5 Cara Efektif Hemat Listrik, Biar Tagihan Nggak Boncos

5 Cara Efektif Hemat Listrik, Biar Tagihan Nggak Boncos

Tarif Dasar Listrik terus naik dan tidak menunjukkan adanya penurunan. Sedangkan penggunaan listrik kamu di rumah terus bertambah, mulai dari penggunaan alat elektronik wajib seperti kulkas, magic com, televisi, hingga AC. 

Apalagi kini banyak orang yang bekerja dari rumah alias WFH selama pandemi Covid-19 terjadi. Hal ini menyebabkan saat siang hari pun terjadi aktivitas di rumah yang membutuhkan tenaga listrik. 

Hal ini tentu saja membebani banyak orang. Biaya pengeluaran untuk membayar listrik atau membeli token untuk listrik terus bertambah. Bukan tidak mungkin biaya listrik ini terus membengkak bila kamu tidak berusaha melakukan upaya efektif untuk menghemat listrik. 

Apa saja yang bisa dilakukan untuk menekan tagihan listrik di rumah?

Cara Efektif Hemat Listrik

1. Cabut kabel dan lampu

Ini adalah cara hemat listrik yang terlihat paling mudah dilakukan, tetapi pada kenyataannya paling sulit untuk diterapkan secara disiplin. Masih banyak dari kita yang malas untuk mencabut semua kabel yang terhubung dengan listrik saat tidak digunakan. Misalnya saja selesai menge-charge handphone, pastikan kamu juga mencabut kabel chargernya. Pasca menonton TV, pastikan kamu tidak hanya memastikan TV, tetapi juga mencabut kabelnya. 

Mengapa demikian? Membiarkan kabel dari alat-alat elektronik yang masih tertancap pada sakelar meski dalam keadaan mati adalah hal yang boros, lantaran kabel tersebut tetap mengalirkan listrik ke perangkat. Alhasil aliran listrik tersebut jadi terbuang sia-sia dan tagihan listrikmu justru membengkak. 

Cara hemat listrik sejalan dengan ini adalah mematikan lampu pasca selesai digunakan. Saat kamu sudah selesai masuk kamar mandi, matikan lampunya. Saat kamu sudah selesai memasak di dapur, matikan lampunya. Memutus daya listrik ini sangat efektif sebagai cara hemat listrik loh!

2. Gunakan AC saat diperlukan saja

Hemat Listrik: Gunakan AC Seperlunya

AC membutuhkan listrik yang besar sehingga bisa membuat tagihan listrikmu membengkak. Oleh karena itu, pilih AC yang hemat energi. Gunakan seperlunya saja. Kalau terpaksa menggunakan AC, pilih suhu yang nyaman antara 24-28 derajat. Jangan terlalu dingin karena akan memerlukan listrik yang besar. 

3. Hindari menyalakan dispenser

Alih-alih menyalakan dispenser guna mendapatkan air panas, lebih baik kamu mendidihkan air menggunakan panci di kompor. Kalau kamu ingin air dingin, masukkan air ke kulkas sehingga bisa kamu konsumsi dalam keadaan dingin jika diinginkan. Mesin pemanas dan pendingin air pada dispenser membutuhkan konsumsi listrik yang lebih besar dari kulkas dan AC.

4. Pakai lampu LED

Hemat Listrik: Pakai lampu LED

Meskipun lampu LED lebih mahal daripada lampu biasa, akan tetapi lampu LED bisa menghemat listrik hingga 90 persen loh! Hal ini dikarenakan lampu LED bisa mengeluarkan cahaya yang lebih terang dan tahan lama daripada lampu biasa. Lampu LED bahkan diklaim mampu tahan hingga lebih dari tujuh tahun sehingga kamu tidak perlu gonta ganti lampu. 

5. Pakai air panas saat masak nasi

Saat ingin memasak nasi menggunakan magic com, kamu bisa menggunakan air panas yang sudah didihkan di kompor terlebih dahulu. Hal ini membuat proses memasak  nasi lebih cepat sehingga membutuhkan listrik yang lebih sedikit dibandingkan dengan cara biasanya. 

You May Also Like