memberikan ruang tambahan untuk bersantai dan menikmati suasana alam. Akan tetapi, beberapa orang mungkin tidak membutuhkan atau tidak ingin mengeluarkan biaya tambahan untuk memilikinya.

Selain itu, ada juga faktor lain seperti biaya pemeliharaan, aksesibilitas, dan lingkungan sekitar juga dapat mempengaruhi keputusan untuk memilih rumah dengan atau tanpa rooftop. Oleh karena itu, sangat penting bagi setiap orang untuk mempertimbangkan faktor-faktor ini dan membuat keputusan yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi.

Manfaat Rooftop Rumah

Kalau kamu termasuk orang yang ingin memiliki rooftop rumah, berikut adalah beberapa manfaat rumah dengan rooftop yang patut kamu coba:

1. Memiliki Ruang Tambahan

Kalau kamu memiliki kekurangan lahan, kamu bisa menyiasarinya dengan membuat rooftop. Rooftop mampu memberikan ruang tambahan untuk bersantai, berkumpul dengan keluarga, atau bahkan membuat taman atau berkebun.

2. Mendapatkan Pemandangan yang Menyenangkan

Rooftop memberikan pemandangan yang luar biasa dan menyenangkan, terutama jika rumah berada di kota atau daerah dengan pemandangan yang indah. Hal ini bisa memberikan efek tenang dan nyaman saat sedang berada di atas rooftop.

3. Mendapatkan Suasana Alami

Kalau kamu suntuk dan penat dengan rutinitas harian, kamu bisa minum kopi sambil menikmati suasana sekitar saat sore hari di rooftop. Rooftop memberikan kesempatan untuk kamu berinteraksi dengan alam dan menikmati suasana yang sejuk dan tenang.

4. Mendapatkan tempat untuk ekstra hiburan

Rooftop bisa dibuat sebagai tempat bersantai atau area hiburan, seperti area barbeque, taman, atau tempat bermain anak. Kamu jadi tidak kesulitan lagi harus keluar kota setiap akhir pekan karena kamu bisa menghabiskannya bersama teman dan keluarga di rumahmu sendiri. 

5. Menjadi Nilai tambah

Tahukah kamu, rumah dengan rooftop bisa menambah nilai jual rumah jika nantinya ingin dijual loh! Hal ini menjadi sumber investasi yang menarik yah.

6. Menghemat Energi

Siapa sangka rooftop bisa digunakan untuk meng-install panel surya atau mengumpulkan air hujan sehingga bisa membantu mengurangi biaya listrik dan air. 

7. Meningkatkan Kualitas Hidup

Rooftop bisa membantu kamu dalam meningkatkan kualitas hidup dan memberikan kesempatan untuk berinteraksi dengan alam dan lingkungan sekitar. Tingkat stres dan kecemasanmu bisa berkurang drastis dengan menikmati kopi di sore hari.

Namun, perlu diingat bahwa memiliki rooftop rumah juga membutuhkan biaya tambahan dan perawatan yang lebih baik, seperti perawatan taman dan perbaikan atap. Oleh karena itu, sangat penting bagi setiap orang untuk mempertimbangkan biaya dan faktor lain seperti aksesibilitas dan kenyamanan sebelum memutuskan untuk memiliki rumah dengan rooftop.

Kalau kamu ingin memiliki rumah yang dilengkapi dengan rooftop, Almeria Premier Cimanggis adalah pilihan yang tepat. Almeria Premier Cimanggis adalah rumah dengan desain arsitektur tropis, finishing bertema alami, serta dilengkapi dengan rooftop yang nyaman untuk bersantai. 

Dijamin kamu akan nyaman tinggal di Almeria Premier Cimanggis karena pasokan sinar matahari dan sirkulasi udara di dalam rumah juga sangat baik dan maksimal. Informasi lebih lengkap tentang Almeria Premier Cimanggis bisa diakses di sini yah!

You May Also Like