6 Cara Membersihkan Rumah yang Justru Bikin Makin Kotor

cara membersihkan rumah

Membersihkan rumah merupakan salah satu tugas yang penting untuk menjaga kesehatan dan kenyamanan, dan keamanan penghuni di dalam rumah. Ada begitu banyak manfaat yang didapatkan dari rutin membersihkan rumah. Tapi, terkadang kita ternyata selama ini salah dalam cara membersihkan rumah yang baik yang mengakibatkan rumah semakin kotor.

Di dalam rumah terdapat beragam kotoran dan debu dapat menjadi tempat berkembang biak bagi bakteri dan virus yang dapat menyebabkan penyakit. Dengan membersihkan rumah secara teratur, kita dapat mencegah penyebaran penyakit dan menjaga kesehatan penghuni rumah.

Banyak dari kita yang memiliki alergi terhadap kotoran, debu, dan serbuk. Hal yang dianggap remeh tersebut ternyata dapat menjadi pemicu alergi dan asma. Dengan membersihkan rumah secara teratur, kita dapat menghilangkan alergen dan mengurangi risiko terkena alergi atau asma.

Rumah yang bersih dan rapi akan terasa lebih nyaman untuk ditinggali. Selain itu, dengan menjaga kebersihan rumah, kita juga dapat menghindari bau yang tidak sedap. Rumah yang bersih mampu menciptakan suasana yang sehat dan nyaman untuk semua penghuninya.

Tahukah kamu kalau kotoran dan debu dapat merusak furnitur dan peralatan di dalam rumah? Dengan membersihkan rumah secara teratur, kita dapat mencegah kerusakan dan memperpanjang umur furnitur dan peralatan loh!

Siapa sangka, rumah yang bersih dan rapi akan terhindar dari risiko kebakaran loh! Terutama kalau kamu rajin membersihkan area sekitar kompor, oven, dan peralatan memasak lainnya.

Lantaran manfaatnya yang begitu banyak, membersihkan rumah tidak boleh asal. Ada hal-hal yang harus diperhatikan. Alih-alih membuat rumah makin bersih, melakukan kesalahan saat membersihkan rumah justru membuat rumah makin kotor. 

Agar tidak melakukan kesalahan saat membersihkan rumah, adalah beberapa kesalahan yang harus kamu hindari:

1. Tidak membersihkan alat-alat pembersih

Alat pembersih seperti sapu, lap, dan sikat seringkali digunakan untuk membersihkan berbagai macam kotoran. Namun, jika alat-alat ini tidak dibersihkan setelah digunakan, kotoran yang menempel. Jika terjadi hal tersebut, kotoran dalam alat tersebut justru akan menyebar ke seluruh rumah saat digunakan kembali.

Oleh karena itu, pastikan untuk membersihkan alat pembersih setelah digunakan dan menggantinya secara teratur jika sudah terlalu kotor atau rusak.

2. Menggunakan terlalu banyak air

Ketika membersihkan permukaan yang tidak tahan air, seperti lantai kayu atau karpet, terlalu banyak air bisa menyebabkan permukaan menjadi rusak atau berjamur. Jika memungkinkan, gunakan pembersih khusus yang dirancang untuk permukaan tersebut menggunakan sedikit air untuk membersihkannya ya!

3. Menggunakan terlalu banyak cairan pembersih

Cairan atau zat pembersih rumah tangga yang digunakan dalam jumlah yang berlebihan dapat meninggalkan residu pada permukaan dan menarik kotoran. Oleh karena itu, kamu harus memastikan untuk menggunakan zat pembersih dengan dosis yang tepat. Pastikan juga kamu membilas permukaan dengan air bersih setelah menggunakan cairan pembersih.

4. Membersihkan dalam kondisi yang salah

Membersihkan rumah dalam kondisi yang salah dapat menyebabkan penyebaran kotoran dan debu di seluruh rumah. Misalnya, kamu menyapu lantai sebelum membersihkan debu dari furniture. Hal ini dapat menyebabkan debu terbang ke dalam udara dan menyebar ke seluruh rumah.

Oleh karena itu, kamu harus membersihkan rumah dengan urutan yang benar dan mulailah dari area yang paling kotor. Jangan sampai terbalik ya!

5. Tidak membersihkan secara teratur

Salah satu kesalahan terbesar dalam membersihkan rumah adalah tidak melakukan pembersihan secara teratur. Jika tidak membersihkan rumah secara teratur, debu dan kotoran akan menumpuk dan sulit untuk dibersihkan. 

Oleh karena itu, pastikan untuk melakukan pembersihan secara teratur, baik itu secara harian, mingguan, atau bulanan, tergantung pada tingkat kotoran di rumahmu ya!

6. Tidak memperhatikan detail

Saat membersihkan rumah, seringkali kita lupa untuk membersihkan detail kecil seperti tombol lampu, gagang pintu, atau jendela. Detail-detail ini dapat menjadi sarang bakteri dan kuman jika tidak dibersihkan secara teratur. 

Dengan memperhatikan kesalahan-kesalahan di atas, usaha kamu membersihkan rumah akan lebih maksimal. Rumah juga akan semakin aman, nyaman, dan enak untuk ditinggali. Dijamin penghuni rumah akan jauh dari beragam penyakit loh!

You May Also Like