6 Manfaat Serbaguna Balkon Rumah

6 Manfaat Serbaguna Balkon Rumah

Balkon rumah adalah sejenis teras atau serambi pada lantai atas rumah bangunan bertingkat. Balkon bisa diposisikan di manapun, baik di sisi depan, samping, ataupun belakang rumah pada lantai atas bangunan kamu.

Balkon memiliki banyak manfaat sehingga banyak rumah yang memiliki balkon. Tidak hanya di rumah, balkon juga bisa dijumpai pada apartemen. Bahkan apartemen yang memiliki balkon, biasanya memiliki harga yang lebih tinggi. 

Manfaat Balkon Rumah

1. Dapat meningkatkan intensitas cahaya

Jika ingin memiliki rumah dengan konsep green energy, maka memiliki balkon adalah sebuah keharusan. Pasalnya balkon rumah membutuhkan tempat yang lumayan luas sehingga meningkatkan intensitas cahaya masuk ke dalam rumah lebih tinggi. Rumah menjadi lebih terang, sehingga tidak perlu menyalakan lampu saat siang hari. kamu pun bisa berjemur dengan menikmati sarapan di pagi hari lewat balkon rumahmu. 

2. Sebagai area berkebun

Kalau kamu malas memiliki kebun yang luas, memiliki kebun mini di area balkon adalah pilihan yang tepat. Kamu bisa membuat tanaman gantung di balkon rumahmu. Kamu bisa isi tanaman gantung dengan berbagai jenis bunga. Bunga-bunga yang tumbuh akan mendapatkan matahari yang cukup sehingga mudah untuk merawatnya. Balkon rumahmu pun akan menjadi jauh lebih indah jika memiliki beragam jenis bunga di dalamnya. 

3. Area kumpul-kumpul

balkon rumah

Jika ingin memiliki balkon rumah sebagai area kumpul, pastikan kamu membuat balkon yang cukup luas. Dengan begitu, kamu bisa menambahkan sofa dan meja untuk bersantai bersama keluarga. Kamu juga bisa menempatkan pemanggang barbeque di sana sehingga acara bakar-bakaran di rumah bisa dilakukan kapan saja. 

Baca Juga : Karakteristik Rumah Modern yang Tetap Ekses Sepanjang Masa

4. Sebagai tempat olahraga

Kamu bisa dengan mudah berolahraga sambil berjemur matahari pagi di balkon rumahmu. Segala manfaat kesehatan bisa kamu memiliki dengan memiliki balkon rumah. Jangan lupa gunakan matras yoga untuk mengalasi balkon saat ingin berolahraga. Tidak perlu membayar biaya tambahan lagi untuk berbagai kelas yoga, pilates, dan gym kan? Kamu bisa melakukan semua olahraga tersebut di balkon rumahmu. 

5. Area menjemur pakaian

Balkon rumah umum digunakan untuk menjemur pakaian. Hal ini menjadi umum karena balkon adalah tempat yang diliputi limpahan cahaya matahari sepanjang hari. Kalau kamu tidak menyediakan area jemur khusus di balkon, kamu bisa menggunakan jemuran pakaian atau pagar balkon langsung untuk menjemur pakaian-pakaianmu. 

6. Dapat mempercantik rumah

Bandingkan rumah bertingkat yang polos dengan rumah bertingkat yang memiliki balkon, sudah bisa dipastikan rumah bertingkat yang memiliki balkon akan terlihat lebih cantik dan indah. Balkon juga memberi kesan yang lebih luas pada bangunan karena ada area tambahan. Balkon juga mampu membuat lantai bawah terasa lebih teduh karena berfungsi layaknya kanopi bagi lantai bawahnya. 

You May Also Like