17 Olahraga Ringan di Rumah, Wajib Coba Biar Badan Sehat!

17 Olahraga di Rumah yang Ringan, Wajib Coba Biar Badan Sehat!

Saking banyaknya aktivitas di luar rumah, entah pekerjaan sampai perjalanan ke kantor yang menghabiskan waktu lama karena macet, membuat kita malas untuk keluar rumah lagi. Pilihan untuk olahraga di gym center seolah menjadi pilihan yang tidak mungkin diambil.

Padahal badan ini membutuhkan olahraga dan asupan makanan bernutrisi agar tetap bugar. Untuk itu, yuk kami sajikan 17 olahraga ringan di rumah, wajib coba biar badan sehat dan bugar sepanjang waktu!

17 Rekomendasi Olahraga di Rumah

1. Jalan Santai

Kamu bisa mulai olahraga di rumah dengan jalan kaki berkeliling ruang tamu sampai dapur atau berkeliling sepanjang luar rumah.

2. Push Up

Lakukan push up untuk menguatkan otot trisep dan bisepmu di rumah. Jangan lupa gunakan matrass yoga sebagai alas ya. Pastikan posisi kaki dan badan kamu tetap lurus saat tengkurap di lantai dan naik turunkan badanmu dengan tetap tegak.

3. Sit Up

Sit up dapat dilakukan sebagai olahraga di rumah yang ringan. Tempatkan kedua tanganmu di belakang kepala, berbaring, lalu coba bangun dengan tangan tetap di belakang. Lakukan hal tersebut berulang kali.

4. Leg Lift

Berbaring terlentang dan luruskan kakimu. Setelah itu angkat kaki dengan menekuk kedua lutut. Tahan. Cara lainnya angkat kedua kaki perlahan mengarah ke atas lalu kembali ke lantai dengan perlahan.

5. Jumping Jack

Berdiri secara tegak lalu melompat dengan kedua tangan mengarah ke atas. Ulangi gerakan tersebut berulang kali.

6. Jogging

Olahraga jogging

Tidak perlu keliling kompleks untuk bisa melakukan jogging. Kamu bisa jogging di rumah dengan berlari kecil keliling rumahmu saja. Lakukan 15—30 menit per hari ya.

7. Squat

Mulai dengan posisi berdiri, lalu turunkan badan hingga setengah jongkok. Kemudian berdiri lagi. Lakukan berulang kali.

8. Angkat Beban

Kamu bisa mengangkat beban di rumah loh! Ambil barang yang bisa menggantikan barbel, lalu lakukan angkat beban sesukamu!

9. Naik Turun Tangga

Ini adalah olahraga di rumah dalam jenis kardio. Kamu bisa memanfaatkan tangga di rumahmu.

Baca Juga : 13 Rekomendasi Alat Kebersihan Rumah Tangga

10. Lompat Tali

Skipping bisa dilakukan kapan pun di rumahmu. Kamu bisa mengencangkan otot-otot tubuhmu dengan skipping.

11. Yoga

Kamu bahkan bisa olahraga yoga di kamarmu agar tetap konsentrasi dan fokus pada gerakan-gerakan yoga yang penuh manfaat.

12. Wall Sit

Berdirilah tegak dengan menempelkan punggung di dinding, langkahkan kaki perlahan ke depan dengan punggung tetap menempel dinding. Turunkan tubuh atas perlahan hingga bokong dan lutut sejajar. Lakukan dalam hitungan yang kamu nyaman.

13. Lari di Tempat

Sama seperti jogging, kamu bisa melakukannya di rumah. Dengan konsisten, lari di tempat mampu menurunkan berat badan loh!

14. Hula Hoop

olahraga holla hoop

Hula hoop mampu membakar lemak dan kalori di perut dan pinggang. Kamu bisa melakukan olahraga di rumah ini dengan nyaman.

15. Plank

Dengan posisi yang hampir sama seperti push up, tahan badanmu dengan kedua tangan sampai siku. Lakukan menahan badan dalam 30 detik, tingkatkan perlahan.

16. Lunge

Awali dengan posisi berdiri, melangkah dengan kaki kanan, turunkan badan, tekuk kedua kaki, kembali ke posisi awal, lakukan bergantian pada kaki yang satunya.

17. Senam

Ikuti panduan senam pada video di rumahmu. Lakukan dengan alunan musik yang menyegarkan.

You May Also Like